24 Manfaat Minyak Cengkeh Bagi Kesehatan

Manfaat cengkeh sudah terkenal sejak dahulu kala untuk ramuan tradisional, namun manfaat minyak cengkeh belum banyak yang mengetahuinya. Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah – rempah yang memiliki harga yang sangat mahal. Cengkeh ini adalah rempah – rempah yang berasal dari Indonesia. Bahkan dahulu, Indonesia adalah satu – satunya negara penghasil cengkeh. Untuk saat ini, cengkeh sudah menyebar ke seluruh pelosok dunia yang dahulu dibawa oleh para pedagang Arab yang banyak singgah di Indonesia. Cengkeh sendiri bisa berbunga sepanjang tahun dan tidak mengenal musim. Ini karena cengkeh tumbuh di negara tropis seperti di Indonesia dimana matahari bersinar sepanjang tahun yang mendukung pertumbuhan tanaman cengkeh.
manfaat minyak cengkehCengkeh sebagai rempah dikenal dengan aromanya yang unik, rasanya yang hangat, manis dan sedikit mirip dengan rasa jahe. Bunganya yang segar berwarna merah muda, sedangkan untuk daunnya berbentuk bulat seperti telur dan berwarna hijau. Pohon cengkeh sendiri termasuk dalam jenis perdu – perduan. Pohonnya merupakan jenis kayu yang keras, dan tanaman rempah yang satu ini juga mampu bertahan lama dan memiliki masa hidup yang sangat lama.

Tentang Cengkeh

Cengkeh termasuk dalam keluarga Myrtaceae dan masuk ke dalam genus Sygyzium, sedangkan untuk nama Latinnya sendiri cengkeh dikenal sebagai Sygizium Aromaticum. Cengkeh yang saat ini sudah mendunia dan sangat terkenal memiliki banyak kegunaan. Cengkeh sebagai rempah digunakan dalam dunia kuliner untuk melezatkan rasa dan aroma suatu masakan. Tidak hanya itu, cengkeh juga ternyata sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan, dan dikenal mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Kandungan Gizi Cengkeh

Tanaman cengkeh, khususnya pada bagian daun mengandung banyak gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut untuk lebih jelasnya mengenai kandungan gizi di dalam 100 gram cengkeh, persentase Angka Kebutuhan Gizi atau AKG berdasarkan 2000 kalori.

Kandungan Nilai Gizi Percentase AKG
Energi 47 Kcal 2%
Karbohidrat 10.51 g 8%
Protein 3.27 g 6%
Total Lemak 0.15 g 0.5%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 5.4 g 14%
Vitamin
Folat 68 µg 17%
Niacin 1.046 mg 6.5%
Pantothenic acid 0.338 mg 7%
Pyridoxine 0.116 mg 9%
Riboflavin 0.066 mg 5%
Thiamin 0.072 mg 6%
Vitamin A 13 IU 0.5%
Vitamin C 11.7 mg 20%
Vitamin E 0.19 mg 1%
Vitamin K 14.8 µg 12%
Elektrolit
Sodium 94 mg 6%
Potassium 370 mg 8%
Mineral
Kalsium 44 mg 4%
Zat Tembaga 0.231 mg 27%
Zat Besi 1.28 mg 16%
Magnesium 60 mg 15%
Mangan 0.256 mg 11%
Fosfor 90 mg 13%
Selenium 7.2 µg 13%
Zinc 2.32 mg 21%
Phyto-nutrients
Carotene-ß 8 µg
Crypto-xanthin-ß 0 µg
Lutein-zeaxanthin 464 µg

Pada table di atas, dapat dilihat berbagai kandungan yang terdapat di dalam cengkeh. Selain kandungan – kandungan dalam cengkeh tersebut, cengkeh juga memiliki kandungan lain seperti eugenol, anti inflamasi, antioksidan ataupun anti septik yang kesemuanya juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita, dan memang sudah banyak diketahui. Kandungan yang sangat penting lainnya dalam cengkeh khusunya pada minyaknya adalah minyak esensial, tannin, flavonoid, treterpenoid serta sesquiterpen. Lalu, apa saja berbagai manfaat dari cengkeh?

Manfaat Daun Cengkeh

  1. Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi merupakan kondisi kesehatan yang mungkin tidak membahayakan bagi kesehatan. Namun jika dibiarkan tentu dapat mengganggu dan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan. Kandungan minyak esensial di dalam cengkeh yakni eugenol memiliki efek anestesi dan sebagai anti septik sehingga dapat ampuh untuk mengobati sakit gigi.

  1. Mengatasi Sembelit

Kandungan aktif di dalam cengkeh dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan tersebut adalah sejenis enzim yaitu enzim gastro intestinal yang berguna untuk meredakan gangguan pencernaan serta mampu mengobati sembelit.

  1. Membantu Menormalkan Tekanan Darah

Cengkeh memiliki kandungan mineral yang cukup lengkap. Salah satunya yaitu potassium yang termasuk ke dalam elektrolit penting yang berfungsi sebagai cairan tubuh, dan membantu menghindarkan dari dehidrasi. Satu fungsi lain dari potassium adalah untuk membantu menormalkan kembali tekanan darah di dalam tubuh.

  1. Membantu Menormalkan Detak Jantung

Potassium di dalam cengkeh selain berguna untuk menormalkan tekanan darah, juga bisa bermanfaat untuk membantu menormalkan detak jantung yang tidak normal. Detak jantung yang tidak normal sendiri bisa jadi merupakan tanda jika anda menderita penyakit lain dan perlu diwaspadai.

  1. Membantu Mengusir Radikal Bebas

Cengkeh memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan tersebut dangat berguna untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengkonsumsi cengkeh bisa membantu tubuh mengusir radikal – radikal bebas dan menghindarkan dari penyakit membahayakan.

  1. Membantu Memperbaiki Fungsi Penglihatan

Manfaat minyak cengkeh selanjutnya adalah untuk penglihatan. Berbagai vitamin dari vitamin A hingga vitamin B12 terdapat di dalam cengkeh. Vitamin A serta beta carotene inilah yang dibutuhkan tubuh guna menjaga kesehatan membran lendir serta menjaga fungsi kesehatan mata. Vitamin A juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa mencegah berbagai macam penyakit.

  1. Mencegah Kanker Paru – Paru

Cengkeh yang mengandung vitamin A serta flavonoid sangat baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi bahan makanan alami dengan tinggi kandungan flavonoid seperti daun cengkeh atau bunga cengkeh bisa mencegah dan melindungi paru – paru dari tumbuhnya sel kanker.

  1. Mencegah Kanker Rongga Mulut

Flavonoid di dalam cengkeh selain untuk mencegah kanker paru – paru yang sangat berbahaya, juga bisa untuk mencegah penyakit lainnya pada sistem pernafasan. Flavonoid ini bisa membantu melindungi rongga mulut dari penyakit kanker.

  1. Mencegah Terjadinya Infeksi pada Tubuh

Mengkonsumi makanan yang mengandung vitamin C bisa membantu tubuh membentuk antibody yang bisa mencegah terjadinya infeksi. Tambahkan cengkeh pada masakan anda agar bisa membantu menambah asupan vitamin C yang berperan untuk melindungi tubuh dari infeksi dan radikal bebas, dan juga untuk membuat rasa masakan lebih lezat.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat lainnya dari cengkeh adalah untuk menurunkan kadar gula yang terdapat di dalam darah. Kadar gula darah yang tinggi bisa mengakibatkan penyakit – penyakit lain yang sangat membahayakan bagi kesehatan.

  1. Mengobati Perut Kembung

Gangguan pencernaan seperti perut kembuh membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Gunakan caun cengkeh yang memiliki banyak kandungan yang dapat membantu meredakan gangguan pencernaan seperti perut kembung.

  1. Membunuh Cacing di Dalam Perut

Cacing pada perut tentu sangat membahayakan bagi kesehatan. Selain mengambil nutrisi yang dibutuhkan tubuh, juga bisa berakibat buruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, daun atau bunga cengkeh mengandung antioksidan, anti inflamasi dan anti septik, dan ternyata rempah yang satu ini juga mengandung anti parasit yang bisa membunuh cacing – cacing di dalam perut.

  1. Membantu Mengobati Radang Sendi

Kandungan dalam minyak cengkeh yakni zat anti inflamasi dan zat lainnya yang bisa membantu melebarkan pembuluh darah, melancarkan peredaran darah, dan membuat tubuh terasa lebih hangat. Efek inilah yang dapat membantu meredakan peradangan pada sendi serta bisa pula untuk meredakan rasa sakit pada otot.

  1. Membantu Mengatasi Ejakulasi Dini

Bagi para lelaki yang sering mengalami ejakulasi dini, hal tersebut pastinya dapat mengganggu keharmonisan suami isteri. Daun ataupun bunga cengkeh bisa membantu anda untuk mengatasi keadaan tersebut dan mengembalikan keharmonisan antara anda dan sang isteri.

  1. Sebagai Bahan Aroma Terapi

Cengkeh mengandung minyak atsiri yang memiliki aroma khas yang mempunyai efek menenangkan. Tak jarang, minyak cengkeh ini digunakan sebagai bahan aroma terapi untuk rileksasi sehingga membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih segar.

Manfaat Lain Minyak Cengkeh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak cengkeh dan cengkeh sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sifat antiviral mereka memiliki kemampuan untuk memurnikan darah, meningkatkan ketahanan terhadap banyak penyakit karena antioksidan dalam minyak esensial cengkeh mengikis tubuh radikal bebas berbahaya yang menyebabkan banyak penyakit seperti masalah jantung dan beberapa jenis kanker.

2. Menurunkan Stres

Minyak cengkeh adalah afrodisiak di alam dan oleh karena itu, berfungsi sebagai pereda stres yang sangat baik. Ini memiliki efek merangsang pada pikiran dan menghilangkan kelelahan mental dan kelelahan. Ketika tertelan dalam jumlah yang tepat, ia menyegarkan pikiran dan merangsang fungsi otak. Ini juga menyebabkan tidur dan sangat membantu pasien yang menderita insomnia. Hal ini juga berguna untuk mengobati gangguan saraf seperti kehilangan ingatan, depresi, dan kecemasan.

3. Menghilangkan sakit kepala

Minyak cengkeh, bila dicampur dengan garam dan dioleskan di dahi, memberi efek pendinginan dan membantu menghilangkan sakit kepala. Ini mengandung banyak flavonoid, yang merupakan agen anti-inflamasi. Bila dioleskan secara topikal ke kuil atau leher, sifat anti-inflamasinya akan memudahkan peradangan atau ketegangan yang sering menimbulkan sakit kepala. Untuk alasan yang sama, minyak cengkeh digunakan sebagai pereda nyeri pada bagian tubuh yang lain, seperti sendi dan otot yang terlalu banyak bekerja, untuk memberikan kelegaan dari peradangan atau pembengkakan yang menyakitkan.

4. Mengobati masalah pernafasan

Minyak cengkeh memiliki efek pendinginan dan anti-inflamasi dan sering digunakan untuk membersihkan saluran hidung. Ekspektoran ini merupakan pengobatan yang berguna untuk berbagai gangguan pernafasan termasuk batuk dingin, batuk, bronkitis, asma, sinusitis, dan tuberkulosis. Mengunyah kuncir cengkeh dianjurkan untuk menenangkan sakit tenggorokan.

5. Meredakan sakit telinga

Campuran minyak cengkeh hangat dan minyak wijen merupakan obat yang baik untuk sakit telinga. Bunga cengkeh merupakan sumber aditif bermanfaat minyak esensial yang sudah kuat ini.

6. Mengobati gangguan pencernaan

Minyak cengkeh secara tradisional efektif untuk pengobatan masalah terkait perut seperti cegukan, gangguan pencernaan, mabuk perjalanan, dan perut kembung. Karena itu, cengkeh adalah salah satu bumbu yang paling penting ditambahkan ke banyak masakan India.

7. Mengurangi mual

Minyak cengkeh sangat membantu dalam mengurangi mual dan muntah dan sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit dan ketidaknyamanan. Menggunakannya kadang-kadang dalam aromaterapi atau menerapkannya secara topikal ke bantal di malam hari untuk inhalasi jangka panjang dapat menghasilkan efek positif.

8. Mengobati Kolera

Studi yang dilakukan oleh banyak praktisi medis menunjukkan bahwa minyak cengkeh berguna untuk mengobati kolera.

9. Kontrol Diabetes

Seiring dengan pemurnian darah, minyak cengkeh membantu mengendalikan kadar gula darah, sehingga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa mekanisme respon insulin dan glukosa postprandial lebih diatur saat minyak cengkeh bekerja pada sistem tubuh. Hal ini terutama disebabkan oleh konsentrasi fenol yang ditemukan di dalamnya, yang merupakan salah satu yang tertinggi dalam hal tanaman rempah-rempah.

 

Manfaat daun Cengkeh dalam Dunia Kuliner

Seperti yang sudah kita ketahui, cengkeh merupakan salah satu jenis rempah – rempah yang bisa digunakan untuk melezatkan masakan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kegunaan cengkeh dalam dunia kuliner:

  • Di Indonesia dan Cina atau negara Asia lainnya, cengkeh biasa digunakan sebagai bumbu masakan bersamaan dengan jahe, kunyit, merica atau pun rempah yang lainnya.
  • India juga merupakan salah satu negera lainnya yang biasa memanfaatkan cengkeh sebagai rempah dalam menu vegetarian,
  • Cengkeh digunakan dalam memasak masakan khas Timur Tengah yaitu biriyani.
  • Di beberapa negara, cengkeh digunakan sebagai campuran penyedap rasa pada acar, sup, kari, saus barbeque, dll.

Efek Samping Cengkeh

Pada takaran wajar, cengkeh tidak akan memberikan efek samping apapun. Tetapi jika anda berlebihan dalam penggunaan cengkeh, maka anda bisa merasakan beberapa efek samping seperti:

  • Iritasi gastrointestinal
  • Gangguan sistem syaraf pusat
  • Jauhin penggunaan dan konsumsi cengkeh jika anda memiliki luka pada perut bagian dalam, luka pada sistem pencernaan,
  • Dan, wanita hamil juga harus menghindari penggunaan dan konsumsi cengkeh.

Nah itu lah beberapa manfaat minyak cengkeh yang dapat kita rasakan, hampir sama dengan cengkehnya sendiri yang telah dikenal untuk pengobatan tradisional.

,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan