19 Manfaat Daun Antanan Bagi Kesehatan

Daun antanan merupakan herbal asli wilayah Asia dan wilayah Australia. Daun antanan memiliki nama Latin yaitu Centella Asiatica. Di dunia, daun ini dikenal dengan nama gotu kola, sedangkan untuk di Indonesia, daun ini dikenal dengan berbagai macam sebutan seperti di antaranya semanggen, dan pegagan. Di Indonesia, daun antanan banyak yang dimanfaatkan sebagai sayuran. Selain itu, secara tradisional daun antanan juga sudah lama digunakan untuk obat berbagai keluhan dan penyakit.

Penelitian Daun Antanan

manfaat daun antananDi Amerika Serikat dan Eropa, daun ini baru akhir-akhir ini saja banyak menyita perhatian para praktisi kesehatan. Sehingga baru-baru ini, banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui seberapa jauh daun antanan ini bisa membantu dalam penyembuhan keluhan kesehatan atau bahkan penyakit tertentu. Padahal, di wilayah seperti Indonesia, India dan Cina, daun yang satu ini sudah banyak dibudidayakan serta sudah banyak digunakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Anda penasaran apa saja penyakit dan manfaat lainnya dari daun antanan?

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari daun antanan:

1. Mencegah Kerusakan pada Otak

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan pada Decsmber 2012 dengan judul ‘Neurological Sciences’, Centella Asiatica memiliki kandungan yang bisa mencegah terjadinya kerusakan pada otak yang disebabkan oleh paparan bahan kimia. Kerusakan otak yang bisa dicegah dengan manfaat daun antanan yang merupakan kerusakan otak yang disebabkan oleh kerusakan sel.

2. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

Hasil dari berbagai penelitian menemukan jika manfaat daun antanan memiliki kandungan suplemen natural untuk mencegah disfungsi kognitif dan bentuk kerusakan syaraf lainnya. Daun antanan juga diperkaya dengan kandungan yang bisa meningkatkan daya ingat. Hal ini juga ditemui pada :

3. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan sebuah penyakit yang sangat mematikan. Bahkan sampai saat ini pun, penyakit yang satu ini belum ditemukan obatnya. Menurut berbagai penelitian, ditemukan bahwa kandungan di dalam daun antanan yang dapat berguna untuk mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet. Cara kerja daun antanan dalam pencegahan kanker ini adalah dengan menurunkan kadar racun yang diakibatkan oleh sinar ultraviolet dengan memperbaharui sel-sel, dimana sel kanker sedang mulai tumbuh.

4. Menjaga Kesehatan Hati

Di dalam manfaat daun antanan, terdapat ekstraknya yang dinamakan asiaticoside. Asiaticoside ini sangat berguna untuk melawan kerusakan hati yang disebabkan oleh zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. Asiaticosida juga memiliki fungsi lain yakni untuk mengurangi kerusakan pada sel serta membantu memulihkan kembali fungsi hati.

5. Mencegah Stress

Bagi yang sering menderita stress, bisa mengkonsumsi daun antanan untuk mengurangi bahkan menyembuhkan gejala stress yang sering dialami. Sebuah penelitian membuktikan jika di dalam daun antanan terdapat kandungan yang bisa mengurangi penyebab stress dan merilekskan kondisi pikiran sebagai dampak dari stress. Selain itu, para peneliti juga menduga jika daun ini dapat pula menjadi obat untuk menyembuhkan stress yang kronis.

Hal ini juga ditemui pada :

6. Berguna untuk Mengobati Luka

Sebuah penelitian yang dilakukan tiga tahun yang lalu menunjukan jika kandungan di dalam daun antanan dapat dimanfaatkan untuk mengobati luka pada kulit. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, daun antanan memiliki zat yang disebut asiaticosida. Kegunaan zat ini sendiri dapat membantu proses pembentukan sel baru sehingga menyebabkan luka dapat segera sembuh.

7. Mencegah Penuaan Dini

Anda ingin awet muda? Jika ingin awet muda lebih lama, konsumsi daun antanan adalah salah satu hal yang disarankan untuk menjaga keremajaan kulit. Kandungan di dalam daun ini bisa membantu mempertahankan sel, memperbaiki sel yang rusak bahkan mencegah kerusakan sel. Kulit pun akan tetap terjaga kesehatannya.

8. Mencegah Penyakit Epilepsi

Daun antanan selain bagus untuk kesehatan kulit, juga baik untuk kesehatan syaraf-syaraf di dalam tubuh. Bahkan sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan, menemukan jika zat yang terkandung di dalam daun antanan bisa membantu untuk mencegah penyakit gangguang syaraf seperti epilepsi.

9. Mencegah Infeksi Saluran Kencing

Daun antanan juga memiliki kandungan yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya infeksi pada bagian dalam tubuh seperti kandung kemih. Zat yang terdapat di dalam daun antanan akan mencegah masuknya kuman atau bakteri maupun virus yang dapat menyebabkan terganggunya saluran kencing.

10. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat sangat membahayakan bagi kesehatan. Jika terus dibiarkan, radikal bebas ini dapat membentuk sel kanker atau pun penyakit berbahaya lainnya. Beberapa penelitian menunjukan, manfaat daun antanan yang dikenal sebagai gotu kola di India juga memiliki fungi untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Selain itu, jika radikal bebas sudah ada yang masuk ke dalam tubuh, kandungan di dalam daun antanan akan membantu mengeluarkan radikal bebas penyebab penyakit tersebut.

11. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Daun antanan juga bisa berfungsi sebagai suplemen untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Hal ini juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan secara keseluruhan. Jadi, jika secara teratur mengkonsumsi daun antanan, tubuh pun akan terasa lebih sehat.

12. Sebagai Mood Booster

Beberapa penelitian menunjukan jika daun antanan yang dikonsumsi secara rutin oleh orang yang sudah lanjut usia dapat membantu mengembalikan mood dan mengurangi rasa stress. Selain itu, mood booster juga dapat diperoleh dari :

13. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Selain sebagai mood booster pada orang yang sudah berusia lanju. Penelitian lainnya menunjukan jika daun antanan bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif pada mereka yang sudah tidak muda lagi.

14.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dengan mengkonsumsi daun antanan, ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Siatem imunitas tubuh memang sangatlah penting, dengan keadaan kekebalan sistem imun yang stabil, maka tubuh pun akan terhindar dari serangan berbagai macam virus ataupun kuman penyebab penyakit.

15. Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark biasanya muncul saat seorang wanita hamil dan setelah melahirkan. Tanda garis atau stretch mark tersebut tentu sangat mengganggu. Untuk menghilangkannya, gunakan manfaat daun antanan yang sudah dijadikan bahan krim, untuk membantu mudarkan stretch mark seperti pada manfaat lidah buaya.

16. Obat Sakit pada Kandung Kemih

Banyak dokter menggunakan kandungan di dalam daun antanan sebagai obat untuk mengobati sakit pada kandung kemih. Anti inflamasi di dalam daun antanan dapat membantu meredakan inflamasi yang terjadi pada kandung kemih.

17. Mengurangi Rasa Lelah

Aktivitas yang padat, sering membuat tubuh terkadang merasa sangat lelah dan capek. Tidak jarang keadaan tersebut juga menyebabkan kita terkena stress ataupun depresi. Beberapa penelitian menemukan jika mengkonsumsi daun antanan dapat membantu memulihkan kembali keadaan tubuh yang capek dan kelelahan.

Khasiat seperti ini juga di dapat dari :

18. Menyembuhkan Gangguan pada Pembuluh Darah

Di Amerika, daun antanan banyak digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan gangguan kesehatan yang terjadi pada pembuluh darah. Gangguan pembuluh darah atau yang dinamakan varicose vein dapat menimbulkan gejala seperti bengkak, rasa gatal ataupun rasa sakit pada kaki. Dengan mengkonsumsi daun antanan minimal selama empat minggu bisa membantu menyembuhkan gangguan pada pembuluh darah tersebut.

19. Meningkatkan Konsentrasi

Daun antanan sangat berguna untuk kesehatan sistem syaraf di dalam tubuh. Daun antanan juga memiliki manfaat dan khasiat yang sangat ampuh untuk meningkatkan daya konsentrasi otak kita.


Penggunaan daun antanan pada bagian tubuh luar pada dasarnya aman baik bagi wanita hamil ataupun siapa saja. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan mengenai penggunaan daun antanan ini adalah sebagai berikut:

  • Penggunaan daun antanan dengan cara dikonsumsi secara oral, kemungkinan bisa meningkatkan resiko kesehatan khususnya bagi wanita yang sedang hamil.
  • Bagi wanita yang sedang menyusui juga sebaiknya tidak mengkonsumsi daun antanan ini, walaupun efeknya belum banyak diteliti tetapi banyak pakar berasumsi jika daun antanan bisa mengakibatkan efek yang kurang baik bagi wanita yang sedang dalam program menyusui maupun terhadap si bayi.
  • Penelitian yang dilakukan pada hewan untuk uji daun antanan menemukan jika hewan yang diberi daun antanan tersebut mengalami kesulitan untuk hamil.
  • Hindari penggunaan daun antanan baik untuk pencegahan maupun pengobatan penyakit apapun jika, memiliki kondisi kesehatan seperti menderita penyakit diabetes.
  • Hentikan konsumsi daun antanan jika setidaknya dua minggu sebelum anda menjalasi operasi.
  • Konsumsi daun antanan secara berlebihan dapat menyebabkan mual, muntah serta rasa ngantuk berlebihan bagi beberapa orang.


Di Amerika atau dunia barat lainnya, manfaat daun antanan biasa dijadikan sebagai bahan untuk salad. Daun antanan juga bisa dijadikan sebagai minuman teh yang sangat menyegarkan. Di Indonesia, biasanya daun antanan bisa dimanfaatkan dengan memerasnya terlebih dahulu. Lalu, air perasan daun antanan bisa langsung diminum atau bisa ditambahkan dengan madu, susu atau ditambah dengan sedikit garam untuk menambah rasa.


*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 20th, April 2015 / 02:02 Oleh :
Kategori : Herbal