17 Manfaat Biji Ketapang Bagi Kesehatan

Biji ketapang merupakan biji dari tumbuhan ketapang (Terminallia cattapa). Pohon ketapang dapat tumbuh hingga tingginya 40 meter. Ketapang merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara dan juga dapat ditemukan di Indonesia. Pohon ini juga banyak dijumpai di daerah pantai, namun jarang ditemui di pulau Sumatera dan Kalimantan. Hampir setiap bagian pohon ketapang dapat dimanfaatkan. Biji ketapang misalnya, memiliki cita rasa yang hampir sama dengan almond. Oleh karena itu banyak digunakan untuk camilan atau sebagai bahan kue untuk menggantikan almond.

Artikel terkait:

Kandungan Biji Ketapang

Ezeokonkwo dan Dodson (2004) pernah meneliti kandungan nutrisi dalam biji ketapang. Penelitiannya menemukan bahwa biji ketapang kaya akan protein (25.81%) dan asam amino seperti leusin, penilalanin, isoleusin, histidin, valine, triptofan, threonin, methionin, lisin dan tirosin. Inti biji ketapang yang telah dikeringkan dapat diekstrak minyaknya. Minyak ini mengandung asam palmitat (55,5%), asam oleat (23,3%), asam linoleat, asam stearat dan asam miristat.

Baca juga:

Manfaat Biji Ketapang

Beberapa manfaat biji ketapang antara lain:

1. Sebagai camilan atau bahan makanan

Biji ketapang memiliki rasa yang enak. Cara makannya dapat secara langsung tanpa diproses (mentah) atau dimasak terlebih dahulu. Sajian biji ketapang juga merupakan camilan khas Betawi, Jakarta disaat lebaran tiba.

2. Memiliki sifat afrosidiak

Biji ketapang memiliki kandungan zat kimia yang dapat merangsang daya seksualitas. Jadi, biji ketapang bisa menjadi obat kuat/perangsang gairah seksual yang alami.

3. Dapat mengobati ejakulasi dini

Bagi pria yang sudah menikah, ejakulasi dini pasti menjadi momok yang menakutkan. Biji ketapang bisa mengobatinya. Bukan hanya merangsang daya seksualitas, biji ketapang juga dapat menurunkan resiko ejakulasi dini.

4. Sumber protein

Sumber protein bukan hanya didapatkan dari daging merah segar saja. namun juga dari tumbuhan. Salah satunya adalah biji ketapang. Kandungan protein dalam biji ketapang juga cukup besar yaitu 25.81%.

5. Sumber Asam Lemak

Asam lemak yang ada dalam biji ketapang berupa asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh. Kedua jenis asam lemak ini sangat bermanfaat, khususnya asam linoleat (omega-6). Artikel terkait: manfaat lemak jenuh dan tidak jenuh – manfaat omega 3, 6, 9

6. Menurunkan resiko terjadinya serangan jantung

7. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara menghambat sintesis kolesterol

8. Mengurangi resiko terjadinya stroke

9. Mencegah penyakit hipertensi dengan cara melebarkan dan melancarkan pembuluh darah

10. Sumber vitamin E yang baik bagi tubuh. Artikel terkait: manfaat vitamin E – manfaat vitamin E untuk kesuburan

11. Menjaga kesehatan dan kelenturan kulit karena kandungan vitamin E yang berlimpah.


12. Mencegah penuaan dini

13. Membantu menurunkan berat badan – kandungan asam lemak dalam biji ketapang membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Asam lemak ini juga disimpan sebagai cadangan makanan saat tubuh membutuhkan. Oleh karena itu tubuh jarang merasa lapar dan cepat kenyang.

14. Mengurangi resiko penyakit diabetes – Omega-6 yang dikandung biji ketapang menurunkan sensitifitas insulin, sehingga resiko penyakit diabetes dapat dikurangi.

15. Mencegah terjadinya peradangan karena memiliki sifat anti inflamasi.

16. dapat dimanfaatkan sebagai biodiesel

17. Biji ketapang merupakan salah satu sumber antioksidan

Demikian uraian manfaat biji ketapang bagi tubuh. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan