Manfaat Vitamin B1 Untuk Manusia

Pernahkah tanaman Anda menjadi layu dan kering saat dipindahkan? Pemindahan tanaman pada area/ pot baru atau biasa disebut potting. Potting bisa menyebabkan stres pada tanaman. Stres pada tanaman ditandai  dengan daun yang mulai layu, mengering, sampai tanaman mati. Stres pada tanaman ini dikarenakan ketidakmampuan tanaman untuk beradaptasi pada tempat barunya. Bisa dikarenakan kurangnya asupan nutrisi di tempat baru ataupun perbedaan tempat yang membuatnya stres. Seperti halnya pada ikan saat dipindahkan pada akuarium baru, bisa saja ikan itu justru mati karena stres. Tanaman pun merupakan makhluk hidup yang memiliki respon sama dan bisa stres.

baca juga :

Terdapat cara untuk mencegah respon stres pada tanaman, salah satunya dengan memberikan vitamin B1. Vitamin B1 mempunyai manfaat untuk tanaman, sebagai berikut :

1. Memperlancar metabolisme tumbuhan

Vitamin B1 dan komponen vitamin B lainnya mempunyai fungsi dalam metabolisme tanaman yaitu mengkonversikan karbohidrat menjadi energi untuk menggerakkan aktivitas dalam tanaman. Sehingga energi tambahan bisa digunakan untuk proses adaptasi pada tempat baru akibat repotting. Metabolisme tanaman yang baik akan mencegah stimulus rangsangan yang mengakibatkan respon stres pada tanaman.

baca juga :

2. Merangsang pertumbuhan akar

Produk vitamin b1 sudah banyak dikombinasi dengan NAA (Naphtalene Acetic Acid) yang dapat merangsang pertumbuhan akar lebih cepat. pemberian NAA mempengaruhi pertumbuhan akar yang kuat dan stabil. Percepatan pertumbuhan akar mempengaruhi proses adaptasi tanaman pada media yang baru sehingga lebih cepat mendapatkan nutrisi yang cukup untuk tumbuhan. Jika nutrisi di tempat baru tercukupi, hal itu akan menjadikan tempat baru senyaman tempat yang sebelumnya sehingga tanaman tidak perlu beradaptasi ekstrim setelah repotting.

baca juga :

3. Mengurangi stres pada tanaman

Pemberian vitamin B1 + NAA pada tanaman meningkatkan laju metabolisme dan pertumuhan akar sehingga tanaman tidak kesulitas mendapatkan nutrisi bagi dirinya dan jauh dari tanda tanda stres seperti daun yang mengering atau menguning, kemudian muncul bercak hitam dan mati. Dengan nutrisi yang cukup, stres pada tanaman bisa diatasi dan tanaman tidak akan mati setelah repotting. Vitamin B1 ini juga memberikan cadangan energi yang cukup pada tanaman sehingga tanaman tidak merasakan perbedaan pada tempat baru dan bisa beradaptasi dengan baik.

baca juga :


Cara Menggunakan Vitamin B1 pada Tanaman

Penggunaan vitamin B1 untuk tanaman bisa menggunakan kemasan vitamin yang banyak dijual di apotik. Cukup dengan dua butir vitamin B1 kemudian haluskan dan campurkan dalam satu liter air. Anda juga bisa membeli vitamin B1 kusus tanaman yang dijual di toko toko obat tanaman. Keduanya sama sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Siramkan larutan air vitamin B1 pada atas dan bawah daun dan juga akar tanaman sebelum dipindahkan ke pot yang baru. Terbukti pada tanaman yang diberikan vitamin B1, daun yang rontok lebih sedikit.

Vitamin B1 yang biasa digunakan adalah Vitamin B1 IPI yang biasa digunakan untuk vitamin bagi manusia juga atau menggunakan vitamin vitastart B+ NAA + Fe EDTA khusus untuk tanaman yang sudah dikombinasikan dengan zat/ nutrisi lain untuk tanaman. Anda bisa memilih dan mencoba salah satu dari keduanya, dan keduanya memiliki manfaat yang sama dalam mencegah kematian tanaman akibat stres pasca repotting.

baca juga :

Tanaman juga memiliki respon stres pada dirinya jika mengalami kesulitas beradaptasi sama dengan makhluk hidup lainnya. Jika Anda memiliki tanaman kesayangan yang indah menjaga kondisi tanaman sangatlah diperlukan. Tanaman yang tumbuh semakin besar, seringkali memerlukan wadah atau tempat tanam yang lebih besar pula sehingga perlu dipindahkan. Namun ternyata hal ini memerlukan perhatian yang cukup besar agar kualitas tanaman tidak terganggu atau bahkan mati. Perlakuan yang tepat untuk hal ini perlu diperhatikan. Anda tidak ingin kehilangan tanaman indah yang Anda sukai bukan? Perhatian yang lebih perlu kita berikan untuk tanaman agar bisa tumbuh dengan indah.

, ,
Oleh :
Kategori : Nutrisi