99 Manfaat Spirulina Bagi Kesehatan Tubuh

Pernah mendengar spirulina?? memang nama ini masih cukup asing di telinga masyarakat awam. Spirulina yakni sejenis tanaman, yang akhir-akhir ini marak digunakan sebagai suplemen, karena spirulina mengandung nilai gizi yang tergolong cukup tinggi.

Apa Itu Spirulina?

manfaat spirulinaSpirulina adalah ganggang renik (mikro alga) bersel tunggal yang berbentuk spiral dan memiliki warna hijau kebiruan. Alga ini sudah ada sejak lama, hidup pada semua ekosistem, baik itu daratan, perairan (air tawar dan air asin). Meskipun telah ada sangat lama, namun potensi untuk dijadikan suplemen yang memiliki manfaat baik belum lama terungkap.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, kita bisa dapat mendapatkan nilai persentase yang lebih tinggi terhadap spirulina. Jika dibanding dengan protein yang terdapat dalam manfaat kedelai dan manfaat daging.

Kandungan Zat dalam Spirulina

Spirulina memang masih sangat asing di telinga masyarakat awam, padahal di dalam spirulina berbagai kandungan bermanfaat yang terdapat dalamnya. Adapun kandungan yang bermanfaat bagi tubuh yang terdapat dalam spirulina dengan takaran 100 gram, adalah sebagai berikut :

Energi 1,213 kJ (290 kcal)
Karbohidrat 23.9 g
Gula 3.1 g
Serat Makanan 3.6 g
Lemak 7.72 g
Lemak Jenuh 2.65 g
Monounsaturated 0.675 g
Polyunsaturated 2.08 g
Protein 57.47 g
Tryptophan 0.929 g
Treonin 2.97 g
Isoleusin 3.209 g
Leusin 4.947 g
Lysin 3.025 g
Metionin 1.149 g
Sistin 0.662 g
Fenilalanin 2.777 g
Tirosin 2.584 g
Valin 3.512 g
Arginin 4.147 g
Histidin 1.085 g
Alanin 4.515 g
Asam aspartat 5.793 g
Glutamat 8.386 g
Glysine 3.099 g
Proline 2.382 g
Serine 2.998 g
Vitamin A Equiv (4%) 29 μg
Beta-karoten (3%) 342 μg
Lutein zeaxanthin 0 μg
Thiamin (B1) (207%) 2.38 mg
Riboflavin (B2) (306%) 3.67 mg
Niacin (B3) (85%) 12.82 mg
Asam Pantotenat (B5) (70%) 3.48 mg
Vitamin B6 (28%) 0.364 mg
Folat (B9) (24%) 94 μg
Vitamin B12 (0%) 0 μg
Kolin (13%) 66 mg
Vitamin C (12%) 10.1 mg
Vitamin D (0%) 0 IU
Vitamin E (33%) 5 mg
Vitamin K (24%) 25.5 μg
Kalsium (12%) 120 mg
Zat Besi (219%) 28.5 mg
Magnesium (55%) 195 mg
Mangan (90%) 1.9 mg
Fosfor (17%) 118 mg
Potasium (29%) 1363 mg
Sodium (70%) 1048 mg
Seng (21%) 2 mg
Air 4.68 g

Dari sekian banyak kandungan bermanfaat yang memperkaya spirulina, maka tak heran jika spirulina juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kehidupan. Tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui manfaat-manfaat tersebut, agar kita lebih mengetahui untuk memanfaatkannya demi kebaikan tubuh. Manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh dari spirulina adalah:

1. Meningkatkan Imunitas

Spirulina mampu menjadi obat untuk menyembuhkan kanker, karena spirulina mampu menambah daya tahan tubuh. Manfaat spirulina untuk meningkatkan anti bodi, meningkatkan protein pencegah infeksi (cytokines), dan juga sel-sel lain dalam tubuh yang dapat berguna meningkatkan imunitas dalam tubuh. Hal ini mampu membantu proses penyembuhan terhadap terjadinya infeksi, dan bahkan penyembuhan untuk penyakit-penyakit kronis. Khasiat seperti ini juga di dapat dari :

2. Sebagai Suplemen Alami

Sekitar 62% spirulina terdiri dari asam amino, sehingga dalam spirulina terkandung banyak protein dan juga nutrisi lain. Oleh sebab itu manfaat spirulina bisa dijadikan sebagai suplemen alami bagi mereka yang tidak mendapatkan asupan kalori dan protein. Biasanya suplemen spirulina digunakan oleh para atlit dan olEh mereka yang sedang menjalani diet.

3. Mengatasi Anemia

Spirulina mampu menyetabilkan sel-sel darah merah, sel-sel darah putih serta hemoglobin. Spirulina juga dapat meningkatkan hematopoiesis atau pembentukan sel darah merah. Hal ini karena banyaknya manfaat zat besi yang terkandung dalam spirulina, sangat berguna untuk mengatasi anemia.

4. Mengatasi Alergi

Spirulina berfungsi melawan terjadinya suatu reaksi alergi. Hal ini karena manfaat spirulina dapat mencegah pelepasan histamin atau zat yang dapat menimbulkan alergi.

5. Mengatasi Liver

Spirulina mamapu mengobati perusakan yang terjadi pada liver dan sirosis (gagal lever) yang terjadi pada hepatitis kronis. Gangguan seperti ini, juga bisa diatasi dengan :

6. Sebagai Anti Kanker

Spirulina mampu membantu fungsi kardiovaskular dan keseimbangan kolesterol, meningkatkan fungsi detoksifikasi, memperbaiki pencernaan. Dan yang paling penting adalah meminimalisir terkena kanker dengan cara melindungi tubuh dari radikal bebas.

Top Untuk Kanker

  1. Manfaat keladi tikus
  2. Manfaat buah naga
  3. Manfaat paprika
  4. Manfaat mengkudu
  5. Manfaat kunyit putih
  6. Manfaat sari buah merah
  7. Manfaat bawang putih
  8. Manfaat air lemon
  9. Manfaat daun afrika
  10. Manfaat semut jepang

7. Mengurangi Efek Kemoterapi

Manfaat spirulina mampu meminimalisir efek dari kemoterapi. Dimana pasien yang menjalani kemoterapi biasanya mengalami mual dan muntah, tenggorokan kering, susah tidur, cemas, tidak nafsu makan, serta kepala pusing.

Jika kita ingin mendapatkan manfaat baik dari spirulina, maka kita harus mengkonsumsinya dengan baik pula. Konsumsi yang baik disini, maksudnya adalah pengolahannya untuk dijadikan suplemen. Lebih baik kita mengkonsumsi yang telah tersedia dalam bentuk suplemen pabrikan yang berkualitas dan lebih terjamin dalam proses pengolahannya. Secara tradisional, spirulina dapat dikonsumsi dalam bentuk jus, jika kita telah benar-benar memahami cara pembuatannya maka tak jadi masalah kita mengolahnya secara mandiri dan tradisional, bahkan itu terbilang lebih baik karena lebih alami. Namun, jika kita tidak cukup memahami dalam pengolahannya, maka tak ada salahnya juga jika kita meminta bantuan para herbalis yang telah profesional di bidangnya.

Mengenal Tanaman Spirulina

Adapun karakteristik tanaman spirulina sebagai berikut :

  • Spirulina memiliki bentuk spiral.
  • Spirulina adalah jenis cyanobacteria atau bakteri yang mengandung klorofil dan juga dapat menjadi sebagai organisme yang bisa melakukan proses fotosintesis guna membuat makanannya sendiri.
  • Mengandung fikosianin yang cukup tinggi, hal ini yang menyebabkan spirulina memiliki warna hijau kebiruan.
  • Spirulina dapat hidup dengan baik di semua jenis ekosistem, seperti di perairan, baik air tawar maupun air laut, danau, hingga media tanah.
  • Spirulina memiliki pH dengan kisaran 8,5 – 11.
  • Suhu terendah agar spirulina bertahan hidup adalah 15o C, dan akan tumbuh optimal pada suhu 35 – 40o

Jenis-jenis Spirulina

Spirulina memiliki jenis yang cukup banyak, tercatat jenis spirulina hingga mencapai lebih dari 58 jenis. Namun, hanya ada beberapa jenis spirulina yang digunakan sebagai makanan atu suplemen. Dan ada dua jenis spirulina yang sangat populer di pasaran, yaitu spirulina platensis dan spirulina maxima. Dari kedua jenis ini terdapat perbedaan dari segi ukuran dan bentuknya. Spirulina maxima memiliki ukuran yang lebih besar jika dibanding dengan spirulina platensis, namun spirulina platensis memiliki bentuk yang lebih spiral.