13 Manfaat Kuaci Biji Semangka Bagi Kesehatan

Buah semangka diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan air dan vitaminnya sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun ternyata tidak hanya buah semangka yang memiliki banyak manfaat, tapi bijinya pun yang seringkali kita buang saat menikmati buah semangka ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang berguna untuk tubuh. Umumnya biji semangka hanya akan dibuang begitu saja, meski beberapa orang telah berinisiatif mengolahnya menjadi kuaci dengan mencampurnya bersama garam. Kuaci biji semangka dengan campuran garam ini yang sebenarnya kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Berbeda dengan biji semangka yang diolah menjadi camilan kuaci tanpa penambahan garam, ini akan mengoptimalkan khasiat dari kandungan senyawa dalam biji semangka. Berikut beberapa manfaat kuaci biji semangka untuk kesehatan : (Baca Juga: Manfaat Kuaci Putih , Manfaat Buah Kiwano)

1. Sebagai sumber antioksidan

Biji semangka memiliki kandungan lycophene yang cukup tinggi. Menurut penelitian lycophene merupakan salah satu zat antioksidan yang baik untuk tubuh. (Baca juga : Manfaat biji fumayyin, Manfaat wedang jeruk, Manfaat red jelly, Manfaat daun afrika kering, Manfaat lemon tea, Manfaat lecitin).

2. Meningkatkan daya ingat

Khususnya untuk lansia, biji semangka memiliki berbagai kandungan asam amino yang dapat meningkatkan ketajaman daya ingat seseorang. (Baca juga : Manfaat brain gym untuk lansia, Manfaat olahraga untuk lansia, Manfaat KMS lansia , Manfaat vitamin IPI,Manfaat telur ikan).

3. Membantu usus untuk tetap sehat

Kuaci biji semangka merupakan sumber vitamin B yang baik seperti thiamin, niasin, mineral dan folat yang dapat membantu meringankan kerja usus dan melancarkan pencernaan. (Baca juga : Manfaat vitamin B5 untuk kesehatan, Manfaat vitamin B17, Manfaat vitamin B1, Manfaat vitamin B6, Manfaat vitamin B12, Manfaat riboflavin).

4. Alternatif menu diet rendah kolesterol

Kuaci biji semangka yang diolah tanpa garam dapat membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh. Khususnya bagi anda yang sedang menjalankan diet, mengkonsumsi biji semangka akan memenuhi kebutuhan protein anda. (Baca juga : Manfaat susu kedelai untuk diet, Manfaat singkong rebus, Manfaat anggur hitam untuk diet, Manfaat buah semangka untuk diet).

5. Mengontrol tekanan darah

Mengkonsumsi kuaci biji semangka dapat membantu menjaga kestabilan tekanan darah. Hal ini dikarenakan terdapat zat citrulline yang dapat melebarkan pembuluh darah serta kandungan mineral Mg nya yang cukup tinggi.


6. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan berbagai mineral di dalam kuaci biji semangka salah satunya yaitu Mg diketahui dapat membantu menjaga kesehatan jantung. (Baca juga : Manfaat daun sukun untuk jantung, Manfaat bawang putih untuk jantung, Manfaat kacang tanah untuk jantung, Manfaat nanas untuk jantung koroner

7. Membantu pembentukan jaringan ikat dan kolagen.

Kandungan asam maino esensial seperti lisin, arginin, asam glutamat dan triptofan dapat membantu dalam proses penyerapan kalsium dan pembentukan jaringan ikat.

9. Menjaga kelembutan kulit
10. Dapat membantu meluruhkan kencing
11. Menyejukkan radang kandung kemih
12. Mencegah jerawat
13. Mencegah tanda-tanda penuaan

Beberapa manfaat kuaci biji semangka tersebut seharusnya menjadikan kita lebih memahami betapa pentingnya mengkonsumsi biji semangka daripada sekedar membuangnya.

Artikel terkait : Manfaat biji ketapang, Manfaat biji kurma, Manfaat biji buah mahoni, Manfaat biji cengkeh, Manfaat biji carica)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 21st, June 2017 / 08:27 Oleh :
Kategori : Buah Buahan