16 Manfaat Kayu Ular Papua

Kayu ular papua sejatinya adalah kayu ular yang tumbuh di tanah papua. Meskipun namanya kayu ular, namun kayu ini tidak mirip ular sama sekali. Memiliki nama latin Strychons lucida, kayu ini dimanfaatkan oleh warga papua untuk di jadikan obat tradisional. Di daerah jawa kayu ular papua ini biasa disebut dengan nama dara laut dan dara putih.

Keberadaan Kayu Ular

Kayu ular banyak di temukan di daerah pegunungan papua, sekitar 100-300 meter diatas permukaan air laut. Pohon memiliki diameter 30 cm. Pohon ini bisa tumbuh dengan koloni tanaman kayu ular sejenis. Sehingga kita akan menjumpai pohon-pohon kayu ular ini selalu berkelompok di satu kawasan tertentu. Selain di daerah pegunungan, pohon kayu ular ini juga pernah ditemukan tumbuh di pinggiran sungai.

Kandungan kayu ular papua

Dahulu nenek moyang kita memanfaatkan kayu ular ini untuk dijadikan obat malaria dengan cara merebus batang kayu, dan air rebusannya di minum sebagai obat. Setelah di teliti memang kayu ular papua ini memiliki kandungan yang bisa dibilang cukup kompleks seperti adanya kandungan alkaloid, tannin, steroid, alkaloida yang memiliki sifat antioksidan.

manfaat kayu ular papuaSelain digunakan dalam pengobatan malaria, kandungan dari kayu ular papua yang sangat kompleks, banyak ahli herbal yang mencoba manfaat kayu ular papua ini sebagai obat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Berikut macam-macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan herbal kayu ular papua :

1. Mengatasi Diabetes

Kayu ular papua yang memiliki zat saponin ini ternyata mampu menurunkan kadar gula di dalam darah. Khasiat tersebut sangat cocok bagi para penderita diabetes, untuk memanfaatkan kayu ular papua sebagai minuman herbal. Daripada teh atau kopi yang mengandung kafein dan gula yang tidak baik bagi penderita diabetes.

Top Herbal Untuk Diabetes

  1. Manfaat kacang panjang
  2. Manfaat kentang
  3. Manfaat beras merah
  4. Manfaat buah mengkudu
  5. Manfaat Pare
  6. Manfaat pete
  7. Manfaat daun afrika
  8. Manfaat daun mangga
  9. Manfaat semut jepang
  10. Manfaat nasi Jagung
  11. Manfaat ubi jalar
  12. Manfaat daun alpukat
  13. Manfaat quaker oat
  14. Manfaat susu kedelai
  15. Manfaat tahu

2. Mencegah resiko kanker

Kayu ular papua memiliki manfaat antioksidan dan anti bakteri. Sifat tersebut sangat penting dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh, serta mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Top Untuk Kanker

  1. Manfaat keladi tikus
  2. Manfaat buah naga
  3. Manfaat paprika
  4. Manfaat mengkudu
  5. Manfaat kunyit putih
  6. Manfaat sari buah merah
  7. Manfaat bawang putih
  8. Manfaat air lemon
  9. Manfaat daun afrika
  10. Manfaat semut jepang

3. Meredakan demam

Kayu ular papua ini diketahui memiliki kandungan zat galat dan tanin di dalamnya. Zat ini di yakini dapat menurunkan demam tubuh. Selain itu zat tanin dan galat juga memiliki sifat anti radang, yang membantu menurunkan resiko infeksi pada organ dalam tubuh. Khasiat ini juga terdapat pada :

4. Mengatasi sakit perut

Kondisi ini biasanya terjadi di karenakan adanya peradangan pada perut, rasa nyeri yang timbul akibat asam lambung yang mengakibatkan peradangan. Minuman herbal kayu ular papua ini memliki sifat anti radang untuk mengatasi sakit di perut.

5. Mengatasi Kista

Kista adalah tumor jinak yang berisi cairan-cairan kental yang merupakan bagian dari darah kotor dari tubuh. Sifat anti peradangan pada kayu ular papua mampu mencairkan gumpakan darah kotor dan mengeluarkannya. Sifat ini sangat baik untuk membantu mengatasi kista.

6. Darah tinggi

Ada sifat antioksidan dan anti radang yang terdapat pada manfaat kayu ular papua ini. Sifat tersebut membantu mencairkan darah yang menggumpal. Selain dapat membantu mengatasi peradangan juga mampu memperlancar aliran darah. Normalnya sirkulasi darah cukup berperan dalam menurunkan resiko hipertensi. Khasiat seperti ini juga ditemukan pada :

7. Mencegah resiko Jantung

Kayu ular papua ini mampu mereduksi konsentrasi gula dalam darah. Selain itu sifat antioksidannya sangat penting dalam menangkal radikal bebas yang bisa membuat penyakit dalam seperti jantung. Oleh sebab itu, obat herbal dari kayu ular papua ini diyakini juga mampu dalam mengatasi masalah jantung.

Top Herbal Untuk Jantung

  1. Manfaat kulit manggis
  2. Manfaat susu kedelai
  3. Manfaat buah mengkudu
  4. Manfaat semut jepang
  5. Manfaat kacang mete
  6. Manfaat buah naga
  7. Manfaat oatmeal
  8. Manfaat ikan
  9. Manfaat sari kurma
  10. Manfaat teh manis
  11. Manfaat donor darah
  12. Manfaat labu siam
  13. Manfaat wortel
  14. Manfaat jalan kaki
  15. Manfaat bersepeda

8. Mengatasi darah kotor

Obat herbal dari kayu ular papua ternyata juga mampu membersihkan darah kotor di tubuh. Obat herbal ini akan bekerja bagi penderita yang memiliki luka bernanah. Maka akan cepat menstimulusi darah kotor atau nanah tersebut untuk segera di keluarkan. Manfaat kayu ular ini, sangat cocok bagi yang memiliki masalah darah kotor pada kulit seperti bisul dan peradangan.

9. Mengatasi wasir

Sifat anti radang pada kayu ular ini sangat baik untuk mengatasi wasir. Masalah darah kotor di dalam tubuh akan di stimulus untuk keluar oleh sifat antioksidan dan anti radang pada kayu ini mampu membantu mengatasi wasir. Wasir juga bisa diobati dengan :

10. Mengatasi masalah nafsu makan

Nafsu makan dipengaruhi oleh kondisi perut kita. Syaraf otak terkait mengatur perasaan lapar dan mood untuk makan. Khasiat yang dimiliki kayu ular papua untuk mengatasi masalah perut cukup membantu menstimulasi kondisi perut dengan baik, sehingga syaraf otak yang menghubungkannya akan bekerja.

11. Mengatasi gejala stroke

Stroke sangat lekat kaitannya dengan masalah jantung dan hipertensi akibat aliran darah yang bermasalah. Zat tanin dan galkin pada kayu ini mampu melancarkan aliran darah sehingga mampu mencegah resiko stroke.

12. Mengatasi Rematik

Masalah rematik erat kaitannya dengan aliran darah yang tidak lancar. Zat tanin dan galat pada manfaat kayu ular papua ini, akan membantu melancarkan darah dan bisa mengatasi rematik. Khasiat ini juga di temui pada :

13. Paru-paru basah

Paru-paru basah terjadi dikarenakan adanya peradangan pada organ paru-paru kita. Zat tanin dan glakin yang memiliki sifat anti radang pada manfaat kayu ular papua, cukup efektif untuk membantu mengatasi peradangan yang terjadi.

14. Memperbaiki syaraf otak

Menurut Dr Nelly C. Sugiarso Apt, dengan mengkonsumsi obat herbal kayu ular papua ini bisa mengatasi gangguan pada syaraf. Gangguan syaraf utamanya terjadi pada otak kita yang mengatur segala indra tubuh kita. Pada kasus kanker otak, maka akan ada syaraf yang terganggu dan menyebabkan kerusakan pada organ tertentu. Dengan ekstrak kayu ular papua ini cukup mampu mengatasi kerusakan syaraf tersebut.

15. Menjaga fungsi kekebalan tubuh

Di dalam kayu ular papua terdapat kandungan alkaloid dengan sifat basa serta memiliki sifat antioksidan dan anti radang yang sangat bermanfaat bagi dunia medis. Zat alkaloid bisa membantu sistem kekebalan tubuh kita tetap terjaga fungsinya. Bahkan hebatnya juga akan mampu meningkatkan kebugaran tubuh kita.

16. Memperlancar buang air kecil

Air seni kita akan keluar dengan normal dengan bantuan obat herbal dari kayu ular papua ini. Kadnungan zat tanin dan galat selain bermanfaat untuk menurnkan demam juga sangat berpengaruh melancarkan air seni.

Cara Membuat Obat Herbal dengan Kayu Ular Papua

Ada dua cara dalam membuat obat herbal kayu ular papua ini. Bisa dengan menggunakan serbuk kayunya, atau dengan merebus bongkahan kecil kayunya.

1. Dengan bongkahan kecil

  • Anda membutuhkan bongkahan kecil kayu ular papua ini, sekitar ¼ dari diameter kayunya.
  • Anda bisa merebus bongkahan kecil kayu tersebut hingga mendidih.
  • Kemudian setelah mendidih, anda angkat bongkahan kayunya, dan masukkan air rebusannya ke dalam segelas air berukuran 250 ml.
  • Air rebusan yang hangat itulah yang Anda minum setiap harinya.
  • Jika untuk mengobati penyakit parah seperti jantung dan diabetes, sebaiknya diminum sebanyak 3 kali.

2. Dengan sebuk kayu

  • Sekarang sudah banyak yang menjual serbuk kayu ular papua. Namun jika belum mendapatkan serbuknya, bisa menyerut sendiri serbuk kayu dari bongkahan kayu ular yang ada di pasaran.
  • Serut secukupnya, dan tuangkan sebanyak satu sendok teh ke dalam air panas.
  • Tuangkan air panas ke dalam gelas tersebut,
  • Tunggu hingga hangat-hangat kuku, baru bisa Anda minum
  • Lakukan setiap hari, khusus untuk penyakit parah bisa sebanyak 3 kali sehari.

Meskipun manfaat kayu ular papua ini sangat banyak, namun pastikan pengobatan herbal ini juga diawasi oleh dokter. Hal ini untuk menghalau adanya efek samping kesehatan lainnya.