Manfaat Riboflavin (Vitamin B2) Pada Kesehatan

Riboflavin merupakan istilah dari vitamin B2 salah satu jenis vitamin B kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. fungsi dari vitamin B2 atau riboflavin ini adalah untuk membantu mengurangi protein, lemak dan karbohidrat yang ada di dalam makanan dan kemudian dialihkan menjadi energi bagi tubuh. selain itu, manfaat lainnya dari riboflavin adalah untuk membantu menyerap oksigen lebih optimal dalam tubuh.

artikel terkait:

Kebutuhan akan riboflavin atau vitamin B2 ini dapat dicukupi dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin B2. Contoh makanan yang mengandung riboflavin atau vitamin B2 ini antara lain adalah beras, sereal, telur dan susu. Anda juga bisa memperolehnya dari suplemen vitamin B2 atau riboflavin.

Pentingnya memenuhi asupan riboflavin

Asupan vitamin B2 atau riboflavin harus dicukupi karena jika tidak maka akan mengakibatkan kekurangan atau defisiensi vitamin B2.  Apabila tubuh mengalami kekurangan mineral dan juga vitamin B2 maka bisa berbahaya dan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberpa gejala kekurangan riboflavin dalam tubuh:

  • Terjadi infeksi di bagian mulut dan lidah
  • Mata akan lebih sensitive pada cahaya
  • Mata juga akan terasa lebih gatal dan perih
  • Terjadi pengelupasan kulit yang membuat penderitanya terasa sakit terutama di bagian hidung dan kantong zakar.
  • Dalam jangka panjang jika tubuh kekurangan vitamin B2 akan mengakibatkan katarak dan juga sakit kepala sebelah terus menerus.

Oleh karena itu sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin B2 atau riboflavin. Jumlah kebutuhan riboflavin setiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisi kesehatan, usia dan faktor lainnya. pada beberapa orang yang mengalami kondisi kesehatan tertentu seerti infeksi luka serius, diare lama, penyakit hati, gangguan usus, gangguan tiroid dan kanker akan membutuhkan asupan riboflavin lebih banyak dari kebutuhan orang normal. Selain itu orang yang mengalami stress dan kecanduan minum minuman keras juga membutuhkan asupan vitamin B2 lebih banyak.

artikel terkait: 6 manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuhmanfaat vitamin Cmanfaat you  C 1000

Suplemen riboflavin atau vitamin B2

Memebuhi kebutuhan riboflavin atau vitamin B2 memang lebih baik dari sumber alami dari makanan dan minuman namun jika memang diperlukan anda bisa mendapatkannya dar suplemen namun itu hanya sebagai penunjang saja tidak boleh dijadikan asupan utama. Saat ini obat suplemen vitamin B2 sudah banyak dijual di pasaran karena termasuk dalam jenis obat bebas yang sebagian besar tidak membutuhkan resep dokter. Namun demikian akan sangat baik jika anda sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum anda mengonsumsi supelemen vitamin B2. Suplemen vitamin B2 dapat dikonsumsi baik dewasa maupun oleh anak-anak. Manfaat dari suplemen vitamin B2 ini adalah untuk mencegah defisiensi riboflavin, mencegah migraine dan mencegah katarak.

artikel terkait: manfaat suntik vitamin C di tubuh kesehatanmanfaat vitamin A bagi kesehatanmanfaat vitamin B bagi tubuh

Peringatan mengonsumsi suplemen riboflavin

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bagi anda yang ingin mengonsumsi suplemen vitamin B2. Simak berikut ini:

  • Bagi wanita hamil dan yang sedang menyusui sebaiknya konsultasikan dengan dokter masalah dosis yang tepat.
  • Selagi anda berobat dan mengonsumsi suplemen vitamin B2 sebaiknya hindari rokok dan mengonsumsi minum minuman keras karena pengobatan akan terkendala.
  • Sebaiknya anda tidak mengonsumsi jenis obat kimia atau obat herbal lain tanpa adanya petunjuk daru dokter karena bisa berpotensi menimbulkan efek samping pada kesehatan.
  • Simpan suplemen dalam tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung supaya lebih aman.
  • Jika terdapat gejala alergi sebaiknya langsung hentikan penggunaan vitamin B2.

Peringatan ini tidak boleh diabaikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. (artikel terkait: manfaat susu beruang untuk asam lambungmanfaat biji duku manfaat vitamin E) Demikian ulasan singkat mengenai manfaat riboflavin dan sumber vitamin B2 yang dapat anda gunakan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 02nd, August 2016 / 07:43 Oleh :
Kategori : Kesehatan