Manfaat Nanas Untuk Jantung Koroner

Jantung merupakan salah satu organ yang berukuran sekepalan tangan yang berguna untuk memompa dan menyebarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Organ yang satu ini sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Salah satu penyakit yang beresiko menyerang jantung adalah penyakit jantung koroner.

artikel terkait:

Penyakit jantung koroner atau iskemik merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia. Jantung koroner dapat terjadi apabila aliran darah ke jantung terhambat oleh lemak. Penimbunan lemak di arteti jantung ini baisanya dipicu karena kadar kolesterol yang tinggi dalam darah, kebiasaan merokok, diabetes serta tekanan darah tinggi.

Bagaimanapun juga, menjaga kesehatan jantung itu sangat perlu salah satunya dengan pola hidup sehat. Pola hidup sehat dapat dilakukan baik dengan cara olah raga maupun konsumsi makanan yang sehat. Apakah Anda tahu? Dari segi makanan sehat, nanas merupakan salah satu makanan yang dianggap baik untuk jantung.

Nanas

Nanas (Ananas Comosus (L.) Merr.) merupakan tumbuhan tropis dari daerah Brazil, Bolivia dan Paraguay yang memproduksi buah dengan nama yang sama, yaitu nanas. Tumbuhan nanas termasuk herba menahun dengan perawakan yang rendah yang memiliki 30 atau lebih daun yang bersifat panjang, berujung tajam dan tersusun dalam roset mengelilingi batang yang tebal. Nanas juga memiliki nama lain seperti nenas, ananas, danas (Sunda), neneh (Sumatera), pineapple (Inggris), dan pina Spanyol. Nanas mulai dikenalkan kepada Indonesia pada abad ke-16 oleh Spanyol .

Buah mememiliki sisik pada kulit buahnya dan mahkota seperti tongkol bunga di atasnya. Daging buah nanas memiliki daging buah yang berwarna kuning dengan kandungan air yang cukup banyak. Aroma buah nanas terbilang khas dan tajam dengan rasa manis sedikit asam yang sangat menyegarkan. Selain dikonsumsi dengan cara biasa, nanas juga dapat dikonsumsi sebagai rujak, manisan, jus maupun petis oleh masyarakat Indonesia.

artikel terkait: manfaat obat statinmanfaat daun binahong untuk jantungmanfaat sayu kangkung

Kandungan Nanas

Nanas memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi sebagai antioksidan. Selain itu, nanas juga mengandung nutrisi dan mineral penting seperti magnesium, thiamin, natrium, kalium, sukrosaserta enzim bromelain sebagai pemecah protein. Dalam setiap 100 gram buah nanas, terdapat kandungan gizi sebagai berikut.

Tabel 1. Kandungan Gizi Buah Nanas per 100 gram

Kandungan Jumlah
Energi 52 kkal
Protein 0,4 g
Lemak 0,2 g
Fosfor 11 mg
Zat besi 0,3 mg
Vitamin A 130 IU
Serat 0,4 g
Kalsium 16 mg
Vitamin C 24 mg
Karbohidrat 13,7 g
Vitamin B1 0,08 mg
Air 85,3 g

Manfaat Nanas untuk Jantung

Berikut merupakan manfaat nanas untuk jantung, antara lain sebagai berikut.

  • Membantu kesehatan jantung

Kandungan serat, kalium dan vitamin C pada nanas dianggap baik untuk penderita penyakit jantung. Kalium dipercaya dapat menurunkan resiko serangan stroke dan menurunkan resiko kematian karena penyakit jantung iskemik. Hal ini dikarenakan kalium dapat membantu menjaga ritme denyut jantung dan tekanan darah agar stabil.

artikel terkait: manfaat Ct scanmanfaat olahraga untuk jantung


  • Mencegah penyakit jantung

Selain itu, vitamin A dan C pada buah nanas juga dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat berperan untuk menangkal radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol  untuk membantu mencegah adanya penyakit jantung.

artikel terkait: manfaat kalsium bagi jantungmanfaat echo jantung

  • Obat pengencer darah pada penderita jantung koroner

Kandungan enzim bromeline yang terdapat pada bagian tengah nanas dipercaya mampu digunakan sebagai obat pengencer darah dengan efektif dan aman. Enzim ini mengurai trombus dan melepaskan ikatan anti oksidan dengan molekul lemak agar lemak dapat diurai sehingga masalah pengentalan darah pada penderita jantung koroner dapat teratasi.

artikel terkait: jantungmanfaat olahraga kardio

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat buah nanas untuk jantung. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 18th, October 2016 / 10:26 Oleh :
Kategori : Buah Buahan