10 Manfaat Kacang Koro untuk Diet dan Kesehatan

Bagi yang suka dengan kacang-kacangan tentu mengenal kacang koro. Makanan ini lebih dikenal untuk dijadikan cemilan atau makanan ringan saat sedang bersantai, karena memiliki rasa enak dan gurih di mulut. Di indonesia sendiri ada 3 jenis kacang koro yang sering di konsumsi, yaitu kacang koro benguk, kacang koro kecipir, dan yang paling terkenal adalah kacang koro pedang.

Kacang-kacang ini selain sebagai cemilan juga bisa digunakan sebagai pengganti bahan pembuatan tempe menggantikan manfaat kedelai.

Kandungan kacang koro

Kacang koro ini memang masih dianggap sekerabat dengan kacang kedelai. Bahkan kandungan nutrisi dari kacang koro ini pun mirip dengan kacang kedelai. Kandungan yang terdapat pada kacang koro diantaranya,

manfaat kacang koro

Per 70 gram kacang koro mengandung :
Protein 17 gram
Lemak 15 gram
Lemak Jenuh 7 gram
Karbohidrat 36 gram
Serat 5 gram
Energi 340 kkal
Gula 10 gram
Sodium 300 mg

Kandungan nutrisi kacang koro ini memberikan manfata untuk kesehatan, seperti berikut :

1. Menurunkan kadar gula darah

Olahan kacang koro bisa dijadikan tepung, hebatnya kandungan proteinnnya juga akan bertambah, yang awalnya sekitar 27% bisa menjadi sekitar 33%. Ahmad Nafi’, S.TP, MP, yang merupakan dosen sekaligus peneliti dari Fakultas pertanian Unej yang meneliti 3 jenis kacang koro. Dia menyimpulkan bahwa kacang koro memiliki kandungan protein tinggi yang bisa menjadi bahan makanan baru dan sekaligus sebagai obat untuk mengatasi kencing manis.

Ahmad menambahkan, uji kacang koro yang dilakukan pada tikus menunjukkan tepung koro mampu menurunkan kadar gula darah sebesar 21,89% dalam waktu 4 minggu.

2. Cemilan untuk diet

Kandungan kacang koro cukup kaya akan protein dan juga diimbangi dengan lemak dan serat. Kandungunagn ini selain cocok untuk diet diabetes juga bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama seperti manfaat apel untul diet. Penelitian yang dilakukan Universitas Harvard menngungkapkan bahwa kacang ini cocok untuk menemani program diet karena lemak dan kalorinya cukup berimbang.

3. Menghindari resiko penyakit jantung

Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada manfaat kacang koro cukup penting dalam menjaga kesehatan jantung. Selain itu di tambah kandungan protein dan serat pada kacang koro memainkan peran cukup penting dalam mengatur kolesterol dan kadar gula dalam darah.

4. Memperlancar aliran darah

Hasil penelitian menemukan bahwa secangkir kacang koro menghasilkan 36 gram serat larut. Serat larut bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Serat larut ini dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam darah, sehingga peredaran darah akan lebih lancar.

5. Mengurangi resiko Hipertensi

Penyakit yang sangat lekat dengan kondisi peredaran darah dan kesehatan jantung ini menjadi salah satu penyakit yang bisa dihindari dengan kacang koro. Kandungan kacang koro yang kaya akan protein dan serat larut tersebut membuat aliran darah ke jantung menjadi lebih lancar, ditunjang dengan fungsi jantung yang normal akan membuat reiko tekanan darah tinggi bisa di kurangi.

6. Anti kanker

Di taiwan, kacang koro di gunakan sebagai bahan membuat ramuan obat kanker. Pendapat ini juga di benarkan oleh shridar dan seena pada tahun 2006. Peneliti tersebut menemukan bahwa kacang koro memiliki sumber manfaat senyawa flavanoid dan fenolik.

Kedua senyawa yang dimiliki kacang koro tersebut berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, yang mana salah satunya akan menyebabkan sel kanker. Oleh karena kacang koro yang sama dengan jenis polongan lain yang juga memiliki sifat antioksidan bermanfaat untuk mengobati kanker.

7. Kesehatan kulit

Senyawa yang ada dalam manfaat kacang koro seperti flavonoid, membantu untuk mengatasi sel-sel kulit yang rusak. Sifatnya yang mengandung manfaat antioksidan pada kacang koro, dan ditunjang dengan kandungan protein yang tinggi akan membantu proses pembentukan sel-sel kulit menjadi lebih baik. Hasilnya kesehatan kulit akan terjaga. Kabarnya di Indonesia kini sedang dikembangkan pembuatan kosmetik dengan menggunakan bahan kacang koro.

8. Menjaga fungsi syaraf pusat

Bersumber dari Style craze, kacang koro ternyata juga kaya manfaat zat besi, magnesium, kalium, fosfor, tembaga, thiamin, dan juga vitamin B1. Kandungan manfaat vitamin B, terutama vitamin B1 ini menurut beberapa penelitian sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi syaraf pusat.

9. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan makgensium, kalium, serat dan protein yang tinggi pada kacang koro ini juga memicu pembentukan sel-sel imun dalam sel darah putih. Kita tahu bahwa sel darah putih memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

10. Memperlancar pencernaan

Meski kandungan seratnya hanya 5 gram, namun kandungan ini membantu sistem pencernaan kita menjadi lebih baik. Serat larut dibutuhkan tubuh untuk memproses pencernaan makanan hingga membuang zat sisa lewat BAB.

 Sekilas Tentang Tanaman Kacang Koro dan Kegunaannya

Salah satu jenis kacang yang memiliki nama latin canvalia ini, pada mulanya berasal dari benua asia dan afrika. Pada awalnya kacang koro banyak di budidayakan di daerah asia selatan seperti India, Srilanka, dan daerah Indo China seperti myanmar. Namun semakin berkembang kacang koro mulai dikenal dan di tanam oleh masyarakat Indonesia.

Kacang koro bisa digunakan sebagai pelengkap sayuran pada masakan, bisa juga digunakan makanan hewan, serta olahan pupuk hijau. Biji kacang koro yang berwarna mewah muda bisa juga di jadikan obat tradisional cina. Bagi dunia penelitian laborat, ekstrak kacang koro digunakan sebagai sampel analisis.

, ,
Post Date: Thursday 02nd, April 2015 / 05:47 Oleh :
Kategori : Sayuran