10 Manfaat Telur Ikan Untuk Kesehatan

Telur ikan merupakan salah satu makanan yang banyak di gemari di seluruh belahan dunia. Ini karena selain rasanya yang enak di buat berbagai macam resep makanan. Ternyata telur ikan memiliki banyak manfaat di bidang kesehatan. Sebagaimana diketahui telur ikan ini berbentuk bulat dan bergerombolan dengan tesktur yang sangat lunak. Untuk ukurannya sendiri telur ikan ini sangat kecil – kecil bulat. Adapun kandungan gizi yang terdapat pada telur ikan adalah sebagai berikut :

  • Kalori telur ikan dengan jumlah satu sendok makan mengandung 19 sampai dengan 40 kalori. Kalori berguna untuk menambah energi bagi tubuh dalam melakukan aktifitas sehari – hari.
  • Lemak  sebagaimana diketahui lemak penting bagi tubuh untuk melindungi organ – organ penting dari benturan. Namun jika lemak dalam jumlah berlebih juga tidak baik bagi tubuh.
  • Protein  setiap telur mengandung protein yang berfungsi untuk meregenerasi sel – sel jaringan kulit mati dan menumbuhkan sel jaringan baru pada tubuh.
  • Vitamin yang berfungsi untuk memberikan kesehatan bagi tubuh secara keseluruhan.
  • Zat besi yang berguna untuk mencegah penyakit anemia.

Itulah beberapa ulasan mengenai kandungan gizi yang terdapat pada telur ikan untuk memberikan kesehatan pada tubuh. Maka secara keseluruhan manfaat dari telur ikan untuk kesehatan antara lain :

1. Kesehatan mata

Mata merupakan indera yang berguna untuk melihat segala keindahan yang ada disekitar anda. Karena fungsinya yang sangat penting bagi kehidupan maka merawat kesehatan mata sangat penting dilakukan sejak dini. Vitamin yang baik untuk kesehatan mata adalah vitamin a yang terdapat pada wortel dan rimbang. Namun sekarang penelitian juga telah membuktikan bahwa manfaat telur ikan juga baik untuk kesehatan mata jika di konsumsi sesuai dengan kebutuhan.

Artikel terkait :

2. Mengatasi anemia

Anemia merupakan salah satu masalah pada tubuh karena berkurangnya kemampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen di dalam sel darah merah. Anemia membuat penderita sering merasa pusing, pucat dan mudah lelah. Untuk mengatasi anemia cobalah mengkonsumsi telur ikan karena manfaat telur ikan dapat mengatasi anemia pada tubuh.

Artikel terkait :

3. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah di dalam tubuh bisa saja menjadi naik ini dikenal dengan hipertensi. Hipertensi membuat penderita menjadi pusing dan komplikasi jika tekanan darah terlalu tinggi. Bahkan hipertensi yang paling fatal dapat mengakibatkan kematian. Sedangkan untuk tekanan darah yang rendah juga tidak baik karena membuat penderita menjadi pusing – pusing dan dapat pingsan. Untuk masalah tekanan darah tinggi dan tekanan darah rendah ini juga dapat meningkat pada seseorang yang memiliki riwayat keluarga seperti tersebut. Namun sekarang dengan rajin mengkonsumsi telur ikan dapat menjadi salah satu langkah yang baik karena dapat menjaga tekanan darah di dalam tubuh.

Artikel terkait :

4. Kanker payudara

Kanker payudara merupakan kanker penyebab kematian no. 2 bagi kaum wanita. Untuk stadium lanjut kanker ini memang sangat sulit sekali untuk disembuhkan. Namun saat ini sudah banyak penyuluhan yang diberikan agar wanita selalu melakukan pemeriksaan sendiri. Karena kanker yang cepat terdeteksi masih memiliki harapan untuk sembuh. Penyebab kanker payudara sendiri selain faktor genetik juga faktor makanan yang tidak sehat. Mulai sekarang cobalah menjadikan telur ikan untuk mencegah kanker payudara.

Artikel terkait :

5. Mencegah alzheimer

Kabar gembira berikutnya dari manfaat telur ikan adalah telur ikan dapat mencegah pemyakit alzheimer. Penyakit ini merupakan penyakit yang banyak terjadi pada para lansia. Penyakit ini menyebabkan penderita mengalami kepikunan sehingga sulit untuk berkomunikasi dengan lawan bicaranya.

Artikel terkait :

6. Kesehatan tulang dan gigi

Telur ikan mengandung vitamin d yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Tulang yang sehat memudahkan anda untuk beraktifitas tanpa harus khawatir dengan usia yang kian bertambah. Sedangkan kesehata pada gigi membuat gigi lebih tahan lama dan tidak mudah rapuh sebelum waktunya.

Artikel terkait :

7. Menyehatkan jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Begitu vitalnya manfaat dari jantung hingga kesehatannya perlu di jaga untuk memiliki jantung yang sehat. Sekarang cara mudah dapat anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatannya. Antara lain adalah mengkonsumsi telur ikan yang kaya akan manfaat. Selain itu imbangi juga dengan berolahraga agar peredaran darah menjadi lancar.

Artikel terkait :

8. Kanker usus besar

Kanker usus besar juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi telur ikan secara bertahap untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Usus besar merupakan muara untuk pembuangan zat sisa makanan yang tidak diperlukan bagi tubuh.

Artikel terkait :

9. Kanker prostat

Jenis kanker ini lebih spesifik terjadi pada laki – laki. Banyak faktor yang menyebabkan kanker prostat namun salah satunya adalah dengan buang air kecil berdiri. Oleh sebab itu banyak yang menganjurkan agar laki – laki buang air kecil dengan cara duduk. Kanker prostat  dapat dicegah dengan mengkonsumsi telur ikan secara rutin untuk mengobati dan sesekali untuk mencegah timbulnya kanker prostat. (Baca juga : Manfaat bawang merah)

10. Meningkatkan kekebalan tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh sangatlah penting agar tubuh terhindar dari virus yang menyebabkan anda jatuh sakit. Namun untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dibutuhkan makanan yang dapat meningkatkannya yaitu telur ikan. Kandungan di dalam manfaat telur ikan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artikel terkait :

Itulah merupakan manfaat dari telur ikan yang didapat untuk mengatasi dan mencegah berbagai macam penyakit tubuh.

Resep Telur Ikan

Telur ikan yang didapat secara mentah ada baiknya dapat diolah dengan berbagai macam resep makanan dari telur ikan untuk keluarga anda. Berikut ini resep makanan olahan dari telur ikan untuk dicoba dirumah :

  • Telur ikan masak sederhana

Berikut ini bahan – bahan di rumah yang harus disiapkan untuk membuat resep telur ikan masak sederhana :

  • 300 gr telur ikan bisa jenis telur ikan apa saja
  • Bawang putih dan bawang merah langsung di cincang 3 siung
  • Daun bawang, tomat, 2 lembar daun salam
  • Lengkuas dan grepek
  • Garam dan merica bubuk
  • Kecap manis
  • Air hangat
  • Minyak

Cara untuk melakukan pengerjaanya antara lain :

  • Panaskan minyak diatas kuali kemudian masukan bawang putih dan bawang merah hingga tercium baunya yang harum selaam beberapa menit.
  • Setelah itu masukan potongan tomat, daun bawang, daun salam dan lengkuas yang sudah di cuci hingga bersih dan di potong – potong dengan ukuran yang kecil kemudian aduk hingga rata sampai baunyapun tercium wangi.
  • Baru kemudian masukkan telur ikan yang sudah dibersihkan ke dalam bahan yang telah dimasak tadi dan aduk secara perlahan – lahan.
  • Setelah 5 menit baru kemudian di tambahkan kecap manis dan air.
  • Tambahkan garam dan merica ke dalam bahan – bahan tadi dan aduk secara perlahan hingga semua bahan tercampur dengan rata.
  • Tutup wajan dengan kuali dan masak selama kurang lebih 3 sampai dengan 5 menit dengan api yang sedang.
  • Setelah ditunggu hingga 5 menit maka angkat dan sajikan.

Itulah salah satu jenis resep masakan yang bisa di buat dengan telur ikan. Biasanya telur ikan ini banyak di jual – jual di pasar tradisonal. Telur ikan ini dapat di cuci dengan bersih terlebih dahulu baru kemudian di jadikan bahan resep makanan. Di restoran – restoran besar di berbagai belahan dunia resep masakan dengan bahan dasar telur ikan ini dijadikan favorit bagi penikmatnya. Belahan di benua Eropa seperti Iran banyak menjadikan telur ikan ini favorit yang di gilai oleh semua kalangan orang tua maupun anak – anak muda. Jadi tidak ada salahnya untuk memcoba membuat resep telur ikan ini di rumah anda.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 08th, October 2016 / 03:12 Oleh :
Kategori : Makanan