15 Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan

senam aerobicSenam Aerobik sangat bermanfaat untuk menyehatkan tubuh manusia, terutama sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain tidak berat, senam ini juga termasuk santai dan tidak membutuhkan tenaga lebih sehingga dapat dilakukan oleh berbagai kalangan seperti wanita hamil, orang tua, dan anak anak.Lalu apa manfaat senam aerobik ini ?

Berikut adalah berbagai rincian manfaat yang anda dapatkan dari melakukan senam aerobik secara rutin.(Baca : Olahraga, Manfaat Olahraga)

  • Aerobik dapat meningkatkan stamina dan daya tahan. Pasti setiap manusia pernah mengalami letih dan lesu dalam menjalankan berbagai aktivitas bahkan cenderung mudah sakit. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan stamina untuk beraktivitas dan meningkatkan daya tahan tubuh.(Baca : Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Pria dan WanitaManfaat Olahraga untuk Psikis)
  • Meningkatkan fungsi jantung. Nah dalam hal ini aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup ampuh. Aerobik dapat meningkatkan denyut dan menstabilkan irama jantung sehingga akan lebih sehat.
  • Mengurangi Berat Badan. Tentu setiap olahraga memiliki peran dalam menurunkan berat badan manusia, salah satunya adalah aerobik yang terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan secara bertahap.( Baca : Manfaat Aerobik Untuk Menurunkan Berat Badan )
  • Mengurangi berbagai penyakit / mencegah penyakit. Nah yang satu ini penting untuk anda ketahui, aerobik dapat membantu mencegah berbagai penyakit berbahaya sebut saja stroke, jantung, kolesterol, dan berbagai kemungkinan lain bahkan penyakit kanker.
  • Ingin umur panjang ? Aerobik Solusinya. Penelitian yang dilakukan di Universitas Harvard, yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine pada tahun 1986, mengungkapkan bahwa untuk pertama kalinya ada hubungan ilmiah antara olahraga dan umur panjang. Aerobik merupakan salah satu olahraga yang dapat membuat tubuh anda sehat dan memiliki umur panjang.
  • Meningkatkan Kesehatan Otot. Otot manusia membutuhkan oksigen untuk membantu agar terhindar dari asam laktat atau limbah lainnya. Aerobik akan mendorong pembuluh darah untuk menyediakan cukup oksigen dalam otot dan menjauhkannya dari berbagai limbah. Selain itu, dengan aerobik juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh penderita nyeri otot kronis dan sakit punggung.
  • Meningkatkan mood dan mengurangi stres. Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat mengaktifkan endorfin yang dapat memberikan rasa tenang dan sejahtera. Selain itu dengan melakukan aerobik anda juga dapat mengurangi stres yang ditimbulkan oleh berbagai aktivitas serta kesibukan anda.(Baca:Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Otak)
  • Membersihkan arteri. Latihan aerobik dapat meningkatkan HDL (kolesterol baik) sekaligus dapat menurunkan low-density lipoprotein (LDL), kolesterol jahat dalam darah. LDL dapat mengakibatkan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung.
  • Memperkuat napas/stamina, jika anda sering merasa lelah ketika baru beraktivitas sebentar saja, itu artinya napas anda tidak kuat yang dapat disebabkan oleh lemak dan gangguan aliran oksigen dalam darah. Aerobik rutin dapat membantu mengembalikan fungsi napas agar anda lebih powerful dan kuat beraktivitas.
  • Mengurangi tekanan darah tinggi. Aerobik juga dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi secara signifikan dengan membantu melancarkan peredaran darah dan oksigen dalam tubuh.
  • Mencegah diabetes, sudah rahasia umum olahraga seperti aerobik merupakan cara ampuh untuk mencegah diabetes.(Baca:Manfaat Olahraga Untuk Penderita Diabetes)
  • Mengatasi insomnia, insomnia merupakan penyakit sulit tidur yang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Terlepas dari penyebabnya, ternyata aerobik juga dapat membantu anda mengatasi sulit tidur dan membuat anda lebih nyenyak untuk tidur.(Baca :Manfaat Olahraga ATV)
  • Aerobik memperkuat tulang dan sendi. Ini adalah manfaat yang sangat penting bagi perempuan karena tulang yang kuat dan sendi mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk terkena penyakit osteoporosis.
  • Awet muda. Rajin beraerobik merupakan salah satu rahasia untuk membuat anda awet muda, pembakaran kalori,lemak, dan pembuangan keringat akan membantu meningkatkan elastisitas otot dan kulit sehingga tampak lebih cerah dan bersinar.(Baca : Manfaat Olahraga Untuk Awet Muda)
  • Untuk ibu hamil, aerobik dapat membantu persalinan normal dengan meningkatkan elastisitas otot.

Baca juga :


Tips Memulai Senam Aerobik

Jika anda sudah memahami beragam manfaat senam aerobik untuk kesehatan dan tubuh serta untuk ibu hamil, ada beberapa tips yang harus diperhatikan sebelum anda memulai senam aerobik.(Baca :Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Pada Olahraga)

Konsultasi ke Dokter

Untuk anda penderita diabetes, ibu hamil, penyakit kronis seperti jantung dan stroke, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk menentukan pola dan jadwal senam aerobik yang baik untuk kesehatan dan memulihkan kesehatan anda. Jangan melakukan senam aerobik jika anda mengalami berbagai masalah dan keluhan di atas.

Senam Aerobik Yang baik

  1. Lakukan 3-5 kali dalam satu minggu
  2. Durasi 20-40 menit sesuai dengan tingkat kemampuan tubuh anda.
  3. Luangkan waktu 5-10 menit untuk pemanasan sebelum senam, 5-10 menit untuk peregangan setelah latihan.
  4. Jangan konsumsi minuman energi dan manis sebelum dan sesudah aerobik.

Untuk mendapatkan manfaat aerobik yang maksimal sebaiknya anda lakukan secara rutin, jika memungkinkan dilakukan bersama seorang instruktur yang sudah berpengalaman.

, ,
Oleh :
Kategori : Olahraga