Manfaat Biji Cengkeh di Bidang Kesehatan

Tanaman cengkeh memiliki nama latin Syzygium aromaticum. Tanaman cengkeh merupakan tanaman asli dari Indonesia yang berasal dari Maluku dan banyak di budidayakan di Aceh. Tanaman ini termasuk rempah – rempah yang banyak manfaatnya bagi bidang kesehatan. Pemanfaatan tanaman cengkeh ini sudah dilakukan sejak zaman dahulu hingga sekarang. Dalam tanaman cengkeh terdapat senyawa bernama eugenol sehingga bisa menjadi salah satu obat untuk herbal dalam mencegah beberapa penyakit. Selain zat eugenol cengkeh juga mengandung senyawa lainnya antara lain :

Kandunga dalam cengkeh inilah yang sangat di butuhkan oleh tubuh. Adapun manfaat dari biji cengkeh juga dapat digunakan untuk mencegah dan mengatasi penyakit seperti :

1.Kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh ada  di setiap tubuh manusia, dan sistem kekebalan tubuh terdapat di sel darah putih yang berfungsi melindungi tubuh dari dalam akibat serangan virus atau bakteri dari luar. Kekebalan tubuh bisa saja mengalami penurunan akibat beberapa sebab seperti kelelahan dan cuaca yang sering berubah – ubah.

Penurunan kekebalan tubuh ini bisa ditandai gejala awal dengan flu disertai demam. Itu sebabnya jika sudah mengalami demam ada baiknya untuk mengistirahatkan tubuh hingga panas badan turun. Karena bisa jadi demam yang Anda alami merupakan gejala awal dari penyakit yang lebih serius yang dapat mengintai kesehatan tubuh. Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap fit anda di anjurkan untuk tetap mengkonsumsi vitamin c yang baik untuk kekebalan tubuh. Dan salah satu tanaman herbal yang mengandung vitamin c didalamnya adalah biji cengkeh.

Artikel terkait :

2. Kanker

Mencegah kanker lebih baik dari pada mengobatinya. Karena kebanyakan kasus kanker yang telah memasuki stadium akhir sulit untuk di sembuhkan. Kanker merupakan pembelahan sel dalam tubuh yang menjadi banyak sehingga tak terkendali. Akibatnya kanker kadang menimbulkan komplikasi lain bagi organ tubuh lainnya. Belum lagi kanker sekarang telah banyak di idap tidak hanya para orang tua namun juga para remaja. Hal ini tidak terlepas dari makanan dan minuman yang di konsumsi. Makanan yang mengandung zat pewarna, penyedap dan perasa meningkatkan resiko kanker lebih dari 50 %.

Begitu juga dengan minuman yang mengandung alkohol dan soda. Jadi untuk mencegah kanker salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat dengan perbanyak konsumsi sayur – sayuran dan buah – buahan. Selain itu mencegah kanker secara alami juga dapat dilakukan dengan rutin makan biji cengkeh. Ada baiknya biji cengkeh di olah terlebih dahulu menjadi bubuk sehingga dapat langsung memudahkan untuk meminumnya.

Artikel terkait :


3. Sistem pencernaan

Pencernaan dalam tubuh berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan kemudian di alirkan ke seluruh anggota tubuh. Di sisi lain sistem pencernaan juga dapat membuang sisa makanan yang tidak diserap oleh tubuh dalam bentuk berupa feses. Hanya saja sistem pencernaan kadang tidak berjalan lancar ini biasanya dikarenakan kebutuhan serat yang tidak tercukupi. Sehingga feses menjadi keras. Langkah yang baik untuk dilakukan agar feses tidak menjadi keras adalah mencukupi kebutuhan serat. Dan ini bisa didapatkan dari biji cengkeh, karena biji cengkeh kaya akan serat.

Artikel terkait :

Itulah manfaat biji cengkeh secara alami yang dapat digunakan di bidang kesehatan sebagai rangkah pencegahan dan pengobatan herbal bagi tubuh.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 06th, February 2017 / 04:59 Oleh :
Kategori : Kesehatan