16 Manfaat Buah Rosella Pada Kesehatan

Rosella merupakan salah satu jenis tanaman hias yang berasal dari benua Afrika. Tanaman dengan nama latin Hisbiscus sabdariffa ini sebenarnya sudah sangat populer di Indonesia, yang mana dimanfaatkan bunganya sebagai bahan untuk pembuatan teh rosella. Rasa teh rosella yang segar dan sangat khas, berbeda dengan rasa teh pada umumnya. Manfaat teh rosella juga sudah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Namun, selain bunganya tanaman rosella juga dapat dimanfaatkan buahnya. Sama halnya dengan bunganya, buah rosella juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Ciri-ciri Buah Rosella

Buah rosella mungkin masih sangat asing meskipun bunga rosella sudah sangat populer. Pemanfaatan buah rosella memang tidak banyak dimanfaatkan sebanyak manfaat bunga rosella, itulah mengapa, buah rosella kurang populer. Bahkan, mungkin banyak orang yang juga tidak tahu bahwa sebenarnya rosella juga memiliki buah. Buah rosella memiliki warna merah dan bisa jadi berwarna putih. Bentuk buah rosella seperti kapsul kering dengan lima lobed, dan pada seiap lobus dari bunga rosella ini memiliki biji yang juga dapat ditanam kembali menjadi pohon rosella.

Kandungan Zat pada Buah Rosella

Setiap tanaman memiliki senyawa yang terdapat pada tanaman tersebut atau biasa disebut dengan fitokimia. Sama halnya dengan tanaman lain, rosella juga memiliki beberapa senyawa yang terkandung di dalamnya. Secara umum, manfaat bunga rosella mengandung antosianin, flavonoid, saponin, alkaloid, asam protosatekuat, asam askorbat, sardenoleda, glikosida cardiac, ekstrak saliks, anthocyanins delphinidin-3-O-sambubioside, dan cyanidin-3-O-sambubioside. Ketika rosella dikeringkan, rosella memiliki kandungan lain yakni flavonoid gossypetin, hibiscetine dan juga sabdaretine. Itulah mengapa, rosella banyak dimanfaatkan dalam keadaan kering.

Manfaat Buah Rosella

Bentuk buah pada rosella berbeda dengan buah lainnya yang bisa langsung dimakan dan jelas bentuk buahnya. Buah rosella seperti kapsul di tengah kelopak bungan rosella. Pemanfaatan buah rosella hampir sama dengan bungan rosella yakni dengan dikeringkan terlebih dahulu. Adapun beberapa manfaat buah rosella untuk kesehatan diantaranya:

  1. Sumber Antioksidan

Tanaman rosella termasuk buah rosella memiliki beberapa senyawa seperti gossipetin, feolik, antosianin dan glukosida hibiscin. Beberapa senyawa tersebut berperan sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Dibandingkan dengan beberapa tanaman lain, kandungan manfaat antioksidan di dalam rosella ini  cukup tinggi dan baikuntuk menangkal radikal bebas yang dapat berbahaya untuk tubuh.

  1. Mengatasi Leukimia

Leukimia atau juga dapat dikatakan sebagai kanker darah merupakan salah satu jenis penyakit yang dapat membahayakan nyawa apabila tidak segera diatasi. Selain tetap menggunakan tim medis, mengatasi leukimia juga dapat dengan menggunakan buah rosella. Kandungan antosianin yang terdapat di dalam rosella mampu mengatasi leukimia secara ampuh. Anda juga dapat menggunakan manfaat batu geliga landak untuk kesehatan.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi makanan berlemak baik sedikit banyaknya dapat berpengaruh terhadap kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol dalam darah dapat sedikit demi sedikit menumpuk di dalam aliran darah dan menimbulkan banyak penyakit. Oleh karena itu, kolesterol dalam tubuh harus diturunkan. Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah yakni dengan mengkonsumsi teh rosella dan manfaat daun rosella.

  1. Menurunkan Berat Badan

Masalah berat badan terkadang dianggap serius oleh beberapa orang sehingga mereka berjunag untuk diet. Namun, terkadang diet yang dilakukan tidak tepat dan malah membuat penyakit lain karena makanan yang mereka konsumsi tidak bergizi dan kurang asupan makanan. Selain dengan diet mengurangi porsi makan, menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi teh rosella. Mengkonsumsi teh rosella dapat membantu meluruhkan lemak pada tubuh.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Meminum seduhan teh rosella dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol tekanan darah agar tetap seimbang. Ekstrak dalam buah dan bunga rosella dapat dengan baik menurunkan tekanan darah. Manfaat buah naga untuk darah tinggi juga dapat dioptimalkan ya.

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas

Tidak hanya mengandung berbagai senyawa baik saja, rosella juga memiliki kandungan vitamin seperti manfaat vitamin A dan vitamin C. Vitamin A dan manfaat vitamin C diketahui sebagai vitamin yang sangat diperlukan untuk tubuh karena dapat membantu meningkatkan sistem imunitas pada tubuh. Ketika imunitas tubuh baik, maka tubuh dapat terhindar dari beberapa penyakit seperti flu, demam, dan berbagai penyakit lainnya.

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain untuk diet, buah rosella juga dapat dimanfaatkan untuk melancarkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam bunga rosella tidak hanya mampu meluruhkan lemak dan menurunkan berat badan saja, namun juga dapat membantu membersihkan pencernaan, melancarkan buang air sehingga saluran pencernaan menjadi sehat.

Selain tujuh uraian manfaat buah rosella tersebut, buah rosella memiliki berbagai manfaat lain untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Solusi Kanker
  2. Menjaga Kesehatan Tulang
  3. Mencegah Radang Gusi
  4. Sebagai Obat Kumur
  5. Mengatasi Diabetes Melitus
  6. Mencegah Katarak
  7. Menjaga Kesehatan Ginjal
  8. Mengatasi Asam Urat
  9. Mencegah Terjadinya Jantung Koroner

Dari uaraian di atas, diketahui bahwa tanaman rosella tidak hanya bunganya, akan tetapi bunganya juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Bagi yang belum pernah memngkonsumsi seduhan teh rosella, tidak ada salahnya untuk mencoba seduhan teh rosella. Tidak hanya memiliki rasa yang khas, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.  semoga bermanfaat . . .

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan