8 Manfaat Pir Hijau Untuk Diet Super Ampuh

Dewasa ini banyak orang yang melakukan diet, tidak hanya untuk mendapatkan tubuh yang ideal saja melainkan karena faktor kesehatan. Metode yang digunakan pun juga beragam, ada yang mengkonsumsi obat-obatan terentu, diet protein, diet mayo, diet sayuran, pengaturan jendela makan atau OCD, sedot lemak, bahkan ada yang melakukan berbagai operasi untuk membuang kelebihan lemak di dalam tubuh. Meskipun mengeluarkan biaya yang cukup besar, peminat diet sampai saat ini tidak kunjung surut justru semakin menigkat saja. Lalu, apa saja alasan orang-orang melakukan diet?

1.Penampilan – Seorang yang bertubuh ideal dianggap cantik bagi wanita dan dianggap tampan bagi laki-laki. Padahal, tidak ada kamus yang mendefinisikan bahwa cantik dan tampan itu adalah kurus. Namun, karena paradigma masyarakat saat ini sudah seperti itu maka akan sulit untuk mengubahnya. Dengan demikian alasan yang paling sering ditemui saat seseorang melakukan diet adalah demi penampilan.

Baca juga:

2.Kesehatan – Dewasa ini berbagai permasalahan kesehatan muncul akibat buruknya pola makan seperti diabetes dan kolesterol. Jangan anggap remeh kedua penyakit tersebut, karena notabene diabetes dan kolesterol dapat menyebabkan berbagai komplikasi munculnya penyakit lainnya. Diet merupakan suatu kegiatan dimana kita mengatur pola makan kita sehingga diet merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh penderita diabetes dan kolesterol.

Tidak semua metode diet itu aman, oleh sebab itu tidak sedikit orang yang mencoba diet alami menggunakan makanan sehat yang diiringi dengan konsumsi air putih yang cukup dan olah raga rutin. Salah satu metode diet alami sehat yang dapat kita lakukan adalah memanfaatkan buah pir hijau. Mengapa? Berikut beberapa alasannya, yakni:

1. Mengenyangkan karena Tinggi Serat

Pir hijau merupakan salah satu jenis buah yang kandungan seratnya cukup tinggi bahkan melebihi apel. Dalam sebuah pir hijau berukuran sedang mengandung serat dua kali lipat lebih besar dibanding apel. Buah yang tergolong dalam Pyrus ini memiliki serat sebanyak 6 gram yang artinya 1 buah pir mengandung setidaknya seperlima dari asupan serat yang disarankan untuk dikonsumsi oleh tubuh kita dalam satu hari.

Seperti yang kita ketahui, diet tidak bisa lepas dengan makanan berserat. Mengapa? Hal ini karena serat telah lama dipercaya dapat membantu kita dalam menurunkan berat badan sehingga sangat membantu dalam program diet. Memakan makanan yang kandungan seratnya cukup tinggi dapat memberikan efek mengenyangkan lebih lama. Dengan demikian manfaat buah pir hijau untuk diet yang notabene kandungan seratnya tinggi dapat membantu menekan nafsu makan kita agar tidak berlebihan. (Baca juga : Manfaat Serat)

2. Melancarkan Pencernaan

Salah satu parameter diet adalah lancarnya proses pencernaan. Ketika proses pencernaan lancar, maka perut mengempis alias tidak buncit karena diet akan sempurna saat perut juga langsing. Jika proses pencernaan tidak lancar maka semua makanan tertimbun di dalam perut yang akhirnya dapat menambah berat badan. Selain untuk penampilan, proses pencernaan yang lancar juga mengindikasikan kesehatan organ-organ pencernaan di dalam tubuh.

Dengan demikian, pencernaan yang lancar tidak hanya diimpikan oleh orang-orang yang sedang melakukan diet saja melainkan juga oleh orang-orang yang sedang tidak berdiet. Salah satu makanan yang dapat membantu memperlancar proses pencernaan adalah pir hijau karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. (Baca juga: Manfaat Daun Senna untuk Pencernaan)


Baca juga:

3. Rendah Kalori

Manusia membutuhkan makanan sebagai bahan bakar yang digunakan untuk menghasilkan energi. Energi ini nantinya akan digunakan oleh manusia untuk melakukan berbagai aktifitas seperti bergerak dan berfikir. Tingkat energi yang dihasilkan oleh makanan biasanya dihitung berdasarkan jumlah kalorinya. Seseorang yang sedang melakukan diet sangat disarankan untuk membatasi asupan kalori. Hal ini bukan berarti kita sama sekali tidak boleh makan, tetapi kita harus makan makanan yang rendah kalori namun masih mencukupi kebutuhan kita dalam sehari untuk beraktifitas. Salah satu asupan makanan sehat rendah kalori adalah pir hijau yang mana dalam 100 gramnya mengandung 58 kalori. Dengan demikian, pir hijau cocok digunakan sebagai teman untuk membantu program diet sehat anda. (Baca juga: Manfaat Kalori Bagi Tubuh Manusia)

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Saat diet maka asupan nutrisi seseorang pun akan cenderung menurun. Hal ini dapat menyebabkan seseorang lebih rentan terhadap berbagai virus dan bakteri, dengan kata lain sistem kekebalan tubuhnya menurun. Jika anda melakukan diet sehat dengan memanfaatkan buah pir hijau maka anda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini. Pir hijau mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang mana vitamin ini telah dipercaya kemampuannya dalam meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, vitamin C juga membuat tubuh tampak lebih sehat dan bugar. Dengan demikian pir hijau juda dapat mengatasi efek dari diet yang membuat tubuh cenderung lemas karena berkurangnya asupan kalori. (Baca juga: Sistem Kekebalan Tubuh)

Baca juga:

5. Mengurangi Peradangan

Agar diet anda berhasil, setidaknya anda perlu melakukan olah raga rutin. Banyak jenis olahraga yang dapat digunakan, hanya saja anda perlu memilih olah raga yang tepat agar kalori anda banyak yang terbakar namun membutuhkan biaya, usaha, dan waktu yang seminimal mungkin. Dengan kata lain anda perlu memilih olahraga yang seefektif dan seefisien mungkin agar diet anda berhasil dengan optimal. Namun, beberapa jenis olahraga dapat berdampak buruk bagi kesehatan sendi, tulang, dan otot.

Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda memilih olah raga ringan untuk meminimalisir efek dari olahraga. Selain itu, konsumsi buah pir hijau sangat diperlukan jika anda melakukan berbagai jenis gerakan olahraga. Hal ini karena pir hijau mengandung berbagai zat yang mampu mengurangi terjadinya peradangan seperti radang pada persendian. (Baca juga: Manfaat Obat Mefinal)

6. Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik merupakan suatu ukuran yang menunjukkan bahwa suatu makanan memiliki potensi peningkatan kadar gula dalam darah. Secara sederhana indeks glikemik ini dapat diartikan sebagai tingkatan atau rangking yang dimiliki oleh suatu makanan dalam hal peningkatan kadar gula dalam darah. Jika indeks glikemik suatu makanan adalah tinggi maka makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah relatif tinggi juga, sebaliknya jika indeksnya rendah maka peningkatan kadar gula dalam darah pun juga rendah.

Manfaat pir hijau untuk diet merupakan salah satu bahan makanan dengan indeks glikemik rendah sehingga buah satu ini baik untuk penderita diabetes yang sedang melakukan diet. Namun demikian, pengolahan makanan dapat menyebabkan perubahan indeks glikemik suatu bahan makanan karena terjadinya perubahan struktur gizi, komposisi gizi, dan daya cerna suatu makanan. (Baca juga: Manfaat Talas Bagi Penderita Diabetes)

Baca juga:

7. Rendah Kolesterol

Kolesterol merupakan suatu parameter yang menunjukkan adanya lemak dalam darah sehingga kolesterol bukan merupakan suatu penyakit. Hanya saja jika kadar kolesterol dalam darah relatif tinggi maka dapat mengakibatkan berbagai permasalahan seperti serangan jantung, stroke, dan sebagainya. Pir hijau sangat cocok digunakan untuk melakukan diet bagi penderita kolesterol karena kandungan kolesterolnya yang relatif rendah. Dengan kata lain, anda tidak perlu mengkhawatirkan kolesterol anda saat anda memakan buah satu ini. (Baca juga: Manfaat Daun Sambiloto untuk Kolesterol)


8. Mengandung Banyak Nutrisi Lainnya

Seseorang yang sedang berdiet tentunya asupan nutrisinya pun juga berkurang karena minimnya makanan yang diproses oleh tubuh. Salah satu alasan lainnya yang membuat buah pir hijau cocok digunakan untuk berdiet adalah kandungan nutrisinya yang tinggi. Buah pir mengandung berbagai jenis vitamin seperti vitamin A, B, dan C. Buah pir hijau juga mengandung lemak, serat, protein, dan karbohidrat. Selain itu, buah yang termasuk golongan apel ini juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan beberapa zat lainnya. Dengan demikian, konsumsi buah pir hijau untuk diet sangat tepat karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap.

Baca juga:

Beberapa ulasan di atas telah menjelaskan tentang manfaat pir hijau untuk diet beserta alasnanya. Harapannya, semoga ulasan tersebut dapat memberi wawasan kepada kita tentang pir hijau yang dapat membantu program diet anda secara alami dan sehat. Semoga bermanfaat!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 19th, August 2017 / 01:32 Oleh :