5 Manfaat Kulit Labu Kuning untuk Kesehatan

Di dalam masyarakat Indobesia mungkin buah satu ini sudah sangat familiar apalagi jika di bulan puasa, sangat mudah sekali untuk ditemui. Buah yang memiliki segudang manfaat apalagi jika bukan labu kuning.  Di Indonesia khususnya pada bulan puasa buah labu kuning sering dimanfaatkan sebagai buah untuk campuran kolak buka puasa sedangkan di luar negeri buah ini sering sekali menjadi ciri khas untuk hari hallowen.

Selain rasanya yang enak kandungan yang ada dalam labu kuning ini juga bermacam-macam. Labu kuning ini memiliki kandungan nutrisi  yang amat banyak seperti antioksidan, kalium, juga vitamin. Labu kuning ini juga memiliki kandungan kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat juga gula. Kandungan vitamin yang dimiliki juga terdapat manfaat vitamin  A, manfaat vitamin C, manfaat vitamin E, dan B6. Dengan adanya banyak kandungan yang dimilikinya sangat wajar jika buah yang satu ini memiliki banyak manfaat ataupun khasiat.

Adapaun manfaat dari kulit labu kuning adalah

1. Membantu Penderita Diabetes

Manfaat sambiloto memang bagus untuk diabetes, namun ternyata labu kunging pun efektif untuk mengatasi diabetes. Seorang penderita diabetes sangat berhati-hati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi, salah satu aturannya ialah tidak boleh mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan glikemik yang tinggi. Buah labu kuning ini merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan glikemik yang tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai makanan alternatif untuk penderita diabetes.

2. Menurunkan Kadar Kolestrol

Labu kuning merupakan salah satu jenis buah yang sama sekali tidak memiliki kandungan kolestrol, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi kaena tidak akan menambah kandungan kolestrol yang ada dalam tubuh anda. Justru labu kuning ini memiliki kandungan filestrol dimana kandungan ini akan menghambat penyerapan kolestrol yang ada didalam tubuh dan membuat kolestrol tersebut untuk dikeluarkan dalam tubuh. Tak hanya labu kuning saja, taukah kamu ternyata manfaat daun kelor juga efektif untuk mengatasi beberapa penyakit yang disebabkan karena tingginya kandungan kolesterol di dalam tubuh.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Adanya kandungan zeaxanthin yang terdapat dalam labu kuning akan membantu melindungi retina mata dari paparan radiasi yang disebabkan oleh sinar UV dan mencegah terkena penyakit katarak. Selain kandungan zeaxanthin, kandungan karotenoid yang dimiliki labu kuning ini juga dapat mencegah seseorang mengalami rabun senja.

4. Menjaga Kesehatan Gigi

Kebanyakan dari seseorang berfikiran bahwa cara menjaga agar gigi tetap sehat adalah menjaga kesehatan gigi dengan cara selalu sikat gigi dengan teratur namun untuk menghasilkan gigi yang bersih juga sehat, gigi juga memerlukan nutrisi. Salah satu cara untuk memberikan nutrisi pada gigi adalah mengkonsumsi buah labu kuning secara teratur. Labu kuning memiliki kandungan kalsium yang memang dibutuhkan oleh gigi untuk menjaga gigi tetap sehat.  


5. Mempercantik Kulit

Setiap orang apalagi wanita tenunya menginginkan memiliki kulit yang cantik dan sehat. Adanya kandungan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang dimiliki oleh labu kuning bisa digunakan untuk membuat kulit yang cantik dan sehat Mengkonsumsi labu kuning secara teratur dapat membuat menjadi tampak lebih muda dan memiliki kulit yang kenyal juga lembut.

Itulah manfaat yang akan kamu peroleh dengan memanfaatkan labu kuning. Oleh karena itu jika memiliki labu kuning jangan sungkan untuk mengonsumsinya agar tubuh mu pun sehat terjaga. Labu kuning sejak dulu memang efektif untuk mengatasi berbagai penyakit pada tubuh manusia.

 

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan