14 Manfaat Buah Pome Untuk Penyakit Dalam dan Kulit

Buah pome, pomegranate atau delima tidak hanya merupakan buah yang sangat lezat, namun juga tinggi akan sumber antioksidan, anti virus, anti tumor dan kaya akan vitamin seperti vitamin A, C dan E serta asam folat. Bahkan dari hasil penelitian, buah pome mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak dibandingkan teh hijau atau buah anggur. Selain itu, buah pome juga menjadi salah satu buah yang sangat disarankan dokter untuk dikonsumsi sehabis sembuh dari sakit. Sedangkan dalam pengobatan tradisional, buah pome juga digunakan untuk membersihkan kulit, mengatasi peradangan dan mencegah sakit tenggorokan. Ingin tahu apa saja manfaat buah pome selengkapnya?, silahkan simak ulasannya dari kami berikut ini.

  1. Mengatasi Gangguan Perut

Buah pome baik bagian daging buah, kulit buah, daun dan juga kulit kayu bisa digunakan untuk menenangkan gangguan perut seperti solusi diare dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Mengkonsumsi buah ini secara langsung atau dibuat menjadi jus bahkan sudah terbukti sangat ampuh untuk menyembuhkan disentri dan juga kolera.

  1. Mengurangi Masalah Jantung

Mengkonsumsi buah pome dengan teratur juga baik dalam mempertahankan aliran darah yang lancar dalam tubuh. Dengan sifat tersebut, maka risiko serangan jantung dan juga stroke bisa diturunkan karena kandungan antioksidan tinggi dalam buah ini ampuh untuk mencegah kolesterol jahat yang terakumulasi sehingga arteri akan bebas dari gumpalan penyebab aliran darah tersumbat.

  1. Mencegah Osteoarthritis

Osteoarthritis juga bisa dicegah hanya dengan mengkonsumsi buah pome termasuk penyakit aterosklerosis yang terjadi karena penebalan dan pengerasan dinding arteri, tulang rawan dan juga persendian. Selain itu, buah pome juga sangat baik untuk mencegah pembentukan enzim yang menjadi penyebab pecahnya jaringan ikat dalam tubuh.

  1. Mengatasi Anemia

Aliran darah yang sehat akan selalu bisa dipertahankan dengan cara mengkonsumsi berbagai makanan sehat termasuk buah pome. Buah ini bisa menyuplai zat besi dalam aliran darah sehingga gejala anemia seperti lemas, pusing dan gangguan pendengaran bisa berkurang.

  1. Mengatasi Disfungsi Ereksi

Dari sebuah penelitian yang sudah dipublikasikan di Journal of Urology menyebutkan jika buah pome bisa membantu dalam penyembuhan masalah disfungsi ereksi. Sedangkan dalam penelitian lainnya memperlihatkan jika buah pome sanggup menyembuhkan masalah disfungsi ereksi pada 61 pria dalam tes sampel yang dilakukan.

  1. Mengontrol Diabetes

Untuk penderita diabetes, buah pome sangat baik dikonsumsi baik secara langsung atau dalam bentuk jus untuk mengurangi berbagai penyakit koroner seperti pengerasan arteri yang menjadi sumber berbagai penyakit jantung berbahaya.

  1. Memperbaiki Tekstur Kulit

Buah pome juga dikenal sebagai buah yang bisa memperpanjang umur fibroblast yang penting dalam produksi kolagen dan elastin untuk mengencangkan kulit dan pencegahan garis halus serta kerutan. Kolagen dan elastin nantinya akan menjadi solusi kecantikan kulit alami sehingga masalah kerutan bisa dicegah sekaligus mencerahkan warna kulit dan membuat kulit terlihat bercahaya.

  1. Mencegah Kanker Kulit

Dalam buah pome mengandung anthocyanin dan juga tanin terhidrolisa yang mengandung sifat antioksidan dan anti tumor sangat kuat. Saat diaplikasikan langsung pada kulit, asam ellagic yakni antioksidan polifenol dalam buah ini akan bekerja sebagai solusi kanker kulit.

  1. Menyembuhkan Bekas Luka

Buah pome juga sangat membantu dalam regenerasi sel pada lapisan epidermis dan dermal kulit sehingga mempunyai kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Bahkan, manfaat biji buah delima atau pome ini juga tinggi akan nutrisi penting bagi kulit untuk memperkuat dan regenerasi epidermis untuk melindungi kulit dari luka bakar karena sengatan matahari secara terus menerus.

  1. Meregenerasi Tulang Rawan

Kegunaan lain dari buah delima adalah untuk menghambat enzim yang bertanggung jawab terhadap kerusakan tulang rawan sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita radang sendi dan tulang. Bahkan, mengkonsumsi jus buah pome juga bisa melarutkan batu ginjal secara cepat tanpa menimbulkan efek samping berbahaya.

  1. Menjaga Tekanan Darah

Buah pome juga memiliki sifat ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi sekaligus mengurangi lesi dan peradangan pada pembuluh darah penderita jantung. Dengan ini, buah pome akan bertindak seperti aspirin dalam bentuk alami yang berguna untuk mengencerkan darah sehingga aliran darah bisa disuplai secara lancar ke seluruh bagian tubuh.

  1. Perawatan Prenatal

Manfaat buah delima merah atau buah pome juga menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi wanita hamil sebab menjadi sumber vitamin dan mineral termasuk asam folat yang penting dalam diet pra kelahiran. Selain itu, sifat anti inflamasi dalam buah ini akan menjaga aliran darah yang sehat dan penting untuk perkembangan janin secara menyeluruh. Sementara kandungan kalium dalam buah ini bisa mencegah dan mengurangi rasa sakit kram kaki yang umumnya terjadi selama masa kehamilan, menurunkan risiko bayi terlahir prematur atau kelahiran dengan berat badan yang kurang.

  1. Mencegah Kerontokan Rambut

Tidak hanya baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit dalam, namun buah pome ini juga bisa memperkuat folikel rambut sehingga mencegah kerontokan pada rambut sekaligus menyehatkan dan memberi tampilan rambut berkilau hanya dengan mengkonsumsi jus buah pome secara teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Kegunaan terakhir dari buah pome adalah memiliki sifat anti bakteri dan anti viral yang membantu mengurangi plak pada gigi sehingga bisa memutihkan gigi secara alami sekaligus melindungi dari berbagai penyakit mulut dan gusi.

Manfaat buah pome yang terasa menyegarkan ini sudah dibuktikan dari beberapa penelitian jika bisa menyembuhkan berbagai penyakit ringan sampai berbahaya, menjaga kesehatan kulit dan bahkan merawat rambut secara alami. Untuk mengkonsumsi buah pome bisa dilakukan secara langsung atau dibuat jus yang lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin.