15 Manfaat Olahraga Capoeira bagi Tubuh, Kepribadian dan Sosial

manfaat olahraga capoeiraBaru-baru ini, olahraga capoeira mulai dikenal di Indonesia. Ya, capoeira adalah jenis olahraga latihan tubuh yang sangat kompleks. Capoeira merupakan salah bagian dari seni beladiri yang memakai berbagai jenis unsur yaitu beladiri, pemakaian musik dan lagu, tarian yang indah dan ekspresi. Hal ini membuatnya lebih dikenal sebagai permainan seni dan bukan beladiri. Gerakan-gerakan dalam capoeira tidak bertujuan untuk melawan musuh atau menjatuhkan musuh dengan kejam.

Namun keluar dari persepsi seni beladiri atau tidak, maka capoeira ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Berikut ini berbagai macam manfaat capoeira dalam membentuk kekuatan fisik, hubungan sosial dan pengembangan kepribadian.

Manfaat Olahraga Capoeira Mengoptimalkan Kekuatan Fisik

Capoeira adalah olahraga yang sangat baik untuk mempertahankan bentuk fisik tubuh. Secara umum capoeira akan membuat otot tubuh pada bagian perut, tubuh bagian atas dan bawah untuk bekerja secara terkoordinasi. Berikut ini adalah manfaat penting capoeira untuk membentuk kekuatan fisik tubuh.

  1. Kekuatan fisik bagian perut – Berbagai jenis gerakan dalam capoeira akan membentuk koordinasi penting saat melakukan tendangan dan gerakan pertahanan.
  2. Kestabilan tubuh bagian atas dan bagian bawah – Berbagai jenis gerakan untuk bertahan dengan tangan dan kaki membentuk otot trisep dan bisep bekerja dengan penuh tenaga. Hal ini membuat tangan dan kaki menjadi lebih seimbang.
  3. Pembentukan otot bagian bawah –  Ada beberapa jenis gerakan keseimbangan capoeira yang menuntut tubuh untuk menunduk dalam waktu lama. Hal ini membuat tumpuan tubuh berada pada bagian bawah tubuh. Semua gerakan dasar capoeira ini akan membentuk fisik yang kuat pada bagian bawah tubuh. Hal ini juga bisa dioptimalkan dengan manfaat lari pagi, untuk mengencangkan otot kaki.
  4. Mendorong sistem metabolisme dalam tubuh agar berjalan dengan cepat dan stabil – Berbagai jenis gerakan seperti tarian, dorongan, badan yang menggulung atau tampak seperti terbang ternyata bisa meningkatkan sistem kerja otot. Manfaat olahraga ini akan membuat sistem tubuh melakukan metabolisme dengan cepat sehingga pembakaran kalori dalam tubuh juga berjalan lancar.
  5. Meningkatkan mobilitas gerakan tubuh dan otot – Salah satu peran penting yang dibutuhkan oleh capoeira adalah gerakan tubuh. Bahkan selama tidak ada serangan maka capoeira selalu membuat orang bergerak. Latihan capoeira ternyata juga bisa membuat gerakan tubuh menjadi lebih fleksibel. Otot yang dipakai untuk bergerak secara terus menerus, juga meningkatkan daya gerak dan mobilitas sehingga tubuh menjadi lebih sehat.
  6. Memperkuat otot jantung – Jantung sehat bukan hanya dari mengkonsumsi manfaat sayur-sayuran saja namun didukung dengan olahraga. Capoeira menjadi olahraga yang menuntut kekuatan tubuh dan otot. Kelompok otot yang bekerja untuk berbagai jenis gerakan capoeira ternyata sangat berperan untuk membentuk otot kerja jantung yang lebih kuat. Berbagai jenis gerakan yang diulang secara terus menerus membutuhkan stamina yang tinggi. Gerakan-gerakan inilah yang membentuk kekuatan pada stabilitas otot pada organ jantung.
  7. Tubuh tetap bugar sepanjang waktu – Latihan capoeoira yang dilakukan secara terus menerus akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu berbagai peningkatkan kekuatan otot tubuh, jantung, dan sistem metabolisme bisa menjadi cara yang sangat tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.
  8. Koordinasi gerakan yang tepat dan indah – Semua gerakan dilakukan seperti tarian yang diiringi oleh musik. Perubahan setiap gerakan harus dilakukan sesuai dengan kemampuan tubuh. Hampir semua gerakan capoeira tidak terlihat seperti serangan untuk melukai musuh tapi, membentuk gerakan untuk melemahkan musuh dengan cara yang indah.

Manfaat Olahraga Capoeira untuk Pengembangan Kepribadian

Kepribadian adalah kunci utama dalam semua hal termasuk dalam menjalani kehidupan. Ada berbagai macam hal penting dalam kehidupan sosial dan itu termasuk pengembangan kepribadian. Banyak orang yang mengalami masalah kepribadian dan akibatnya selalu memiliki masalah yang kompleks dalam kehidupan.

Untuk mengatasi semua masalah ini, ternyata bisa dilakukan dengan mengikuti latihan capoeira secara rutin. Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga capoeira untuk mengembangkan sifat dan kepribadian :

  1. Mengembangkan sifat pribadi – Orang yang merasa tidak percaya diri cenderung memiliki kepribadian yang tertutup dan sulit untuk bergaul. Dalam capoeira dituntut untuk maju dan menunjukkan kemampuan. Tidak ada kritikan atau cemooh dalam capoeira dan ini membuat seseorang bisa merasa percaya diri dan berkembang dengan baik.
  2. Jiwa yang lebih kuat – Kekuatan yang diperoleh dengan capoeira memang tidak digunakan untuk melemahkan musuh. Namun kekuatan yang didapatkan secara rutin dari latihan capoeira bisa membuat sifat menjadi lebih kuat dan unik.
  3. Keunikan ekspresi – Bahkan keunikan ini harus ditunjukkan dengan ekpresi kepada semua orang. Orang yang sudah memiliki kemampuan capoeira biasanya akan menerapkan hal penting ini dalam kehidupan sehari-hari. Capoeira akan membuat seseorang merasa harus bergerak dengan seimbang, membaca pikiran dan tubuh tanpa emosi dan memiliki kemampuan untuk menahan kendali emosi.
  4. Menghindari Stress – Hal ini akan mendorong orang yang menyukai atau sering melakukan capoeira, lebih bisa menentukan emosi dan mengurangi tingkat stress.

Manfaat Capoeira Mempengaruhi Hubungan Sosial

Capoeira adalah olahraga yang tidak bisa dilakukan secara mandiri. Para pemain tergabung dalam satu kelompok tertentu sehingga kemampuan capoeira bisa terus meningkat. Capoeira membuat kita harus terus berhubungan hubungan dengan orang lain, mengembangkan kemampuan interaksi sosial.

Berikut ini adalah beberapa manfaat olahraga capoeira terhadap hubungan sosial :

  1. Sifat Kekeluargaan – Kelompok yang terbentuk dengan olahraga capoeira biasanya memiliki sifat kekeluargaan yang sangat tinggi. Jika memasuki kelompok kebiatan tertentu maka tidak ada istilah junior dan senior. Perbedaan antara pemain lama dan pemain baru adalah keunikan gaya capoeira setiap orang yang tidak sama. Tergabung dalam kelompok capoeira akan membuat jiwa sosial dan kemampuan adaptasi dengan berbagai sifat orang menjadi lebih baik.
  2. Mengenal budaya baru – Capoeira akan membuat kita bisa mengenal budaya baru yang sangat menyenangkan. Capoeira adalah olahraga yang berasal dari Brasil. Berbagai jenis istilah gerakan juga memakai istilah dari bahasa Brasil. Hal inilah yang akan membuat semua orang merasa memiliki kehidupan baru dan mempelajari kebudayaan baru dalam hubungan sosial dengan orang lain.
  3. Meningkatkan hubungan hingga ke seluruh dunia – Jika Anda masuk dalam satu kelompok capoeira maka akan ada interaksi sosial yang bersifat internasional. Anda bisa mengenal kelompok lain capoeira yang berasal dari negara lain. Dengan cara ini maka Anda bisa membentuk ikatan sosial dengan kebudayaan yang berbeda.

Berbagai jenis gerakan dalam capoeira menuntut gerakan tubuh yang stabil, indah dan menarik. Jika dilihat maka capoeira seperti mudah untuk dilakukan. Tapi semua jenis gerakan dalam capoeira membutuhkan latihan rutin. Jika Anda baru masuk sebagai anggota kelompok capoeira atau komunitas capoeira maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan tubuh dengan berbagai macam gerakan dasar capoeira. Capoeira merupakan gerakan olahraga yang menyenangkan dan membentuk tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat dan bugar.