10 Manfaat Kuaci Putih dari Labu

Kuaci banyak digemari masyarakat sebagai cemilan yang gurih dan murah. Cemilan kuaci banyak dibuat dari biji bunga matahari, biji semangka dan biji labu. Namun yang akan dibahas dalam artikel ini adalah manfaat dari biji kuaci yang berasal dari labu.

Baca juga :

Biji labu atau yang memiliki nama Latin Cucurbita moschata ini memilki banyak kandungan nutrisi juga vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga :

Beberapa kandungan di dalam kuaci dan Manfaat Kuaci Putih yaitu :

1. Senyawa fenolik sebagai antioksidan

Untuk menurunkan resiko terserang berbagai penyakit akibat paparan radikal bebas maka tubuh kita memerlukan zat-zat antioksidan. Selain buah dan sayur, ternyata kuaci juga merupakan sumber zat antioksidan yang cukup tinggi. (Baca Juga: Manfaat labu kuning, Manfaat labu siam)

2. Mengandung beberapa zat asam amino yang berguna untuk kesehatan kelenjar prostat

Kuaci memiliki kandungan asam amino seperti alanin, glisin dan asam glutamat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satu fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan kelenjar prostat agar dapat memproduksi cairan prostat dengan baik serta meningkatkan kualitas sperma. (Baca juga : Manfaat herbastamin untuk stamina, Manfaat semangka untuk kesuburan)

3. Memiliki kandungan mineral Zn untuk memproduksi kolagen

Secara alami mineral Zn banyak terdapat dalam buah dan sayur, namun ternyata biji labu ini juga memiliki kandungan Zn yang cukup tinggi. Salah satu fungsi Zn di dalam tubuh adalah membantu kerja enzim untuk memproduksi hormon/zat yang diperlukan tubuh. Misalnya dalam memproduksi kolagen yang sangat dibutuhkan tulang, enzim membutuhkan Zn dan mineral lain. (Baca Juga: Manfaat kopi cleng, Manfaat daun kemangi untuk kesuburan )

4. Kandungan Zn untuk metabolisme karbohidrat dan energi
5. Kandungan Zn untuk membantu proses penyembuhan luka
6. Kandungan Zn untuk proses perkembangan reproduksi pria

(Baca Juga: Manfaat Akar Ginseng , Manfaat Seng , Manfaat Energi Matahari)

7. Kaya akan kandungan mineral Mg

Mineral Mg dibutuhkan dalam tubuh untuk mengontrol kadar gula darah, tekanan darah serta menurunkan resiko terkena penyakit jantung. (Baca juga : Manfaat tebu hijau, Manfaat ketumbar untuk darah tinggi, Manfaat jeruk bali, Manfaat kulit melinjo)

8. Mengandung asam amino triptofan untuk mengatasi insomnia

Satu lagi kandungan asam amino yang ada dalam kuaci putih yaitu triptofan. Kandungan triptofan ini berguna untuk mengatasi gangguan susah tidur atau insomnia.

Baca Juga:

9. Mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Beberapa penelitian telah berhasil membuktikan bahwa kuaci putih memiliki berbagai kandungan nutrisi melalui analisis proksimat. Nutrisi tersebut antara lain : karbohidart, protein, lemak, dan serat.

Baca Juga:

10. Memiliki kandungan serat yang dapat menjadi alternatif diet jitu

Banyaknya metode diet saat ini dapat kita kombinasikan dengan menambahkan kuaci putih dalam daftar menu diet tersebut. Hal ini dikarenakan kuaci putih memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga akan berguna untuk melancarkan pencernaan.

Setelah mengetahui banyaknya kandungan nutrisi, vitamin dan mineral dalam kuaci putih maka tidak ada salahnya untuk menambahkan kuaci putih dalam daftar menu camilan sehat sehari-hari.

Artikel terkait : Manfaat serum temulawak, Manfaat teh fleecy, Manfaat kunir asem, Manfaat pisang susu, Manfaat teladak, Manfaat biji fumayin untuk domba, Manfaat kapri biji pipih, Manfaat jamur bulan, Manfaat jamur grigit

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 21st, June 2017 / 06:02 Oleh :
Kategori : Makanan