10 Manfaat Buah Makasar, Kandungan dan Efek Sampingnya

Manfaat Buah MakasarBuah makasar mempunyai nama latin Brucea javanica atau bisa juga amber merica. Buah makasar biasanya tumbuh secara liar di hutan atau di perkebunan dan memiliki rasa yang pahit serta beracun. Di Indonesia tanaman ini memiliki banyak sebutan yang berbeda – beda di setiap daerah, yaitu di Lampung disebut berul, di Medan lebih dikenal malur, orang sunda menyebutnya walot, orang Jawa menyebutnya bom makasar, orang Ambon menyebut nagas, dan di Makassar menyebutnya dengan tambara marica.

Buah makasar tumbuh sebar pertama di Sri Lanka. Tanaman memiliki tinggi 1 – 2,5 meter, dan daunnya tunggal dengan tulang daun menyirip, dan tepi daun kasar. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai tanaman obat – obatan. Kandungan yang terdapat dalam manfaat buah makassar dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

Kandungan yang terdapat pada buah Makasar

Banyak sekali kandungan yang terdapat pada daging buah, daun, dan biji buah makasar. Kandungan yang terdapat pada daging buah, yaitu :

  • Minyak lemak
  • Asam oleat
  • Asam linoleat
  • Asam stearat, dan
  • Asam palmitoleat.

Sedangkan pada buah dan daun tanaman makasar mengandung tanin. Selain itu, manfaat buah makasar  juga mengandung bahan kimia seperti Alkaloid (Brucamarine, yatanine). Glukoside (Brucealin, yatanoside). Phenol (Bruceno, bruceolic acid. Biji mengandung brusatol, bruceine A,B,C,E,F,G,H.

Buah makasar sering digunakan untuk pengobatan tradisional. Mulai dari akar, daun, biji, dan buah makasar dapat dimanfaatkan. Penyakit yang dapat diobati dengan buah makasar, yaitu :

1. Penyakit Malaria

Bagian yang digunakan untuk penyembuhan penyakit malaria adalah bagian akar tanaman makasar. Cara pembuatannya juga cukup mudah :

  • Ambil akar buah makasar sebanyak 20 – 25 gram
  • lalu cuci dengan air hingga bersih
  • Lalu di godok dengan air secukupnya
  • Setelah itu minumlah air godokan tersebut.

2. Sakit pinggang

Daun buah makasar dipercaya dapat menyembuhkan sakit pinggang. Cara penggunaanya yaitu dengan merebus daun buah makasar secukupnya yang sudah di cuci air. Lalu rebusan air tersebut diminum. Sejumlah tanaman herbal lainnya untuk mengobati sakit pinggang seperti :

3. Wasir

Penggunaan manfaat buah makasar untuk penderita wasir, yaitu dengan melapisi 7 biji buah makasar dengan buah longan, lalu ditelannya.

4. Keputihan karena Trichomonas

Cara menggunaan buah makasar untuk pengobati keputihan tidak jauh berbeda dengan menggunakan tanaman herbal lainnya seperti manfaat daun sirih merah. Caranya :

  1. Rebus atau godok 20 biji buah makasar di pot tanah dengan menambahkan 400cc air
  2. Godok hingga air tersisa 10cc
  3. Gunakan air tersebut untuk menyemprot daerah vital wanita
  4. Cukup menyemprotkan 20 – 40 cc saja setiap sekali penggunaan

Apabila keputihannya ringan, cukup menyemprotkan air rebusan 1 kali sehari, tetapi bila keputihannya berat maka ulangi menyemprot hingga 2 -3 kali sehari.

5. Disentri Amuba

Penggunaan buah makasar untuk pengobatan disentri amuba yaitu bagian bijinya. Ambil 10 – 15 biji buah makasar lalu giling hingga halus. Masukan gilingan halus tersebut ke dalam kapsul, lalu minum 3 kali sehari selama 7 – 10 hari saja.

6. Kanker Serviks dan Rahim

Bagian tanaman yang digunakan untuk menyembuhkan kanker serviks, rahim, dan kulit adalah biji dari buah makasar. Caranya :

  1. Rebus atau godok 20 biji buah makasar di dalam pancia tanah liat dengan menambahkan 400cc air
  2. Godok hingga air tersisa 100cc
  3. Lalu minum air tersebut 3 kali sehari dengan dosis 2 sendok makan hingga penyakit lama kelamaan berkurang.

7. Mata ikan atau kutil

Manfaat buah makasar dapat digunakan untuk mengobati kutil dan mata ikan adalah buah makasar. Buah makasar digiling hingga halus. Hasil gilingan dari buah makasar digunakan untuk mengompres mata ikan dan kutil tersebut. Kandungan antiseptik pada buah makasar dipercaya dapat membunuh bakteri dan kuman, sehingga dapat membantu mengobati kutil dan mata ikan.

8. Menurunkan kadar gula darah (diabetes)

9. Keracunan makanan

10. Panas demam

Efek Samping Buah Makasar

Konsumsi buah makasar dalam dosis yang besar atau berlebihan dapat mengakibatkan keracunan. Sifat racun yang terdapat dalam buah makasar memang bermanfaat untuk obat pencahar, tetapi hal ini juga dapat membahayakan tubuh. Gelaja yang ditimbulkan apabila seseorang keracunan buah makasar, yaitu :

  • Pernapasan terhambat
  • Mual – mual
  • Pusing
  • Diare, dan
  • Koma

Apabila sudah sangat kronis mengalami keracunan buah makasar ini, maka bisa saja menimbulkan kematian. Untuk ibu hamil dan anak – anak tidak diperbolahkan minum ramuan obat dari buah makasar.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan