65 Manfaat Paprika Bagi Kesehatan (#1 Untuk Tangkal Kanker)

Manfaat paprika yang paling fenomenal adalah perannya dalam mencegah dan membasmi kanker yang sangat berbahaya. Paprika untuk di Indonesia sendiri jarang digunakan sebagai olahan masakan. Padahal paprika termasuk sayuran yang mudah tumbuh di segala musim termasuk musim yang ada di Indonesia. Namun memang budidaya sayuran paprika tidak sebanyak sayuran lain di Indonesia. Paprika adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat. Ciri dari paprika adalah dari rasanya yang sedikit memberikan sensasi pedas. Paprika terdiri dari beberapa macam warna.

paprikaAnda tentu sering melihat warna paprika merah dan juga paprika hijau. Namun ternyata ada warna lain dari paprika yaitu, paprika orange dan juga paprika kuning. Perlu orang-orang yang pintar memasak paprika agar sayuran tersebut menjadi masakan yang lezat untuk disantap. Sebab jika dikonsumsi dalam bentuk mentah, maka lidah jelas akan langsung menolaknya. Rasa yang kurang enak sebuah sayuran ketika belum diolah memang wajar untuk tidak dikonsumsi. Sehingga perlu mengolah paprika menjadi masakan lezat dan cocok untuk lidah semua orang.

Mengenal Kandungan Sayuran Paprika

  1. Kandungan antioksidan dalam paprika terbilang mencukupi untuk menangkal radikal bebas. Carotenoid ditemukan dalam sayuran paprika yang berpotensi sebagai antioksidan.
  2. Vitamin larut air juga terdapat dalam sayuran paprika. Terdiri dari vitamin C dan vitamin B 6.
  3. Vitamin larut minyak atau lemak juga tidak kalah ada dalam sayuran paprika. Terdiri dari vitamin A, vitamin E, dan vitamin K.
  4. Tidak ketinggalan kandungan asam folat terdapat dalam sayuran berwarna cerah ini.

Manfaat Kandungan Nutrisi Paprika per 7 g Bagi Kebutuhan Tubuh

Informasi Kalori

  • Kalori 19.5 (81.6 kj) 1%
  • dari karbohidrat 8.8 (36.8 kj)
  • dari lemak 7.3 (30.6 kj)
  • dari protein 3.3 (13.8 kj)

NOTE : KJ (Kilo Joule)

Protein 1.0 g (2%)

Karbohidrat

  • Total Karbohidrat 3.8 g (1%)
  • Serat makanan 2.5 g 10%
  • Gula 0,7 g
  • Sukrosa 54.7 mg
  • Glukosa 178 mg
  • Fruktosa 453 mg
  • Glaktosa 12.8 mg

     

Vitamin

  • Vitamin A 3560 IU (71%)
  • Aktivitas Retinol Setara 178 mcg
  • Beta karoten 1868 mcg
  • Beta Cryptoxanthin 535 mcg
  • Lutein + Zeaxanthin 888 mcg
  • Vitamin C 4.8 mg (8%)
  • Vitamin E (Alpha Tocopherol) 2.0 mg (10%)
  • Tokoarium gamma 0,2 mg
  • Vitamin K 5.4 mcg (7%)
  • Thiamin 0.0 mg (3%)
  • Riboflavin 0,1 mg (7%)
  • Niasin 1.0 mg (5%)
  • Vitamin B6 0,3 mg (14%)
  • Folat 7.2 mcg (2%)
  • Makanan Folat 7.2 mcg
  • Aset Folat Setara 7.2 mcg
  • Asam pantotenat 0,1 mg (1%)
  • Kolin 3.5 mg
  • Betaine 0.5 mg

Mineral

  • Kalsium 11.9 mg (1%)
  • Besi 1.6 mg (9%)
  • Magnesium 12.5 mg (3%)
  • Fosfor 23.3 mg (2%)
  • Kalium 158 mg (5%)
  • Sodium 2.3 mg (0%)
  • Seng 0,3 mg (2%)
  • Tembaga 0.0 mg (2%)
  • Mangan 0,1 mg (3%)
  • Selenium 0,3 mcg (0%)

Manfaat Paprika Menangkal Penyakit Berbahaya

Manfaat paprika paling utama dalam menangkal penyakit berbahaya diantaranya kanker dan jantung. Paprika memang memiliki ukuran yang kecil namun memiliki manfaat yang luar biasa dalam menangkal penyakit berbahaya.

  1. Menangkal Penyakit Kanker

Mengkonsumsi paprika maka sama saja dengan anda menghindari penyakit kanker. Di dalam paprika mengandung senyawa anti kanker yang berperan aktif di dalam tubuh Anda. Beberapa penyakit yang dapat ditangkal ketika Anda mengkonsumsi paprika antara lain adalah kanker lambung, kanker prostat, kanker rahim, kanker kerongkongan, kanker pankreas. Manfaat dari sulfur, carotenoid, serta enzim dalam paprika yang memiliki manfaat sebagai anti kanker.

  1. Menangkal Penyakit Jantung

Paprika ternyata memiliki manfaat yang ampuh untuk menangkal penyakit jantung yang sering kambuh. Jika Anda termasuk orang yang mudah mengalami tekanan darah tinggi dan gangguan pada jantung, konsumsi paprika. Peran dari gabungan sumber gizi mikro dalam paprika yang membuat seseorang tadinya mengalami masalah jantung dapat segera disembuhkan secara berangsur-angsur.

  1. Menangkal Penyakit Katarak

Semakin bertambah usia seseorang maka akan semakin banyak mengalami gangguan penyakit. Terutama penyakit katarak yang umum diderita oleh orangtua saat ini. Dengan Anda mau mengkonsumsi paprika maka tidak perlu takut penyakit katarak akan menyerang Anda diwaktu usia sudah semakin bertambah. Enzim Lutein paprika akan berperan mencegah atau menangkal penyakit katarak datang menyerang.

Manfaat Paprika Bagi Kesehatan

Anda tentu penasaran apakah hanya itu saja manfaat dari mengkonsumsi paprika, tentu saja tidak, manfaat paprika bagi kesehatan masih cukup banyak yang tentu mengejutkan kita. Berikut adalah 2 manfaat paprika bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Menjaga Sistem Imun Tubuh. 

Dalam hal ini fokus pada kesehatan karena paprika dapat menjaga sistem imun tubuh agar tetap stabil.

2. Menjaga Metabolisme Tubuh.

Kemudian sistem metabolisme tubuh akan berjalan lancar tanpa hambatan dikarenakan antioksidan paprika dapat seolah-olah menjadi pengawas setiap perjalanan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh Anda. Kandungan antioksidan pada paprika juga memiliki manfaat yang berkhasiat dalam menjaga kesehatan tubuh Anda agar selalu terjaga. Terbebas dari segala macam gangguan yang mungkin akan menyerang di saat yang tidak terduga.

Itulah beberapa manfaat paprika yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia, namun banyak yang tidak menyukainya, bahkan terkadang sangat jarang di konsumsi atau dicampurkan dalam sayuran. Namun apa pun itu, paprika adalah jenis sayuran super yang sangat penting bagi tubuh.

Manfaat Lain Paprika

Paprika tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh Anda namun juga memperbaiki penampilan kulit Anda. Susunan kaya akan vitamin dan antioksidan yang menguntungkan bagi kesehatan bermanfaat bagi kulit Anda dengan cara berikut:

1. Ringankan Kompleksi:

Paprika dikemas dengan vitamin, zat besi, dan beta karoten, yang mencegah terjadinya bintik-bintik dan bintik-bintik penuaan. Mereka memperbaiki kulit Anda dengan membatasi produksi melanin, yang bertanggung jawab untuk membuat kulit Anda lebih gelap.

2. Anti Penuaan:

Seperti telah disebutkan, paprika kaya akan beta karoten, yang bisa diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Ini mencegah terjadinya keriput dan mempromosikan kulit yang cerah.

3. Membuat Kulit Glowing

Anda bisa menyiapkan masker wajah dengan menggabungkan satu sendok makan paprika dengan dua sendok makan madu. Terapkan seluruh wajah Anda di lapisan tipis dan biarkan selama 20 menit. Ini bahkan akan menghilangkan warna kulit Anda dan juga mengurangi garis-garis halus, keriput, bintik-bintik penuaan, kulit kendur, dan kusam. Hal ini juga dapat mengobati noda dan komedo, membuat kulit Anda lembut dan bersinar. Namun, disarankan untuk melakukan tes tempel sebelum menggunakannya secara topikal untuk memastikan bahwa Anda tidak mengalami reaksi alergi.

4. Pengobatan Masalah Kulit:

Sifat antibakteri yang luar biasa dari paprika membuatnya efektif untuk pengobatan masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri. Jerawat adalah salah satu masalah. Termasuk paprika dalam makanan Anda dapat membantu mencegah terjadinya jerawat.

5. Perawatan Pembulu Darah:

Paprika telah ditemukan berguna dalam pencegahan dan perawatan spider veins karena memiliki sifat tertentu yang memperkuat pembuluh darah dan darah di dalam tubuh. Jika Anda memiliki spider veins di kaki Anda, Anda bisa menggunakan rempah ini secara teratur dalam makanan Anda untuk mengurangi vena ini dan mencegah pembentukan yang baru.

Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Rambut

6. Mencegah Rambut Rontok:

Paprika adalah sumber vitamin B6 yang kaya, yang membantu mencegah kerontokan rambut. Paprika juga mengandung sejumlah zat besi, yang memudahkan pengalihan oksigen ke folikel rambut. Ini merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala.

7. Menjaga Warna Rambut:

Vitamin B6 dalam paprika terlibat dalam produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada rambut Anda. Sebenarnya, bubuk paprika manis bisa ditambahkan ke henna untuk memberi warna kemerahan pada rambut sambil mewarnainya. Namun, sebelum menggunakannya di kulit kepala Anda, disarankan untuk melakukan tes tempel di bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk menghindari reaksi alergi.

Manfaat Paprika Untuk Kesehatan Tubuh

8. Sifat anti-inflamasi:

Paprika memiliki sifat anti-inflamasi yang hebat dan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang menderita penyakit autoimun dan inflamasi. Hal ini membantu dalam meredakan pembengkakan yang disebabkan oleh arthritis serta rasa sakit dan nyeri lainnya di tubuh.

9. Menurunkan Tekanan Darah:

Kualitas ini dapat dikaitkan dengan adanya capsaicin pada paprika, meskipun lebih rendah dibandingkan dengan cabai lainnya. Capsaicin membantu menurunkan tekanan darah dengan merelaksasi pembuluh darah.

10. Menyediakan Energi:

Paprika merupakan sumber penting vitamin B6, yang merupakan koenzim. Dengan kata lain, sangat penting untuk mengaktifkan 100 enzim lain untuk melakukan fungsinya dengan sempurna. Mereka memulai reaksi biokimia di dalam tubuh yang menciptakan energi, menyediakan glukosa saat memproduksi neurotransmiter dan hemoglobin. Bumbu ini juga mengandung zat besi, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh dan merupakan komponen dari banyak protein. Protein ini bertanggung jawab atas penciptaan energi. Paprika adalah stimulan dan energizer yang luar biasa, yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi seperti kelelahan, lesu, dan depresi.

11. Kesehatan Mata:

Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga penglihatan yang sehat dan pada dasarnya mengacu pada sekelompok senyawa yang disebut karotenoid. Paprika mengandung empat karotenoid yaitu beta cryptoxanthin, beta-karoten, lutein, dan zea-xanthin. Vitamin ini digunakan oleh mata untuk mengubah cahaya menjadi penglihatan. Lutein dan zea-xanthin mengurangi risiko berkembangnya degenerasi makula terkait usia dan katarak. Dianjurkan untuk menggabungkan paprika dengan sumber lemak seperti minyak zaitun untuk menuai manfaat karotenoid secara maksimal.

12. Membantu Pencernaan:

Paprika membantu dalam pencernaan dengan menormalkan asam di perut. Ini adalah stimulan yang hebat, yang memfasilitasi pencernaan dengan meningkatkan asam ludah dan asam lambung. Ini bisa digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan. Namun, paprika dosis tinggi dapat berinteraksi dengan obat lain, jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan paprika untuk tujuan ini.

13. Mempromosikan Tidur Nyenyak:

Vitamin B6 dalam paprika memiliki efek neurologis dan psikologis yang kuat. Ini berkontribusi pada produksi melatonin ‘hormon tidur’, membantu Anda mempertahankan siklus tidur normal. Selain itu, ini meningkatkan kadar serotonin dan norepinephrine tubuh Anda, yang keduanya memungkinkan Anda tetap bahagia dan bebas stres.

14. Sifat antibakteri:

Protein antibakteri yang ditemukan dalam paprika telah ditemukan untuk menghambat pertumbuhan bakteri tertentu seperti Salmonella dan E.coli yang sering ditransfer melalui konsumsi. Inklusi paprika dalam makanan Anda bisa menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya ini, jika tidak sepenuhnya menghentikannya.

15. Mencegah Scurvy:

Penyakit kudis adalah penyakit langka yang ditandai dengan gusi yang membengkak dan berdarah, gigi lemah, tulang bengkak, pernapasan cepat, sakit kuning, diare, depresi dll. Penyebab utama kudis adalah kekurangan vitamin C. Paprika adalah pembangkit tenaga listrik vitamin C. Vitamin ini adalah dianggap sebagai pekerja keajaiban dan harus dicerna setiap hari untuk mencegah timbulnya banyak penyakit, termasuk penyakit kudis. Sertakan paprika dalam makanan Anda untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda.

16. Mencegah Anemia:

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, paprika mengandung zat besi, yang terlibat dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, banyaknya vitamin C dalam bumbu ini memungkinkan tubuh menyerap zat besi. Dengan cara ini, penyertaan paprika dalam makanan Anda dapat membantu mencegah anemia.

17. Manfaat Kardiovaskular:

Vitamin C dalam paprika memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular, terutama serangan jantung dan stroke. Vitamin E adalah antioksidan yang mencegah kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi risiko penyakit jantung. Penuh dengan mineral seperti zat besi, magnesium, kalium, dan fosfor, membantu memurnikan darah dan memperbaiki kesehatan jantung.

18. Penyembuhan Luka:

Paprika adalah sumber vitamin E yang baik, yang membantu dalam memproduksi sel darah merah. Ini juga membantu dalam membentuk gumpalan jika terjadi luka dan luka, memfasilitasi penyembuhan luka cepat.

19. Manfaat Lain:

Vitamin A dalam paprika mempromosikan perkembangan sel sehat. Lemak sehat tertentu diperlukan dalam makanan Anda untuk melindungi sel saraf sementara mengisolasi dan melindungi organ tubuh. Lipoprotein adalah molekul yang terbuat dari lemak dan protein yang membawa kolesterol melalui aliran darah. Vitamin E dalam paprika melindungi komponen lemak lipoprotein. Perlu diingat bahwa lemak ini cenderung menyebabkan peradangan yang berkontribusi terhadap penyakit jantung. Paprika kaya akan vitamin A, E, dan K yang membantu dalam menjaga pembuluh darah dan kapiler yang sehat

, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayuran