9 Manfaat Daun Gaharu untuk Kesehatan

manfaat daun gaharuDaun gaharu, tanaman yang memiliki nama latin Aquilaria malaccensis. Pohon ini banyak ditemukan di Asia seperti Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia (terutama didaerah Kalimantan dan Sumatera), Iran, Malaysia, Myanmar, Pilipina, Singapura, dan Thailand. Nama dalam bahasa Inggris dikenal dengan Agarwood, Aloewood, Eaglewood, atau Lign aloes. Pada isu internasional pohon ini dilindungi karena terancam punah dan di India melakukan tindakan konservasi dengan melarang ekspor.

Dalam bahasa Cina sendiri secara harfiah, gaharu berarti kayu yang tenggelam. Mari kita simak fungsi dan manfaat yang telah dikenal dunia luas pada gaharu ini.


Ciri-ciri Tanaman Gaharu

Seringkali diumpamakan seperti pohon cemara yang tumbuh besar lebih 15-30 m dan dengan diameter 1,5-2,5 m, dan memiliki bunga berwarna putih. Daunnya memiliki panjang 5-11 cm dan lebar 2-4 cm. Spesies Aquilaria ini telah beradaptasi untuk hidup di berbagai habitat, termasuk habitat berbatu, berpasir hingga berkapur. Tumbuh di dekat lereng dan pegunungan dan juga dapat tumbuh tanah di dekat rawa. Gaharu biasanya tumbuh antara ketinggian 0-850 m, dengan suhu harian rata-rata 20-22 derajat C. Aquilaria malaccensis (gaharu) tersebar luas diselatan dan Asia Tenggara.


Keyakinan dan Penggunaan Daun Gaharu

Dalam berbagai literatur islam, gaharu sering disebutkan seperti pada sahih muslim dijadikan salah satu obat. Ibnu Sina sebagai tokoh kedokteran modern, menyebutkan Gaharu dalam kitab atau buku nya Al-Qanun Fi Tib dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit yang adat di setiap tubuh manusia. Mulai dari gangguan pikiran hingga urat-urat saraf.

Kemudian di daerah Tibet dan di Asia Tenggara menjadi salah satu praktek medis secara tradisional. Dalam perkembangan penelitian kandungan secara kimiawi. Daun ini membantu sebagai zat terapi yang dapat di produksi misal menjadi minyak essensial dan obat gusi. Merek dari bahan Gaharu dianggap berharga, sebab dekat juga dengan istiadat keagamaan yang menggunakannya sebagai ritual.


 Kandungan Zat pada Daun Gaharu

Pada konstituen bioaktif yang paling penting dari tanaman ini adalah sebagai berikut.

AlkaloidDengan dosis yang tepat dapat bermanfaat sebagai antibiotik
TanninSsebagai senyawa yang terkandung dalam fungsinya sebagai antiseptik
FlavonoidSebagai antiinflamasi untuk mengatasi peradangan tersebut
Senyawa fenolikDalam tanaman bioaktif penting untuk pigmentasi tanaman

Manfaat Daun Gaharu yang digunakan Dalam Masyarakat

Manfaat daun gaharu sebagai herbal pada mulanya adalah untuk pengobatan dan terbukti menyembuhkan berbagai penyakit kronis seperti :

  1. Diabetes
  2. Stroke
  3. Asam urat
  4. Masalah ginjal
  5. Kanker prostat
  6. Asma
  7. Tiroid kelelahan kronis
  8. Disfungsi seksual
  9. Kegelisahan
  10. Gangguan tidur
  11. Penurunan berat badan
  12. Detoksifikasi
  13. Mabuk
  14. Sembelit
  15. Tekanan darah tinggi
  16. Kadar gula darah yang tidak stabil (seperti diabetes)
  17. Gangguan kulit
  18. Penuaan dini
  19. Perawatan paru
  20. Masalah peredaran darah
  21. Pengobatan sakit kepala

Metode tradisional ini digunakan dalam bentuk seduan teh. Pada beberapa negara, daun gaharu memiliki sejarah yang panjang di Asia tenggara. Daun teh gaharu ini telah digunakan untuk 100 tahun di seluruh Asia Tenggara oleh para praktisi kesehatan tradisional dan tak hanya para spiritualis yang menggunakannya dalam kegiatan ibadah. Dalam masyarakat sering digunakan untuk mengobati lambung, ginjal dan masalah pernapasan. Dosis medis yang direkomendasikan perhari maksimal adalah 3 gram.

Manfaat Daun Gaharu untuk Kesehatan

1. Daun Gaharu Sebagai Anti Depresi

Pada ekstrak benzene dalam manfaat daun gaharu, memiliki kegunaan untuk sistem syarat pusat sebagai anti depresi pada saraf. Hal ini disebabkan gaharu mengandung senyawa aktif agarospirol, dimana memiliki kegunaan sebagai antidepresi yang mampu menekan sistem syaraf pusat yang menyebabkan ketenangan dan dapat mengembalikan kebugaran tubuh. Zat anti depresi lainnya juga ditemukan pada :

2. Teh daun gaharu sebagai anti penuaan

Teh gaharu yang terbuat dari daun pohon gaharu dalam penelitian terbaru, menunjukkan penemuan. Jika daun gaharu ini kaya akan genkwanin merupakan glikosida alami yang secara secara luas dikenal bermanfaat untuk kecantikan. Dikatakan bahwa glikosida berupa genkwanin mampu menghilangkan merkuri secara efisien. Teh gaharu yang mengandung glikosida memiliki manfaat untuk diet yang diyakini membantu dalam memperlambat proses penuaan.

Teh daun gaharu tidak mengandung zat aditif, senyawa pengawet atau pewarna buatan. Seringkali kosmetik yang digunakan wanita mengandung merkuri, yang dianggap sebagai penyebab penuaan dini lebih cepat. Teh gaharu dapat menghilangkan merkuri dari dalam tubuh, sebagaimana dilansir ada asian agarwood. Sehingga dalam hal ini mengurangi risiko gangguan neurologis merkuri yang telah terpapar dan bekerja untuk mencegah penuaan kulit. Saat tubuh menghilangkan racun merkuri dengan teh ini, maka akan terbentuk kulit yang sehat, bebas dari noda.

3. Menjaga berat badan

Manfaat teh gaharu, membuat tubuh mengalami detoksifikasi, terutama pada seseorang yang memiliki kelebihan barat sehingga membuat penurunan berat badan. Manfaat daun gaharu yang dijadikan teh, telah terbukti secara ilmiah untuk membantu dalam menurunkan berat badan. Untuk mencapai penurunan berat badan bisa dengan 6-8 cangkir teh gaharu per hari yang dapat disajikan hangat maupun dingin. Sehingga kita bisa mengganti minuman tak sehat dengan minuman yang sehat ini.

4. Detoksifikasi tubuh

Jika teh ini dapat menurunkan berat badan bagi yang kelebihan, teh gaharu dapat juga meningkatkan berat badan untuk yang membutuhkan sebagai manfaat dari detoksifikasi yang terjadi. Mengapa? Hal ini terjadi, sebab pada dasarnya apapun dietnya manusia tetap menimbun neurotoksin. Tidak hanya karena masalah kosmetik, namun juga karena makanan yang kita asup setiap hari. Lama-kelamaan akan membuat gangguan secara neurologis.

Fungsi detoksifikasi tubuh juga bisa didapatkan dari :

5. Mengurangi rasa mabuk

Teh gaharu dimaksudkan untuk minum setiap hari untuk mendapatkan manfaat dalam mempertahankan kesehatan jangka panjang. Banyak orang yang menggunakan teh gaharu untuk menghilangkan mabuk, atau mengurangi rasa mabuk. Ketika teh tersebut diminum selama intoksikasi, minuman ini dapat bekerja di dalam tubuh untuk menghilangkan alkohol (racun) dalam tubuh.

6. Menambah Energi

Selain itu manfaat daun gaharu juga bisa meningkatkan energi membuat lebih ringan beraktivitas fisik. Awal sementara setelah mengkonsumsi teh gaharu secara teratur akan meningkatkan jumlah kuantitas untuk buang air kecil. Hal ini menunjukkan teh gaharu bekerja dengan tubuh. Pembilasan saat detoksifikasi yang terjadi sebagai akibat dari minum teh gaharu adalah melumasi perut.

7. Menenangkan Tubuh

Selama berabad-abad, teh gaharu telah digunakan untuk menenangkan gangguan kecemasan dan tidur. Aroma yang dihasilkan dari daun memiliki efek menenangkan alami yang mengurangi gejala stres, sehingga memungkinkan orang untuk mencapai tidur yang lebih panjang dan lebih tenang. Nutrisi yang ditemukan dalam daun teh Gaharu juga telah digunakan untuk kesehatan paru. Tentu, daun Gaharu meningkatkan sirkulasi darah di tubuh yang penting untuk metabolisme tubuh

8. Dibuat menjadi minyak

Minyak essensial dari gaharu dapat dipadukan dengan minyak essensial lainnya seperti pada manfaat bunga mawar, manfaat bunga melati, geranium, dan cendana. Memiliki manfaat sebagai berikut.

  • Tonik yang efektif, bersifat diuretik, mengurangi epilepsi, dan antimikroba. Karena minyak gaharu adalah afrodisiak paling ampuh dari semua minyak esensial.
  • Berguna dalam gangguan saraf, pencernaan, keluhan paru-paru, penyakit cacar, rematik, sakit selama dan setelah melahirkan, menghentikan kejang dalam sistem pencernaan dan pernafasan, demam, sakit perut, asma, kanker, kolik, diare, mual, regurgitasi, kelemahan pada orang tua, sesak napas, menggigil, sakit umum dan sirosis hati.
  • Minyak Gaharu telah digunakan sebagai pengobatan untuk paru-paru dan tumor perut. Minyak ini digunakan di Malaysia untuk rasa kari dan Taiwan menggunakannya sebagai bahan aromatik anggur lokal mereka.

9. Manfaat Aromaterapi

Kemampuan daun gaharu untuk rasa relaksasi membuatnya sangat berguna dalam setiap sesi aromaterapi. Manfaat daun gaharu juga sangat efektif untuk menghilangkan kecemasan dan depresi yang dirasakan. Aromaterapi ini dapat bertahan selama 12 jam ke depan. Beberapa rumah parfum Eropa mencari minyak dari gaharu untuk membuat parfum.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 25th, April 2015 / 07:36 Oleh :
Kategori : Herbal