Manfaat Sawo Manila Menakjubkan Selain Rasanya yang Nikmat

Meski pohon ini baru memiliki tinggi satu meter, namun sawo manila sudah mampu menghasilkan buah dengan tekstur yang lembut dan juga manis. Buah sawo ini berbentuk bulat telur dengan warna coklat agar kemerahan serta permukaan kulit yang bersisik. Biji dari sawo manila ini berwarna hitam yang bisa berjumlah hingga 12 butir untuk setiap buahnya. Daging buah sawo yang berwarna coklat ini bisa disantap dalam keadaan segar atau diolah kembali menjadi sorbet, selai, sirup dan juga difermentasikan menjadi anggur atau cuka. Selain memiliki rasa yang nikmat, sawo manila juga baik dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang tinggi seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi, karbohidrat, fosfor, energi, lemak, kalsium dan protein. Seperti buah lainnya, ada begitu banyak manfaat sawo manila untuk kesehatan tubuh dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Mencegah Penyakit Virus

Seperti buah tinggi akan vitamin C lainnya, sawo manila yang juga tinggi vitamin C berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk pencegahan penyakit. Vitamin C yang terkandung dalam sawo manila ini sangat berguna untuk mencegah penyakit virus umum seperti influenza dan juga flu. Bahan ada juga bukti yang memperlihatkan jika vitamin C dalam sawo bisa mengurangi risiko infeksi pneumonia.

  1. Menjaga Sistem Pencernaan

Serat dalam sawo manila sangat baik untuk pencernaan. Untuk itu mengkonsumsi sawo manila bisa meningkatkan sistem pencernaan segala menyeluruh sekaligus meringankan banyak gejala pencernaan yang umum dialami seperti sembelit, solusi diare dan gangguan pencernaan. Selain itu, ada bukti lainnya jika kandungan serat dalam sawo manila ini bisa mengurangi risiko radang usus, penyakit jantung dan bahkan kanker usus besar.

  1. Mengendalikan Berat Badan

Alasan baik mengkonsumsi sawo manila lain adalah manfaat serat didalamnya yang bisa mengurangi keinginan makan sepanjang hari. Ini tentunya sudah jelas bisa mengurangi asupan kalori sehingga berat badan berlebih yang tidak diinginkan bisa diturunkan. Namun meskipun begitu, sebaiknya hindari mengkonsumsi sawo manila terlalu banyak karena dalam buah ini juga mengandung fruktosa.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Buah sawo manila atau sapodilla juga merupakan sumber antioksidan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sekaligus mengurangi risiko penyakit akibat radikal bebas. Menurut penelitian, kandungan antioksidan dalam buah ini bisa melindungi seseorang dari stres oksidatif penyebab penyakit mematikan seperti jantung. Antioksidan dalam buah ini juga bisa memberi perlindungan pada otak serta mengurangi risiko pengembangan kondisi saraf degeneratif seperti alzheimer.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Sawo manila dan jenis sawo lain juga mengandung beberapa mineral penting seperti manfaat kalsium, seng dan juga mangan yang bisa memberikan efek positif pada kesehatan tulang dan otot. Jika tubuh kekurangan kalsium, maka risiko penyakit tulang bisa meningkat sehingga osteoporosis juga bisa terjadi.

  1. Menyehatkan Kulit

Sawo manila mengandung banyak nutrisi dan manfaat antioksidan yang membuat buah ini sangat sempurna sebagai solusi kecantikan kulit agar tampil awet muda. Sedangkan vitamin E yang juga ditemukan dalam buah ini bisa melembabkan kulit sehingga terlihat bercahaya sekaligus menunda tanda tanda penuaan dini.

  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Dengan berbagai nutrisi yang terkandung dalam sawo manila, tidak hanya kesehatan kulit yang terjaga dengan baik namun ada juga manfaat sawo untuk kesehatan rambut sekaligus juga membuat rambut terlihat lebih sehat dan berkilau. Hanya cukup mengkonsumsi berbagai makanan sehat seperti salah satunya sawo manila ini, maka sudah bisa menjaga kesehatan rambut anda. Bahkan menggunakan minyak yang terbuat dari biji sawo manila juga ampuh untuk melembabkan dan mencegah berbagai kerusakan rambut anda.

Manfaat sawo manila yang tidak hanya memiliki rasa nikmat ini ternyata juga menyimpan berbagai khasiat apabila dikonsumsi dengan teratur. Meski buah ini bisa diolah kembali menjadi berbagai makanan, akan tetapi dianjurkan untuk mengkonsumsi langsung buah sawo manila untuk mendapatkan semua manfaat dari buah ini.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan