15 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Labu siam adalah sejenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Di wilayah Jawa, labu siam lebih dikenal dengan sebutan jipang, sedangkan di dunia labu siam disebut dengan nama chayote. Labu siam sendiri bukan merupakan tanaman asli Indonesia. Seperti namanya, labu siam berasal dari wilayah Siam yang berada di Negara tetangga kita yakni Thailand.

labu siamLabu siam memiliki bentuk seperti buah pear, namun memiliki warna hijau. Beberapa penelitian menemukan jika labu siam merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas North Florida, Amerika, menemukan bahwa labu siam mengandung banyak vitamin. Labu siam juga merupakan sayuran yang sangat rendah akan kalori, tinggi serat, dan kaya akan mineral. Lalu, apa saja manfaat yang dapat diberikan labu siam?

Kandungan Gizi Labu Siam

Labu siam adalah sayuran yang masuk dalam keluarga Cucurbitaceae dan masih satu keluarga dengan mentimun, dan labu kuning. Nama ilmiah untuk labu siam adalah Sechium Edule. Sedangkan untuk kandungan gizi yang terdapat di dalam labu siam adalah sebagai berikut:

Labu Siam (Sechium edule) dalam keadaan mentah,
di dalam setiap 100 gram, mengandung:
Kandungan Nilai Gizi Presentase berdasarkan Saran Penyajian
Energi 19 Kcal <1%
Karbohidrat 4.51 g 3.5%
Protein 0.82 g 1.5%
Total Lemak 0.13 g <1%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 1.7 g 4.5%
Vitamin
Folat 93 µg 23%
Niacin 0.470 mg 3%
Asam Pantothenic 0.249 mg 5%
Pyridoxine 0.076 mg 6%
Riboflavin 0.029 mg 2%
Thiamin 0.025 mg 2%
Vitamin A 0 IU 0%
Vitamin C 7.7 mg 13%
Vitamin E 0.12 mg <1%
Vitamin K 4.1 µg 4%
Elektrolit
Sodium 2 mg <1%
Potassium 125 mg 2.5%
Mineral
Kalcium 17 mg 1.7%
Zat Besi 0.34 mg 4%
Magnesium 12 mg 3%
Zat Mangan 0.189 mg 8%
Fosfor 18 mg 2.5%
Selenium 0.2 µg <1%
Zinc 0.74 mg 7%

 

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Manfaat labu siam bagi kesehatan cukup banyak sekali untuk mencegah penyakit hingga membantu pola diet. Pohon labu siam ini jenisnya adalah tanaman merambat yang memiliki sulur – sulur dimana nantinya akan menjadi tempat tumbuhnya buah labu siam. Labu siam dapat tumbuh pada tanah yang lembab namun tidak becek dan tidak mengandung air. Labu siam dapat dipanen setelah 30 dari masa tanamnya, cukup cepat memang. Berikut ini beberapa manfaat kesehatan yang bisa anda dapat dengan mengkonsumsi labu siam:

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Labu siam seperti labu – labu lainnya, merupakan sayurang yang mengandung kalori yang sangat rendah. Labu siam hanya mengandung 16 kalori saja di dalam setiap 100 gramnya. Selain itu, seperti dapat dilihat dalam table kandungan nutrisi di atas, labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol sama sekali. Labu siam juga mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga, dari faktor – faktor inilah yang membuat labu siam menjadi bahan makanan yang recommended bagi mereka yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Baik untuk menurunkan berat badan:

  1. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Labu siam merupakan sayuran yang juga memiliki kandungan B complex yaitu Folat yang cukup baik. Kandungan folatnya yakni 93µg dalam 100 gram labu siam atau setara dengan 23% dari kebutuhan folat yang dianjurkan. Folat sendiri sangat dibutuhkan pada proses pembelahan sel, sehingga pada ibu hamil folat membantu pertumbuhan sang janin dan menghindarkan bayi dari cacat syaraf.

Mencegah bayi lahir cacat :

  1. Membantu Menurunkan Kolesterol

Dalam tabel kandungan gizi, labu siam tidak memiliki kandungan lemak jenuh, bahkan untuk kandungan kalorinya saja hanya dalam jumlah sedikit. Berdasarkan faktor tersebut, labu siam dapat digunakan untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi. Dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi.

Baik untuk menurunkan kolesterol:

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Di dalam labu siam, terdapat kandungan antioksidan yakni apigenin dan juga luteolin. Dua jenis antioksidan ini bermanfaat untuk melawan dan membersihkan radikal bebas penyebab kanker yang ada di dalam tubuh kita.

Baik untuk mencegah kanker :

  1. Sebagai Sumber Stamina

Labu siam juga dikenal mengandung potassium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina tubuh kita. Kandungan potassium di dalam labu siam ini sebanyak 125 mg per 100 gram.

Baik untuk stamina:

  1. Mencegah Penuaan Dini

Labu siam merupakan sayuran dengan kandungan flavonoid yang cukup baik. Flavonoid di dalam labu siam dapat membantu tubuh untuk melawan zat – zat berbahaya seperti Reactive Oxygen Species (ROS) yakni zat yang merupakan turunan dari oksigen namun bersifat reaktif sehingga bisa membahayakan bagi tubuh, dan radikal – radikal bebas penyebab penuaan dini dan penyakit berbahaya lainnya.

Baik untuk mencegah penuaan dini :

  1. Sebagai Sumber Antioksidan

Labu siam mengandung sekitar 7,7 mg vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan salah satu anti oksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel maupun untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi 100 gram labu siam, anda akan memenuhi sekitar 13 persen dari total kebutuhan vitamin C tubuh yang dianjurkan setiap harinya.

Sumber antioksidan:

  1. Mengobati Batu Ginjal

Labu siam, khususnya daunnya dapat digunakan dalam pengobatan batu ginjal. Hal ini seperti diungkap dalam hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas North Florida. Selain itu, daun labu siam juga berguna untuk menurunkan darah tinggi.

Baik untuk batu ginjal:

  1. Mencegah Sembelit

Dengan menambahkan labu siam ke dalam menu makanan, ini berarti kita juga menambahkan asupan serat yang diperlukan tubuh kita. Serat tersebut akan memebantu melancarkan proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya sembelit.

baik untuk mencegah sembelit:

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi labu siam dipercaya bisa untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Purdue. Dalam penelitian tersebut, labu siam digunakan sebagai teh atau dikonsumsi dalam bentuk minuman, dan hasilnya ternyata terbukti menurunkan tekanan darah.

Baik untuk mencegah hipertensi:

  1. Mengobati Kembung

Labu siam juga bermanfaat untuk mengobati gangguan pada perut. Jika anda mengalami kembung misalnya, minumlah teh yang dicampur dengan irisan daging labu siam. Ini karena labu siam ternyata mengandung unsur – unsur yang termasuk dalam zat diuretik yang salah satu kegunaannya yaitu untuk mengobati perut kembung.

Mencegah kembung:

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Labu siam mengandung banyak vitamin esensial yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah vitamin C yang cukup banyak di dalam labu siam. Sebagai anti oksidan, vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas seperti salah satunya adalah penyakit jantung.

Mencegah penyakit jantung :

  1. Sebagai Sumber Berbagai Mineral

Berbagai mineral seperti potassium, zat besi, fosfor dan mineral lainnya dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem kekebalan, menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi, mempertahankan kesehatan metabolisme. Dan, berbagai mineral tersebut ternyata juga terdapat didalam labu siam.

  1. Mencegah Anemia

Kekurangan vitamin B2 dan zat besi bisa menyebabkan seseorang mengalami kekurangan darah merah atau anemia. Labu siam mengandung dua unsur tersebut yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

Mencegah anemia :

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Stroke

Menurut penelitian, jumlah homocysteine yang berlebihan di dalam darah akan meningkatkan resiko terkena penyakit stroke hingga penyakit jantung. Labu siam dapat menjadi sumber folat yang baik bagi tubuh dan membantu menstabilkan homocysteine di dalam darah.

Mencegah stroke:

Saran Penyajian Labu Siam

Di luar negeri, labu siam biasanya digunakan sebagai campuran minuman the atau salad. Namun tak jarang, di Indonesia sendiri labu siam dijadikan berbagai masakan yang sangat menggugah selera, dari mulai sebagai bahan campuran untuk membuat sayur asam hingga oseng – oseng atau bahkan masakan yang lainnya. Jika anda ingin memasak labu siam, inilah salah satu rekomendasi resep yang bisa anda praktekan di rumah dengan mudah:

  1. Siapkan satu buah labu siam. Lalu, cuci labu siam dan kupas.
  2. Potong labu siam dengan bentuk memanjang, kecil – kecil seukuran dengan korek api. Lalu tiriskan.
  3. Siapkan udang 150 gram. Cuci bersih udang, lalu bersihkan pula cangkang udang. Dapat dipotong atau disesuaikan dengan selera.
  4. Untuk bumbunya, siapkan cabai merah untuk perasa pedas dan jumlahnya dapat disesuaikan dengan selera anda. Siapkan juga bawang putih dan bawang merah dua suing untuk masing – masing. Bahan lainnya untuk bumbu yaitu kemiri, salam, kunyit, lengkuas, gula serta garam. Lalu, haluskan semua bumbu yang sudah disiapkan tadi.
  5. Cara memasaknya yakni dengan menumis bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Setelah bumbu mengeluarkan aroma harum, masukan labu siam yang sudah dipotong – potong dan udang.
  6. Langkah terakhir, masukan santan cair kedalam tumisan bumbu, udang dan labu siam. Tunggu hingga mendidih dan labu serta udang sudah matang.
  7. Menyajikan sayur labu siam dapat ditemani dengan lontong.

Anda juga bisa memanfaatkan labu siam untuk mendapatkan manfaat kesehatannya dengan membuat jus labu siam. Meminum jus labu siam setidaknya dua kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Efek Samping Labu Siam

Pada dasarnya, mengkonsumsi labu siam dalam takaran yang wajar tidak akan menyebabkan efek samping apapun pada kesehatan. Namun, ada satu hal yang harus anda perhatikan saat anda mengupas labu siam. Pada labu siam, jika kulitnya di kupas akan mengeluarkan getah yang berwarna bening yang dapat menyebabkan rasa gatal dan tangan atau jari yang memegang labu siam yang sudah di kupas bahkan bisa mengalami mati rasa. Hal tersebut terjadi karena di dalam getah labu siam tersebut mengandung sejenis zat yang bersifat anestesi.

Efek yang dirasakan saat mengupas atau memegang labu siam tersebut hanyalah sementara, jadi anda tidak perlu khawatir. Cuci tangan hingga bersih untuk meredakan efek tersebut. Sebagai tambahan informasi, ternyata labu siam bisa menyebabkan efek samping jika terjadi interaksi dengan obat – obatan tertentu seperti aspirin dan obat – obatan yang digunakan dalam pengobatan penyakit kardiovaskular. Manfaat labu siam dapat anda gunakan sebagai sayuran untuk konsumsi sehari hari.

,
Oleh :
Kategori : Sayuran