9 Manfaat Biji Buah Mahoni Pada Kesehatan

Mahoni termasuk dalam jenis pohon dengan kayu besar. Kayu mahoni banyak dimanfaatkan untuk membuat perabot dan peralatan dari kayu lainnya. Selain kayu mahoni, mahoni juga banyak dimanfaatkan biji buahnya. Biji buah mahoni banyak digunakan oleh anak kecil untuk bermain baling-baling, karena ketika dilemparkan ke atas, dapat berputar seperti baling-baling. Biji buah mahoni yang sudah dikupas memiliki warna putih dan rasa pahit yang luar biasa. Nemun, dibalik rasa pahit tersebut, biji mahoni banyak dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan.

artikel terkait:

Biji Mahoni Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Biji buah mahoni seperti obat, sama-sama pahit dan sama-sama dapat dijadikan obat untuk mengatasi masalah kesehatan atau penyakit. Beberapa manfaat biji buah mahoni diantaranya:

  1. Mengatasi Hipertensi/ Tekanan Darah Tinggi

Dalam farmakologi China, biji mahoni memiliki kandungan di dalamnya yang mampu mengatasi hipertensi dengan menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mengatasi hipertensi, seduhan biji mahoni dapat diminum 2 kali dalam sehari pada saat pagi dan sore.

artikel terkait: manfaat biji mangga

  1. Mengatasi Masalah Gula Darah

Biji mahoni memiliki kandungan saponin, kandungan saponin dalam biji mahoni ini dapat bekerja untuk mengatasi masalah kelebihan gula darah dengan mengeluarkan gula darah dari dalam tubuh. Biji mahoni yang dikonsonsumsi 30 menit sebelum makan dapat mengurangi kadar gula darah dan membuat kadar gula darah dalam tubuh lebih stabil. Dengan mengkonsumsi ½ sendok teh biji mahoni yang diseduh dalam air hangat, maka masalah gula darah dapat teratasi.

artikel terkait: manfaat biji aprikot

  1. Mengatasi Penyakit Jantung

Mengkonsumsi biji mahoni juga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Biji mahoni memiliki kandungan flavonoid, dimana kandungan flavonoid inilah yang dapat melancarkan perederan atau sirkulasi darah. Selain flavonoid, biji mahoni juga memiliki kandungan saponin yang mampu menyehatkan jantung.  Lancarnya peredaran darah dan terjaganya kesehatan jantung, maka jantung menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko penyakit jantung.

artikel terkait: manfaat biji asam kawak

  1. Mengurangi Alzheimer

Alzheimer adalah jenis penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun dapat dilakukan penanganan untuk membuat penderita alzheimer tetap bertahan hidup. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu penderita alzheimer tetap bertahan yakni dengan menambahkan bubuk mahoni ke dalam makanan atau minuman penderita alzheimer.

artikel terkait: manfaat biji asam jawa

  1. Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri Haid yang sering di alami oleh beberapa wanita saat menstruasi dapat diatasi dengan meminum biji mahoni. Biji mahoni memiliki kandungan seperti obat anti nyeri. Sehingga dapat mengatasi rasa nyeri pada saat haid.

artikel terkait: manfaat biji ketapang

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Mengalami kesulitan buang air besar akan mengganggu aktivitas karena badan terasa tidak nyaman. Mengatasi sulit buang air besar dapat dilakukan dengan meminum seduhan biji mahoni. Biji mahoni mampu melancarkan proses metabolisme, sehingga dapat mengatasi masalah buang air besar.

artikel terkait: manfaat pucuk daun jambu biji


  1. Meningkatkan Vitalitas Pria dan Wanita

Biji mahoni memiliki fungsi lain yakni untuk menjaga vitalitas baik pria maupun wanita. Mahoni dapat dijadikan suplemen untuk menambah vitalitas tersebut.

artikel terkait: manfaat kopi biji kurma

  1. Menambah Berat Badan

Beberapa orang yang memiliki berat badan yang dirasa kurang, dapat mencoba mengkonsumsi biji mahoni. Biji mahoni dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga berat badan juga akan meningkat.

artikel terkait: manfaat kopi biji salak

  1. Mencegah Kanker

Biji mahoni juga dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Antioksidan inilah yang dapat mencegah munculnya penyakit jantung dari tubuh.

artikel terkait: manfaat jambu biji untuk anemia

Biji mahoni memiliki berbagai macam manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan. Namun perannya sebagai obat, mengkonsumsi biji mahoni juga harus diperhatikan kadar konsumsinya. Jika terlalu berlebihan, tidak akan mengatasi penyakit, tapi malah akan menimbulkan penyakit baru. Jadi, konsumsilah biji mahoni sesuai dengan kadarnya, yakni tidak lebih dari 200mg setiap harinya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 09th, February 2017 / 00:54 Oleh :
Kategori : Kesehatan