7 Manfaat Brain Gym pada Lansia, Anak dan Dewasa

Brain Gym adalah organisasi yang melakukan latihan senam otak untuk meningkatkan kinerja otak akademik. Ada sekitar 26 kegiatan yang dilakukan saat Brain Gym yang mampu meningkatkan ketajaman mata, pendengaran, aktivitas tangan dan mata dan melenturkan tubuh. Brain Gym juga bekerja memanipulasi otak untuk meningkatkan pembelajaran dan mengingat sebuah informasi lebih cepat. Biasanya Brain Gym digunakan kepada anak yang di diagnosis autism agar otak mereka di manipulasi dan bekerja sebagaimana mestinya. Beberapa anak yang memiliki kelainan khusus menggunakan metode Brain Gym ini dan hasilnya sangat menguntungkan.

Ada juga beberapa manfaat-manfaat lain dari Brain Gym antara lain :

1. Relaksasi

Saat bekerja terus menerus biasanya manusia akan merasakan kebosanan karena aktivitasnya tersebut dan tidak memiliki waktu untuk refreshing bersama teman atau keluarga. Otak yang terus menerus bekerja tanpa berhenti akan lelah dan membuat seseorang dapat merasakan pusing. Ada baiknya disela-sela pekerjaan anda melakukan senam otak (Brain Gym) untuk mengistirahatkan otak dan melenturkan tubuh yang seharian terus bekerja. Selain itu, Brain Gym dapat membuat tetap happy dan smart walaupun performance kerja sedang menurun. Hanya dengan meluangkan waktu sekitar 1-2menit untuk melakukan Brain Gym sebelum melanjutkan aktivitas anda.

2. Fokus

Bagi anda yang kurang fokus terhadap sesuatu bisa mencoba metode ini. Brain Gym pemfokusan ini dituju untuk otak bagian depan dan belakang yang mempengarupi kemampuan ekspresi dan komunikasi anda. Senam ini sebaiknya dilakukan sebelum memulai sesuatu seperti sebelum bekerja atau sebelum belajar agar tetap terfokus pada apa yang dikerjakan.

Untuk menjaga fokus, lakukan pula aktivitas seperti :

3, Semangat

Brain Gym mampu meningkatkan semangat dalam melakukan aktivitas. Senam ini tidak hanya untuk anak-anak saja namun bagi para pelajar, pekerja kantoran, bahkan sampai orangtua bisa mencoba metode ini agar semangat dalam melakukan sebuah aktivitas. Tidak hanya itu, bagi para pekerja kantoran saat ingin meeting juga bisa melakukan senam ini agar anda semangat saat berpresentasi. Para lansia yang sudah mulai lesu juga dapat menggunakan metode ini agar lebih memiliki rasa sehat dan kuat serta tidak menjadi lesu lagi. Selain membuat tubuh lebih semangat, senam ini juga dapat meningkatkan stamina dalam tubuh.

4. Kecerdasan anak

Senam Brain Gym sangat berguna untuk kecerdasan otak anak pada usia dini. Senam ini berfungsi untuk membuat berkonsentrasi pada apa yang dipelajari dan membuat anak semakin cepat tanggap dan cerdas. Melakukan senam Brain Gym tidaklah sulit dan lebih terkesan menyenangkan. Oleh karena itu otak anak yang masih segar mampu menangkap gerakan-gerakan yang dilakukan saat Brain Gym dan secara tidak langsung otak anak tersebut akan bekerja semana mestinya.

Jadi bagi para orangtua yang sangat mencemaskan anaknya karena tidak fokus ataupun sangat susah menangkap suatu pelajaran, bisa menggunakan metode yang menyenangkan ini. Hal ini juga baij jika ditunjang dengan :

5. Menyambungkan saraf

Di saat bayi baru lahir, otak mereka sudah lengkap namun di ujung sel saraf belum terhubung. Untuk menghubungkan saraf tersebut, diperlukan stimulasi otak seperti melakukan gerakan-gerakan kecil agar sel saraf tersebut bekerja dan saling menyambung. Brain Gym akan membuat pergerakan-pergerakan yang membuat saraf pada otak akan bekerja  sedikit demi sedikit dan akhirnya memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Brain Gym ini dapat membuat buah hati cepat belajar menangkap sesuatu seperti berjalan dan berlari. Selain itu, buah hati anda juga akan cepat belajar mendengar, berbicara, berfikir, sampai mengingat.

6. Menjaga tubuh tetap stabil

Manfaat Brain Gym sangatlah banyak, salah satunya untuk menjaga agar tubuh tetap stabil. Kegiatan yang sangat padat dan banyak tugas yang harus dikerjakan membuat seseorang menjadi jenuh dan letih, akibatnya tidak jarang banyak yang mengalami stress ringan. Solusi yang tepat untuk menjaga keseimbangan tubuh adalah dengan melakukan senam otak disela-sela kesibukan kita, jadi tidak perlu untuk ber-refreshing ke mall atau tempat tempat menyenangkan lainnya yang mengeluarkan banyak tenaga dan waktu hanya untuk kesenangan sesaat.

Brain Gym sangatlah bermanfaat untuk kesibukan kita pada saat ini yang sampai sulit sekali meluangkan waktunya untuk berolahraga sebentar. Cara kerja Brain Gym ini memanipulasi kerja otak agar tidak memikirkan hal-hal yang negatif. Kondisi tubuh yang stabil juga didukung dengan asupan seperti :

7. Merangsang otak

Pada umumnya orang yang menggunakan fungsi tubuh bagian kanan cenderung mengaktifkan otak kirinya, begitu juga sebaliknya jika yang difungsikan tubuh bagian kiri, maka otak kanan lah yang bekerja aktif. Oleh sebab itu, untuk anda yang memiliki buah hati yang baru bertumbuh, saat itulah mereka memilih menggunakan otak kanan atau kiri. Orang tua sangat senang saat buah hatinya menggunakan tubuh bagian kanan mereka seperti menulis, namun tidak ada salahnya jika tidak jarang ada yang menggunakan tubuh bagian kiri.

Sebagai orangtua, anda dapat membuat buah hati anda menggunakan kedua otaknya agar berfungsi dengan baik dengan cara melakukan senam otak dari usia dini. Senam otak dapat membantu keseimbangan otak anak anda secara bersamaan dan diharapkan potensi kedua belahan otak akan seimbang sehingga kecerdasan anak semakin maksimal.

Brain Gym Baik Dilakukan untuk Semua Usia

Banyak sekali manfaat saat melakukan senam otak ini terutama pada anak usia dini. Selain itu, bagi para orang dewasa juga dapat menambah stamina agar tidak cepat lelah saat melakukan aktivitas. Senam otak ini sangat mudah sekali dilakukan agar semua dapat mengikutinya dan merasakan manfaat yang sama. Tidak hanya itu, siapapun dapat mengajari bagaimana melakukan gerakan-gerakan senam otak, jadi tidak perlu takut memifirkan biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan senam otak ini. Ajak semua keluarga untuk melakukan gerakan ini agar keluarga anda semakin sehat dan tetap bergairah. Olahraga ini sangatlah aman bagi orang dewasa hingga anak-anak yang masih kecil dan tidak perlu khawatir bila anak anda terkena cidera karena olahraga ini.

Brain Gym sangat cocok untuk segala usia dan tidak membahayakan sama sekali. Bagi yang tertarik pun dapat mencobanya tanpa harus memikirkan peralatan apa saja yang harus disiapkan, karena Brain Gym lebih menggunakan tangan sebagai media untuk melakukan senam ini. Bagi anda yang ingin mencoba Brain Gym dan baru pertama kali mencobanya dapat melihat tutorialnya berikut ini :

, , ,
Oleh :
Kategori : Pendidikan