51 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Baik buah naga merah ataupun buah naga putih sama-sama memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Manfaat dan kandungan buah naga sangat baik untuk berbagai macam hal dan pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Ada sekitar 10 manfaat buah naga ini yang akan kita pelajari lebih lanjut, manfaat buah ini sangat banyak jika dikonsumsi secara rutin maka akan membawa efek positif bagi tubuh.

Sebelum membahas manfaat buah naga ini, ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi buah naga, gizi yang terdapat pada buah naga sangat luar biasa dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan gizi dalam tubuh kita.

Setidaknya dalam sebutir buah naga terdapat lebih dari 20 gizi penting yang di butuhkan oleh tubuh

GiziJumlah/100 gram% AKG harianketerangan
Air87 gNASangat kaya akan air
Protein1.1 g2.1 %-
Lemak0.4 g-Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat11.0 g3.4 %-
Serat0.04 mg12 %Sumber serat yang cukup tinggi
Vitamin B1 (Thiamine)0.04 g 2.7 %-
Vitamin B2 (Riboflavin)0.05 mg2.9 %-
Vitamin B3 (Niacin)0.16 mg0.8 %-
Vitamin C (Ascorbic Acid)20.5 mgNASangat kaya akan air
Kalsium (Ca) 8.5 mg0.9 %Mengandung 3x lebih banyak dari wortel
Besi (Fe)0.16 mg0.8 %-

Manfaat Buah Naga

  1. Buah naga rendah kalori, sebanding dengan buah kiwi, mengandung sekitar 50 kalori per 100 g. Meskipun demikian, ia menyimpan banyak antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.
  2. Biji naga hitam yang renyah mengandung senyawa phytochemical antioksidan fitokimia. Phytoalbumin berpikir untuk memperbaiki nafsu makan, bekerja sebagai pencahar, dan bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.
  3. Buah ini merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik; menyediakan sekitar 8-9 mg per 100 g atau sekitar 12-15% dari DRI (asupan yang direkomendasikan setiap hari). Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan ketahanan untuk melawan agen infeksius dan mengais radikal bebas berbahaya.
  4. Tipe daging merah buah mengandung kadar vitamin-A yang sangat sehat, dan karoten. Bersama; Senyawa ini telah diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Vitamin-A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Konsumsi buah alami yang kaya akan karoten diketahui dapat melindungi dari kanker rongga mulut dan rongga mulut.
  5. Buah naga juga mengandung mineral dalam jumlah baik seperti fosfor, mangan, besi, dan magnesium. Mangan yang digunakan oleh tubuh manusia sebagai co-factor untuk antioksidan kuat enzim, superoksida dismutase. Magnesium adalah mineral penguat tulang yang penting seperti kalsium.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, mulai dari manfaat yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara luas. Berikut adalah beberapa manfaat buah ini untuk tubuh kita.


1. Menurunkan Berat Badan & Diet

Bagi anda yang telah mencoba berbagai hal dalam menurunkan berat badan sebaiknya mulai menyetok buah naga di dalam kulkas anda. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat rendah kalori yang tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar.

Manfaat buah/makanan untuk diet ? Coba ini


2. Sumber Besar Antioksidan & Bagus Untuk Detoks

Manfaat Antioksidan adalah untuk mengurangi radikal bebas yang ada di tubuh kita, dengan konsumsi buah ini setidaknya akan membantu proses detoksifikasi (pengeluaran racun dari tubuh melalui hati). Lalu bagaimana mendapatkan sumber antioksidan tersebut? jawaban terbesarnya adalah buah naga.

Baca Juga : Penting sebagai sumber antioksidan

3. Mencegah Kanker

buah naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

Penting untuk kanker ?

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga yang paling penting adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan antioksidan yang sangat besar dalam buah ini tentu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penting untuk sistem kekebalan tubuh :

5. Mencegah diabetes melitus

Buah naga juga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.

Penting untuk diabetes

6. Meningkatkan nafsu makan

Buah Naga juga dapat meningkatkan nafsu makan karena dalam buah ini mengandung vitamin B2 dan B1 yang dipercaya dapat menambah nafsu makan terutama bagi anak anak.

7. Menunda penuaan dini

Jika anda sering menghirup udara yang terpolusi maka anda terpotensi terkena penuaan dini yang sangat cepat dari biasanya. Anti oksidan yang ada di buah naga dapat membantu untuk mencegah penuaan dini ini.

8. Batuk dan Asma

Gangguan pernapasan seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Meskipun buah ini bukan pengganti pengobatan, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan.

Buah naga juga memiliki jumlah vitamin C yang sangat tinggi yang membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih kuat sehingga Anda dapat melawan infeksi lebih mudah.

9. Tekanan darah tinggi & Serangan Jantung

Ada dua faktor utama yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular (penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah) :

  • Stress
  • Penyumbatan arteri

Mengingat bahwa buah naga pada dasarnya “membersihkan” bagian tubuh manusia maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya.

Selain itu, makanan ini juga dikenal untuk membantu mengurangi tingkat stres oksidatif yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit kardiovaskular.

10. Baik Untuk Tulang dan Darah

Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah kecil memenuhi 1 persen dari nilai harian. Buah naga merupakan sumber yang lebih baik dari besi dengan memenuhi 8 persen dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Isi buah naga ini sangat tinggi vitamin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.


Manfaat Lain Buah Naga Bagi Kesehatan

1. Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat besar. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dll yang sangat dibutuhkanoleh tubuh dalam proses perkembangan janin. Selain harganya yang cukup terjangkau, khasiat buah naga ini sangat penting untuk kesehatan janin anda. Mengkonsumsi buahnaga secara rutin merupakan langkah awal untuk pertumbuhan dan kesehatan janin anda.Sebenarnya masih banyak manfaat buah naga yang belum bisa saya tampilkan disini, halini karena buah naga dikenaldengan buah seribu manfaat. Beberapa manfaat tersebuttentu saja diperoleh dari konsumsi secara rutin. Cara mudah untuk mengkonsumsi buahnaga adalah dengan membuah jus buah naga. Jus buah naga akan mudah dicerna apalagi untuk ibu hamil.

2. Untuk Mendeteksi Kandungan Boraks dan Formalin

Beberapa kasus penggunaan boraks dan fomralin pada makanan sempat membuat cemas masyarakat. Bahan yang cukup berbahaya ini dicampurkan untuk bahan pengawet agar penjual tidak merugi jika dagangannya tidak habis terjual. Jika and ingin melakukan uji coba mendeteksi formalin pada tahu misalnya, anda dapat
menggunakan ekstrak dari buah naga dan air untuk merendam tahu yang dicurigai mengandung formalin. Setelah anda mendiamkan setidaknya 15 menit anda bisa memasukkan kertas tisu pada rendaman tersebut, warna tisu akan meniadi merah.
3. Menjaga Kesehatan Giggi
Bila anda memiliki permasalahan gigi, disarankan untuk mengkonsumsi buah naga. Cara termudah agar anda dapat mengkoasumsi buah naga adalah dengan cara membuat jus. Jus buah naga memiliki manfaat yang cukup besar karena kandungan kalsium dan fosfornya cukup tinggi.
4. Melancarkan Pencernaan
Khasiat buah naga yang paling dahsyat adalah membantu anda apabila sedang mengalami masalah pencernaan. Vitamin B1 dan serat larut pada buah naga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa membuat jus buah naga agar muda  dicerna dan membantu melarutkan penyumbatan diusus.
5. Menjaga Kesehatan Mata
Khasita buah naga diperoleh dari kandungan betakaroten yang berfungsi untuk kesehatan mata. Anda bisa mengkonbinasikannya dengan wortel jika anda mulai bosan dengan menu yang itu-itu saja. Bila sebelumnya anda hanya mengkonsumsi jus wortel yang rasanya agak aneh, sekarang anda bisa menggantikannya dengan jus buah naga yang notaben lebih sedap dari jus wortel. Biasakan rutin untuk mengkonsumsi buah naga agar mata anda lebih sehat dan jernih.

Manfaat Buah Naga Untuk Konsumsi Sehari Hari

Buah naga sangat bermanfaat jika dikonsumsi sehari hari, buah ini memiliki kandungan air dan vitamin serta serat yang sangat tinggi. Selain itu, manfaat buah naga lainnya secara tidak langsung yang penting adalah untuk menurunkan kadar kolestrol, memperkuat tulang dan gigi, merawat kesehatan mata, dan merawat kesehatan jantung. Berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk dikonsumsi sehari hari

11. Memperkuat tulang dan gigi
12. Baik untuk membersihkan usus
13. Mencegah peradangan
14. Menjaga ion tubuh
15. Buah untuk meningkatkan stamina
16. Agar tidak mudah kram
17. Mencegah kelumpuhan otot
18. Baik untuk menjaga kelembaban kulit
19. Baik untuk manula
20. Menjaga kesehatan syaraf
21. Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri
22. dapat digunakan untuk perwarna alami (buah naga merah)
23. dapat digunakan untuk membasmi jerawat
24. Mencegah kerapuhan tulang
25. Baik untuk pencernaan bayi di atas 1 tahun
26. Menjaga kelancaran sistem peradaran darah
27. Baik untuk meningkatkan ASI
28. Baik untuk mengobati panas dalam
29. Baik untuk mengobati sariawan
30. Sangat ampuh untuk mengatasi tengorokan kering
31. Dapat menjaga kulit wajah agar tetap kencang

Mengingat manfaat kesehatan sangat banyak sekali, jangan pernah ragu untuk mengkonsumsi buah naga agar kesehatan anda selalu terjaga sepanjang hari. Buah ini juga dapat membantu sistem pencernaan tubuh manusia. Buah naga juga memiliki khasiat dalam mencegah lebih dari 10 penyakit berbahaya seperti kanker dan 5 penyakit usus yang dapat mematikan.

Efek samping buah naga

Sampai saat ini masih belum ditemukan efek samping konsumsi buah naga, buah ini dapat dikonsumsi oleh wanita hamil, menyusui, penderita diabetes, penyakit jantung, hingga penderita asma. Namun perlu diketahui bahwa satu satu nya efek yang akan anda terima adalah air seni dan feses yang agak berubah kemerah-merahan.

Bayi berumur 1 tahun juga telah dapat diberikan konsumsi buah naga.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan