15 Manfaat Buah Kiwano Untuk Kesehatan

Buah KiwanoBuah kiwano atau melon bertanduk mempunyai bentuk yang unik tidak seperti buah lainnya. Buah ini berasal dari Afrika Selatan yang juga dikenal di beberapa negara lainnya seperti Selandia Baru serta Australia. Nama kiwano ini diberikan sebab bentuk dan rasa buah yang memang hampir serupa dengan buah kiwi. Bentuk buah yang terlihat aneh dan unik tersebut membuat buah ini diberi nama African Horned Cucumber, Jelly Melon, Blowfish Fruit dan beberapa nama lainnya, selain itu rasa dari buah kiwano ini juga seperti perpaduan antara pisang, mentimun, zucini serta kiwi. Pada bagian luar atau kulit buah ini berwarna kuning cerah dilengkapi dengan bentuk seperti duri namun tidak tajam.

Jika berbicara tentang nutrisi, setiap buah tentunya mempunyai kandungan bermanfaat yang berbeda-beda termasuk dengan buah kiwano ini. Beberapa nutrisi yang ada pada buah ini diantaranya adalah zat besi, vitamin C, vitamin A, serat dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu apa saja manfaat lengkap dari buah unik ini?, temukan jawabannya pada ulasan yang kami berikan berikut ini.

Artikel terkait:

Nutrisi Buah Kiwano

  1. Protein
  2. Energi
  3. Air
  4. Lipid
  5. Karbohidrat
  6. Kalsium
  7. Zat besi
  8. Magnesium
  9. Fosfor
  10. Potasium
  11. Sodium
  12. Zinc
  13. Vitamin C
  14. Vitamin A
  15. Vitamin B6
  16. Thiamin
  17. Riboflavin
  18. Niacin
  19. Folat

Artikel terkait:

  1. Menguatkan Tulang

Kalsium serta zink dan beberapa mineral yang terkandung dalam buah ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan dari tulang dan beberapa penyakit tulang lainnya seperti osteoporosis sekaligus membantu perkembangan dan perbaikan tulang.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi yang ada pada manfaat buah kiwano juga berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Serat akan membantu pergerakan peristaltik, melindungi kinerja usus, membersihkan pencernaan sekaligus menghindari beberapa masalah pencernaan seperti radang, sembelit, kram dan juga kembung.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Sebagai buah yang banyak mengandung vitamin A, kiwano juga baik dikonsumsi sebagai cara untuk menjaga kesehatan organ penglihatan kita. Vitamin A dengan jenis karotenoid ini berperan sebagai antioksidan yang akan menghambat degenerasi makula, katarak dan berbagai masalah mata lainnya.

Artikel terkait:


  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Salah satu nutrisi yakni zink yang ada pada buah unik ini berperan penting dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan memproduksi protein yang diperlukan untuk menyembuhkan luka dan memperbaiki sel, organ, jaringan otot serta pembuluh darah.

  1. Membantu Program Diet

Saat menjalani program diet, maka tubuh sangat memerlukan banyak mineral air dan pada kiwano terdapat hingga 80% kandungan mineral air yang sangat baik untuk masuk ke menu diet kamu. Mengkonsumsi buah kiwano secara teratur setiap hari akan menurunkan berat badan secara signifikan sekaligus memberikan rasa kenyang lebih lama.

  1. Sumber Antioksidan

Dalam kiwano juga terkandung alpha tocopherol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Sementara antioksidan didapat dari vitamin E juga sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf serta pembuluh darah di dalam tubuh kita. Sebagai sumber antioksidan yang baik, buah ini juga mempunyai kegunaan sebagai pencegah kanker dan juga penyakit jantung.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Penuaan Dini dan Menghilangkan Bekas Luka

Vitamin C, vitamin A dan antioksidan tinggi yang ada pada buah ini juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya penuaan dini sehingga wajah kamu bisa selalu terlihat awet muda dari luar dan dalam. Berbagai masalah wajah seperti flek hitam serta keriput dan juga bekas luka akan lenyap saat kamu mengkonsumsi buah ini secara rutin.

  1. Obat Anti Stress

Kita yang selalu disibukan dengan berbagai aktivitas sehari-hari serta kemacetan seringkali membuat stress dan rasa cemas menumpuk semakin banyak. Dengan riset yang sudah dilakukan, buah ini mengandung sistem regulasi hormon yang bisa mengatasi seperti hormon stress dan juga adrenalin sehingga beban di dalam pikiran bisa dikurangi.

  1. Melindungi Kinerja Otak

Dengan kandungan vitamin E yang cukup tinggi dalam kiwano, maka bisa memberi nutrisi pada otak sebab kandungan tokoferol-nya juga cukup tinggi. Selain itu, beberapa penyakit berhubungan dengan saraf seperti alzheimer juga bisa dihindari saat mengkonsumsi buah ini dengan teratur.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Masalah Diabetes

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang bisa timbul karena kadar gula terlalu tinggi di dalam tubuh. Kandungan dalam buah kiwano sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh sehingga masalah diabetes bisa diatasi dengan cukup baik.

  1. Menyehatkan Jantung

Dalam manfaat buah kiwano mempunyai kadar kolesterol yang sangat rendah, emeentara bagian bijinya sangat kaya akan asam linoleat serta asam lemak omega 6 tidak jenuh. Selain itu, buah kiwano juga mengandung asam oleat yang semuanya ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung serta otot jantung akan semakin kuat.

  1. Menjaga Kekuatan Otot

Kiwano juga menjadi pilihan buah terbaik untuk kamu yang ingin memiliki otot kuat sebab buah ini sangat tinggi kandungan potasium sehingga kekuatan otot bisa lebih ditingkatkan.

Artikel terkait:

  1. Menjaga Kekuatan Otot

Karena buah unik ini sangat kaya akan antioksidan, maka kanker yang disebabkan oleh radikal bebas serta kerusakan sel pada tubuh bida dicegah. Kandungan vitamin E serta vitamin A serta beta karoten tinggi akan melawan radikal bebas penyebab kanker tersebut.

  1. Terbakar Sinar Matahari atau Sun Burn

Sengatan dari matahari sangat berbahaya untuk tubuh sebab tubuh akan mengalami kekeringan dan kadar garam juga akan dikeluarkan secara berlebihan. Keseimbangan garam ini sangat penting untuk selalu dipertahankan dan ini bisa kamu dapatkan dari kiwano sebab mempunyai kandungan sodium serta air dalam kadar yang cukup tinggi.

  1. Menyuburkan Pertumbuhan Rambut

Untuk kamu yang ingin memiliki rambut panjang namun bisa tumbuh dengan kuat, subur dan tidak mudah rontok, maka kamu harus mengkonsumsi buah kiwano ini secara rutin. Kandungan didalam buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut kamu.

Artikel terkait:

Buah kiwano yang belum terlalu matang akan memiliki rasa pahit dan memiliki kandungan kimia yang cukup berbahaya untuk tubuh kita, akan tetapi saat matang maka buah ini akan kehilangan zat berbahaya tersebut dan berganti dengan banyak nutrisi baik untuk tubuh. Oleh karena itu, pastikan kamu menyantap buah kiwano yang sudah benar-benar matang.

Untuk menyantap buah ini caranya cukup mudah, yakni dengan mencucinya terlebih dahulu lalu belah menjadi dua bagian dan gunakan sendok untuk menyantap seluruh isi buah termasuk dengan bijinya seperti saat kamu menyantap buah delima.

,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan