8 Manfaat Anggur Hitam Untuk Diet Paling Ampuh

Walau harganya cukup mahal dibandingkan jenis anggur lainnya, namun anggur hitam tetap banyak diminati sebab selain memiliki rasa yang amat nikmat juga memiliki kandungan manfaat yang cukup banyak untuk kesehatan, penyakit dan juga membantu program diet serta menurunkan berat badan. Hampir semua wanita sangat ingin memiliki bentuk badan yang ideal sehingga membuat wanita melakukan banyak cara untuk menurunkan berat badan tersebut. Anggur hitam adalah salah satu buah yang banyak mengandung antioksidan dan antioksidan ini sangat baik untuk kesehatan kulit, menurunkan berat badan serta mengatasi berbagai penyakit berat seperti kanker, diabetes, jantung dan beberapa jenis penyakit lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi anggur hitam untuk program diet anda.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Resiko Obesitas

Berbagai penelitian sudah membuktikan jika dalam buah anggur hitam akan menurunkan resiko obesitas pada seseorang. Kandungan resveratol yang ada pada buah ini berguna untuk menurunkan berat badan secara signifikan dengan 2 cara yakni mengurangi kemampuan sel dalam penyimpanan lemak sampai dengan 130 persen dan juga bisa menghancurkan lemak sampai tingkat 246 persen lebih tinggi dari pada umumnya.

  1. Menghambat Penimbunan Lemak

Kandungan reservatol antioksidan pada bagian kulit anggur hitam juga bisa membuat penimbunan lemak menjadi terhenti dan inilah yang menyebabkan seseorang banyak mengkonsumsi wine akan memiliki bentuk pinggang yang lebih ramping dan tidak memiliki lemak di area perut.

  1. Membakar Kalori

Dalam 1 gelas wine yang terbuat dari anggur hitam bisa membuat pembakaran kalori lebih meningkat hingga 90 menit yang secara otomatis akan membakar lemak di dalam tubuh lebih cepat.

Artikel terkait:

  1. Merangsang Sekresi Urin

Buah anggur hitam yang diolah menjadi jus akan sangat mudah diserap dalam pencernaan dan anggur hitam memiliki sifat diuretik serta garam kalium sehingga bisa merangsang sekresi pada urin.

  1. Menghambat Penimbunan Lemak di Hati

Dalam 1/2 kilo buah anggur hitam akan menghasilkan 400 kalori namun tidak akan membuat tubuh mengalami kegemukan dan bahkan bisa membantu saluran empedu terkuras, membersihkan racun secara menyeluruh  sekaligus memberikan energi tanpa harus menambah berat badan.

  1. Membakar Lemak

Senyawa aktif yakni asam ellagic yang memberikan warna gelap pada buah ini sangat baik untuk membakar lemak. Asam ini akan membuat pengandaan sel lemak menjadi lambat dan juga mengurangi kemungkinan tubuh untuk menimbun lemak tersebut kembali. Selain itu, asam ellagic juga bisa menurunkan radiasi asam lemak di sel hati sehingga metabolisme tubuh bisa semakin meningkat.

Artikel terkait:

  1. Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama

Karena buah anggur hitam sangat tinggi kandungan serat, maka mengkonsumsi buah ini akan membuat rasa kenyang lebih lama dan sangat baik untuk diterapkan pada menu diet.

  1. Membuang Racun

Oleh karena kandungan antioksidan tinggi, maka anggur hitam bisa membuang berbagai racun yang tidak diperlukan tubuh dan menumpuk di dalam tubuh lewat urin dan juga kotoran sehingga secara otomatis juga akan menurunkan berat badan secara signifikan.

Artikel terkait:

Manfaat Anggur Hitam Untuk Penyakit

Selain sangat baik untuk program diet, buah ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit kronis dan juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh sebab memiliki banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Mengontrol Hipertensi

Dari penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika kandungan resveratrol yang ada pada anggur hitam sangat kuat mengurai pembuluh darah sehingga akan lebih meningkatkan produksi oksida nitrat sekaligus memperbaiki sirkulasi darah dan menjaga tekanan darah agar selalu stabil.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Anggur hitam juga kaya akan zeaxanthin, lutein dan juga karotenoid yang dapat melindungi organ mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Karotenoid juga berfungsi untuk mencegah penyakit mata yakni degenerasi makula, kesimpulannya buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dalam jangka lama.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Buah eksotik ini juga memberikan efek positif untuk kinerja otak karena menjadi sumber antioksidan tinggi untuk membantu menetralisir kerusakan oksidatif penyebab radang otak dan beberapa penyakit yang berhubungan dengan saraf otak seperti parkinson dan juga alzheimer. Manfaat anggur hitam lainnya untuk otak adalah menjaga masalah lognitif serta memori yang umumnya akan terjadi dengan semakin bertambahnya usia.

Artikel terkait:

  1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang terkandung dalam anggur hitam juga akan meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh dan anda cukup mengkonsumsi setengah cangkir buah anggur hitam per hari untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian anda.

  1. Mencegah Sembelit

Untuk anda yang mengalami masalah sembelit, maka mengkonsumsi anggur hitam ini bisa menjadi solusi baik untuk mencegah sembelit tersebut. Kandungan antioksidan pada buah ini sangat tinggi akan kandungan gula alami, asam poliol dan juga organik akan membuat masalah konstipasi kadar parah dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.

  1. Baik Untuk Masa Kehamilan

Efek positif juga bisa didapatkan dari anggur hitam pada masa kehamilan, sebab akan membuat bayi dalam kandungan bisa tumbuh dengan sangat baik dan penglihatan bayi saat lahir juga akan semakin optimal, namun dengan catatan mengkonsumsinya secukupnya dan tidak berlebihan.

Artikel terkait:

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan serta resveratrol bisa memberikan perlindungan terhadap berbagai masalah jantung, melindungi arteri serta menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

  1. Melawan Sel Kanker

Warna gelap pada buah ini didapat dari antosianin yang merupakan antioksidan kadar tinggi. Kombinasi dari antosianin dan juga resveratrol ini akan melindungi tubuh dari berbagai sel kanker yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.

  1. Menurunkan Kadar Asam Urat

Banyaknya kandungan air dalam anggur hitam juga sangat baik untuk menurunkan kadar asam urat yang akan dibuang melalui urin. Selain itu juga sangat baik untuk mencegah arthritis serta berbagai masalah yang berhubungan dengan sendi.

Artikel terkait:

  1. Menyehatkan Kulit

Antioksidan yang terkandung dalam buah ini juga sangat baik dalam melindungi kulit dari penuaan dini. Dengan mengkonsuminya secara teratur, maka bisa terhindar dari kerutan, memperbanyak produksi kolagen dan protein strukturalnya akan membuat kulit selalu elastis.

  1. Mengurangi infeksi

Resveratrol juga sering dikatakan sebagai fungisida serta bakteri yang sangat baik sehingga akan melawan infeksi patogen dan juga pembengkakan yang terjadi karena infeksi secara efisien. Selain itu, sifat anti virus yang terdapat pada buah ajaib ini juga akan melawan beberapa penyakit seperti polio, herpes serta asma.

  1. Menyuburkan Rambut

Cara terbaik untuk mengatasi berbagai masalah seputar rambut seperti rambut rontok, ketombe, rambut bercabang dan juga uban pada usia dini juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi anggur hitam secara rutin. Hal ini terjadi karena kandungan vitamin E serta antioksidan yang terdapat dalam buah anggur hitam termasuk tinggi. Sementara minyak biji anggur hitam sangat baik untuk mengatasi gatal kulit kepala, melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala, membuat rambut menjadi tebal serta membuat rambut semakin mengkilap secara alami.

Artikel terkait:

Berbagai kandungan manfaat anggur hitam untuk diet dan kesehatan ini bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin. Saat mengkonsumsi buah anggur, sangat disarankan untuk menyantap seluruh bagian buah yakni daging buah, kulit buah dan juga biji anggur hitam, sebab semua bagian dari buah mempunyai nutrisi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh.