Sponsors Link

22 Manfaat Mahkota Dewa – Kesehatan – Obat Penyakit

Sponsors Link

Manfaat mahkota dewa harus diketahui oleh banyak orang, hal itu dikarenakan banyak sekali manfaat yang akan kita temukan dari tumbuhan satu ini. Meski banyak khasiat yang akan didapatkan, tidak membuat banyak orang menanamnya di halaman rumah mereka. Orang sering mendengar kata mahkota dewa, namun tidak banyak orang yang pernah melihat bentuk dan wujud dari tumbuhan mahkota dewa ini.

Tak jarang pula orang masih meragukan khasiat dari tanaman ini dikarenakan belum memiliki pengetahuan yang cukup tentang tanaman ini. Oleh sebab itulah, masyarakat perlu dikenalkan dengan tumbuhan mahkota dewa dan berbagai macam khasiat dari tanaman ini. Pengetahuan yang cukup akan membuat masyarakat sadar untuk menanam tumbuhan ini dan mulai memanfaatkan tumbuhan yang kaya manfaat seperti mahkota dewa.

Ciri-Ciri Tanaman Mahkota Dewa

mahkota dewaMasyarakat harus tahu dan dapat membedakan mana tanaman mahkota dewa dan mana yang bukan. Di lingkungan masyarakat, banyak sekali jenis tanaman yang tumbuh. Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan dan wawasan untuk mengenali tanaman atau tumbuhan mahkota dewa. Berikut ini ciri-ciri dari tanaman mahkota dewa yang harus diketahui :

  1. Batang. Batang dari tanaman mahkota dewa berbentuk bulat dan memiliki permukaan yang kasar. Warna kulit batangnya coklat agak kehijauan, batang kayunya berwarna putih.
  2. Akar. Akar tanaman mahkota dewa adalah tunjang.
  3. Daun. Daun tanaman mahkota dewa adalah tunggal, berhadap-hadapan. Daunnya memiliki tangkai yang pendek, bentuk daun lonjong dan ujungnya runcing. Bagian tepi daun rata, permukaan daun licin dan tidak berbulu. Warna daun hijau tua dan memiliki panjang maksimal 10 cm, lebarnya maksimal 5 cm.
  4. Bunga. Bunga mahkota dewa akan tumbuh sepanjang tahun. Letak bunga bisa tersebar di bagian batang atau di bagian ketiak di daun. Bentuk bunga adalah tabung, warna putih, ukuran kecil juga harum. Jika diperhatikan secara seksama, mirip dengan bunga cengkeh.
  5. Buah. Buah mahkota dewa terdapat bagian kulit, cangkang, daging dan juga biji. Buahnya memiliki diameter maksimal 5 cm. Saat muda warna buahnya adalah hijau, saat masak berwarna merah. Dagingnya berwarna putih, ada serat dan kandungan air.
  6. Biji. Biji buah mahkota dewa adalah bagian dari tanaman mahkota dewa yang paling beracun. Bentuk bijinya adalah bulat dan lonjong, tekstur keras, diameternya adalah 1 cm dan warnanya cokelat. Bagian dalam biji berwarna putih sedangkan kulit biji bagian luar berwarna cokelat.

Kandungan Di Dalam Tanaman Mahkota Dewa

Manfaat mahkota dewa tidak terlepas dari berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya. Masyarakat tidak akan tahu apa saja manfaat dari tanaman mahkota dewa jika tidak mengetahui kandungan apa saja yang ada didalamnya. Berikut ini berbagai macam kandungan yang ada di dalam tanaman mahkota dewa :

  1. Zat alkaloid. Salah satu kandungan yang ada dalam tanaman mahkota dewa adalah zat alkaloid. Zat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan.
  2. Flavonoid. Zat flavonoid ada di dalam tanaman mahkota dewa. Selain ditemukan pada mahkota dewa, tanaman obat lainnya pun juga banyak yang mengandung zat ini.
  3. Polifenol. Polifenol temannya zat alkaloid. Sama halnya degan alkaloid, polifenol memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia.
  4. Antioksidan. Kulit buah mahkota dewa kaya akan antioksidan, selain kulit mahkota dewa kulit manggis pun kaya akan antioksidan.

Manfaat Mahkota Dewa

Saat ini, banyak orang yang belum sepenuhnya memanfaatkan tanaman mahkota dewa sebagai tanaman obat. Hal itu dikarenakan banyak yang belum mengetahui apa saja manfaat mahkota dewa bagi kesehatan. Tidak hanya itu saja, masyarakat belum mau memanfaatkan mahkota dewa sebagai tanaman obat karena kadar racunnya yang tinggi.

Masyarakat yang memiliki sedikit pengetahuan tentang tanaman ini tidak mau teracuni oleh tanaman tersebut. Asalkan masyarakat tahu bagaimana mengolah tanaman ini menjadi obat, masyarakat bisa memetik berbagai macam khasiat dari tanaman ini. Agar tidak teracuni, jangan melibatkan bagian biji mahkota dewa. Bagian biji inilah yang memiliki racun jika sampai diolah dan masuk ke dalam tubuh. Berikut ini berbagai macam manfaat dari tanaman mahkota dewa :

  1. Bermanfaat Untuk Detoksifikasi

Banyak orang yang mulai sadar pentingnya melakukan detoksifikasi. Detoksifikasi sangat bermanfaat bagi tubuh. Sayangnya, detoksifikasi baru bisa dilakukan oleh masyarakat menengah ke atas saja dikarenakan harga sekali detox yang mahal dan menguras isi dompet. Berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan detoksifikasi :

  • Detok adalah proses pengeluaran racun yang mengendap di dalam tubuh.
  • Racun yang tidak dikeluarkan bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit di dalam tubuh.
  • Kebanyakan racun mengendap di dalam usus, oleh sebab itulah orang yang tidak sering melakukan detox bisa terkena berbagai macam penyakit usus. Yang paling mengerikan adalah terjadinya kanker usus.
  • Saat ini detok bisa dilakukan menggunakan tanaman mahkota dewa, kandungan alkaloidnya bermanfaat dalam detoksifikasi dalam tubuh.

Cara Penggunaan

Caranya adalah merebus buah mahkota dewa tanpa biji kemudian meminum air rebusannya selama seminggu sekali. Racun akan dikeluarkan melalui urin, feses dan juga keringat.

  1. Menangkal Bakteri

Kandungan alkaloid yang ada di dalam tanaman mahkota dewa bermanfaat untuk menangkal bakteri di dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah terkena infeksi bakteri. Tidak hanya itu saja, berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri pun bisa diatasi menggunakan tanaman mahkota dewa.

  1. Anti Virus

Kandungan alkaloid yang ada di dalam tanaman mahkota dewa bisa bermanfaat sebagai anti virus. Sifat anti virus yang ada di dalam tanaman mahkota dewa bisa berguna untuk menangkal berbagai macam virus yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Salah satu manfaat dari tanaman mahkota dewa adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Jika sistem imun meningkat, tubuh pun tidak akan mudah terkena penyakit. Kandungan zat bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah zat saponin yang ada di dalam tanaman mahkota dewa.

  1. Menjaga Dan Meningkatkan Vitalitas

Salah satu manfaat mahkota dewa bagi pria adalah menjaga dan meningkatkan vitalitas bagi pria. Kandungan saponin di dalam mahkota dewa sangat bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas bagi pria. Caranya adalah dengan merebus buah mahkota dewa kering dan diminum satu jam sebelum berhubungan seksual dengan istri. Meminum air rebusan itu bisa bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan vitalitas.

  1. Menurunkan Gula Darah

Manfaat mahkota dewa adalah bisa menurunkan kadar gula di dalam darah. Kandungan saponin yang ada di dalam mahkota dewa bisa menurunkan kadar gula darah. Air rebusan mahkota dewa cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes dengan kadar gula yang tinggi. Cara menurunkan kadar gula menggunakan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan 5 buah mahkota dewa, iris tipis-tipis.
  • Air bersih sebanyak 5 gelas.
  • Rebus mahkota dewa bersama air dan sisakan sampai setengahnya.
  • Minum tiga kali sehari.
  1. Peredaran Darah Menjadi Lancar

Salah satu manfaat dari mahkota dewa adalah membuat peredaran darah menjadi lancar. Zat di dalam mahkota dewa yang bisa melancarkan peredaran darah adalah zat flavonoid di dalam mahkota dewa. Jika peredaran darah lancar, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan juga gangguan kesehatan.

  1. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Metabolisme adalah hal yang penting di dalam tubuh. Agar tubuh tetap fit diperlukan sistem metabolisme yang baik. Jika sistem metabolisme di dalam tubuh buruk, tubuh akan mengalami berbagai macam gangguan. Slalah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh buruknya metabolisme tubuh adalah penurunan kognitif tubuh. Zat flavonoid dalam mahkota dewa dipercaya bisa meningkatkan dan menjaga sistem metabolisme di dalam tubuh.

  1. Anti Peradangan

Zat flavonoid di dalam mahkota dewa bermanfaat sebagai anti peradangan. Jika mengkonsumsi air rebusan mahkota dewa secara rutin, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit akibat inflamasi.

  1. Mengurangi Rasa Sakit

Tubuh akan merasakan sakit ketika sakit, kandungan flavonoid di dalam mahkota dewa bisa meringankan rasa sakit yang diderita oleh tubuh.



  1. Menurunkan Kolesterol

Tubuh manusia mudah terkena berbagai macam penyakit, misalnya saja darah tinggi, asam urat dan juga kolesterol tinggi. Salah satu penyakit yang harus diwaspadai adalah penyakit kolesterol tinggi. kolesterol tinggi bisa menyebabkan berbagai macam penyakit komplikasi yang membahayakan bagi tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi bisa menggunakan mahkota dewa, zat flavonoid di dala mahkota dewa bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

  1. Mengusir Alergi

Zat polifenol yang ada dalam mahkota dewa bermanfaat untuk mengusir dan menghilangkan alergi khususnya alergi pada makanan.

  1. Mengobati Tumor

Tumor adalah adanya benjolan tidak normal yang tumbuh di dalam tubuh. Tumort bisa dihilangkan dan diobati menggunakan kulit mahkota dewa kering yang direbus. Kandungan antioksidan yang ada di dalam kulit mahkotra dewa, sama banyaknya dengan kandungan antioksidan di dalam kulit manggis kering.

  1. Mengobati Flu Dan Batuk

Flu dan batuk adalah penyakit yang disebabkan oleh virus. Kandungan mahkota dewa ada yang bersifat antivirus sehingga bisa mengobati flu dan batuk pada tubuh.

  1. Mengobati Jantung Koroner

Jantung koroner adalha penyakit jantung yang mematikan. Salah satu penyebabnya adalah aliran darah ke jantung yang tersumbat. Untuk mengobati penyakit jantung koroner adalah dengan membuat aliran darah ke jantung menjadi lancar. Zat flavonoid pada mahkota dewa bisa melancarkan aliran darah di pembuluh darah. Jika aliran darah ke jantung lancar, kinerja jantung pun bisa menjadi lebih baik lagi.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh adanya radikal bebas. Tubuh setiap harinya rentan untuk terkena radikal bebas, untuk menangkal radikal bebas bisa menggunakan mahkota dewa. Zat antioksidan yang ada dalam kulit buah mahkota dewa bisa digunakan sebagai penangkal radikal bebas.

  1. Mencegah Tumbuhnya Sel Kanker Dan Tumor

Kandungan antioksidan yang ada dalam kulit mahkota dewa kering bisa bermanfaat untuk mencegah timbunya sel kanker dan juga sel tumor. Kandungan antioksidan tersebut juga bermanfaat untuk mencegah penyebaran sel kanker dan tumor.

  1. Mengurangi Timbunan Lemak Di Pembuluh Darah

Salah satu hal yang menyebabkan pembuluh darah menyempit dan tersumbat adalah adanya timbunan lemak di dalam pembuluh darah. Untuk mengurangi timbunan lemak tersebut bisa menggunakan mahkota dewa. Di dalam mahkota dewa ada zat flavonoid yang bisa mengurangi timbunan lemak.

  1. Mengobati Gatal-Gatal
sponsored links

Kandungan polifenol yang ada di dalam mahkota dewa bisa bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal. Cara mengobati gatal-gatal dengan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :

  • Daun mahkota dewa.
  • Giling atau tumbuk daun mahkota dewa tersebut.
  • Tempelkan gilingan daun mahkota dewa yang telah halus ke bagian yang gatal.
  • Penggantian dilakukan sebanyak tiga kali sehari.
  1. Obat Asam Urat

Zat flavonoid pada mahkota dewa bisa menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Jika kadar asam urat bisa diturunkan maka penyakit asam urat pun bisa diobati dan juga dihilangkan.

  1. Obat Disentri

Disentri adalah penyakit yang disebabkan oleh kuman dan bakteri. Disentri bisa disembuhkan menggunakan mahkota dewa karena zat saponin di dalam mahkota dewa bersifat anti bakteri. Cara menyembuhkan disentri menggunakan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan kulit buah mahkota dewa kering sebanyak 6 gram.
  • Siapkan air bersih 5 gelas.
  • Rebus buah mahkota dewa menggunakan air. Biarkan sampai mendidih dan sisakan setengahnya.
  • Minum sebanyak tiga kali sehari.
  1. Mengobati Hepatitis

Penyakir hepatitis disebabkan oleh virus. Penyakit ini tidak bisa dibiarkan. Untuk mengobati penyakit hepatitis, bisa menggunakan mahkota dewa. Zat saponin dalam mahkota dewa bermanfaat untuk mengobati penyakit hepatitis. Cara mengobati hepatitis menggunakan mahkota dewa adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan 5 gram daging mahkota dewa.
  • Pegagan sebanyak 15 gram.
  • Daun sambiloto kering sebanyak 10 gram.
  • Air bersih sebanyak 5 gelas.
  • Daun dewa sebanyak 15 gram.
  • Campur semua bahan dan kemudia rebus sampai tersisa tiga gelas saja.
  • Minum air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari.

Nah itulah beberapa manfaat mahkota dewa yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari hari. Namun satu hal yang harus diketahui, selalu konsultasikan terlebih dahulu penyakit anda pada dokter sebelum memutuskan menggunakan obat herbal.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 11th, May 2015 / 14:36 Oleh :
Kategori : Tumbuhan