10 Manfaat Besar Memakan Buah Rambutan

Rambutan merupakan buah dengan karakteristik kulit yang memiliki rambut sehingga menjadikannya unik. Buah rambutan memiliki warna kulit merah saat sudah masak dengan karakteristik warna buah putih dengan biji yang agak besar. Karakter buah rambutan disebut memiliki kesamaan dengan beberapa buah lain seperti kelengkeng dan leci.  Buah rambutan merupkan buah musiman yang akan banyak dijual dan beredar dipasaran diwaktu panen sehingga tidak setiap waktu tersedia akan tetapi sekali dipanen pasti sangat banyak masyarakat yang akan membelinya sebab buah rambutan memiliki rasa manis segar dan murah sehingga buah ini disukai banyak orang.

Tidak hanya itu rambutan dari segi gizi memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral. Kandungan baik yang ada dalam rambutan memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasan dari setiap manfaat memakan buah rambutan

1. Sumber vitamin

Buah rambutan yang manis menjadi idola masyarakat. Buah yang unik dengan kulit berambut yang sering dijual dengan harga murah ini memiliki kandungan manfaat vitamin A dan Vitamin C. Kedua vitamin ini memiliki peran penting bagi tubuh, vitamin A akan membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah dari munculnya penyakit rabun jauh. Vitamin C sangat baik untuk kesehatan mulut dan sebagai antioksidan bagi tubuh sehingga manfaat makan buah rambutan akan mencukupi kebutuhan asupan vitamin A dan C sehingga akan terhindar dari masalah kesehatan mata dan mulut.

 2. Cocok untuk diet

Program diet yang sering kali dilakukan untuk menurunkan berat badan akan efektif apabila menerapkan penurunan kalori yang masuk kedalam tubuh. Cara pengurangan kalori ini akan membantu tubuh menyerap kalori lebih sedikit dari yang dibutuhkan sehingga tidak menimbulkan penumpukan kalori apabila tidka beraktivitas berat. Selanjutnya cara untuk mewujudkan proses penurunan kalori yaitu dnegan makan makanan rendah kalori salah satunya buah rambutan. Buah rambutan dikenal dengan kandungan kalori yang rendah sehingga cocok digunakan sebagai pendamping makanan saat sedang diet.

3. Mengurang mual pada ibu hamil

Pada saat hamil akan sering terjadi rasa mual. Mual yang biasa terjadi pada saat pagi dan saat mengenali beberapa bau makanan tertentu akan membuat tidak nyaman. Hal ini dapat diatasi dengan cara memakan buah rambutan. Buah rambutan dengan rasa manis yang segar akan mencegah indra perasa dan pembau untuk tidak memunculkan mual.  Rasa manis buah rambutan juga dipercaya bisa digunakan untuk meredakan efek pusing akibat mual pada ibu hamil. Selanjutnya bayi juga mendapat nutrisi yang baik dari kandungan buah rambutan.

4. Meredakan Hipertensi

Tekanan darah tinggi merupakan gejala awal dari tidak sehatnya gaya hidup. Tekanan darah tinggi dapat muncul akibat pembuluh darah yang tersumbat baik karena sisa metabolisme yang tidak keluar dengan baik maupun adanya tumpukan lemak pada pembuluh dara sehingga darah mejadi tidak lancar sehingga mempengaruhi kesehatan. Tekanan darah tinggi apabila tidak diatasi akan mengakibatkan permasalahan yang serius seperti stroke dan gangguan jantung. Kandungan buah rambutan dapat digunakan sebagai obat untuk meredakan hipertensi sehingga memakan buah rambutan akan sangat cocok bagi anda yang ingin meredakan hipertensi secara alami.

5.  Mengobati diare

Diare merupakan gangguan kesehatan yang menyebabkan seseorang sering buang air besar sehingga akan menghambat aktivitas serta karena seringnya buang air akan menyebabkan kekurangan cairan tubuh. Diare bisa disebabkan oleh makanan yang salah cara memasakanya hingga makanan yang tidak bersih sehingga terdapat bakteri yang ikut masuk ke dalam tubuh sehingga terjadilah diare. Diare umumnya dapat diobati dengan obat pereda buang air besar dipasaran akan tetapi hal ini juga dapat menyebabkan efek samping pada tubuh. Terdapat cara alternatif untuk mengatasi diare yaitu dengan memakan bahan makanan yang berkhasiat untuk meredakan diare seperti buah rambutan. Memakan buah rambutan bisa meredakan diare selain itu rasa manis dan segar dari rambutan akan membuat tubuh menjadi segar.

6. Menyehatkan tulang

Kesehatan tulang patut dijaga sejak dini. Peran tulang sebagai penyangga tubuh dan anggota gerak sehingga sangat penting untuk kehidupan. Tulang semakin lama dapat mengalami kekeroposan sehingga untuk mencegah itu terjadi maka dibutuhkan asupan gizi untuk menjaga kesehatan tulang salah satunya yaitu manfaat fosfor dan zinc yang ada pada buah rambutan dapat menyehatkan tulang dalam jangka waktu panjang akan mengurangi resiko pengeroposan tulang. Hal ini memungkinkan seseorang untuk tetap aktif walau di masa tua.

7. Meningkatkan sistem imun

Kandungan manfaat vitamin C dalam rambutan akan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. Memakan rambutan akan membuat anda lebih sehat selain itu buah rambutan dipercaya memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat membantu tubuh ketika terjadi infeksi bakteri jahat yang masuk kedalam tubuh. Manfaat buah rambutan ini juga dipercaya dapat digunakan sebagai antiseptik alami sehingga bisa menjadi alternatif penggunaan antiseptik dari bahan kimia.

8. Menyehatkan ginjal

Kesehatan ginjal perlu dijaga mengingat ginjal sebagai organ tubuh yang berperan penting untuk melakukan sekresi atau proses pembuangan sisa metabolisme. Ginjal akan mengeluarkan racun yang masuk kedalam tubuh akan tetapi bila proses ini tidak lancar akan menganggu kesehatan sebab terjadi penumpukan racun serta mempengaruhi organ lainnya. Mengonsumsi buah rambutan  membantu menyehatkan ginjal sebab rambutan memiliki kandungan yang baik untuk mendetoksifikasi racun.

9.  Merawat kulit

Semua orang mendambakan tampilan kulit yang sehat terawat. Penampilan kulit yang sehat membawa aura positif pada penampilan. Perawatan kulit sekarang ini banyak di tawarkan oleh klinik dan salon kecantikan. Berbagai macam perawatan yang ditawarakan oleh klinik kecantikan dapat ditempuh untuk menghasilkan kulit yang sehat terawat, akan tetapi dibutuhkan dana yang tak sedikit. Cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat kulit yaitu dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi. Buah rambutan memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu pembentukan kolagen sehingga manfaat kolagen ini dapat merawat kulit. Konsumsi buah rambutan secara rutin akan membantu usaha menjaga kesehatan kulit dari dalam.

10. Mencegah kanker

Mengonsumsi buah rambutan dipercaya baik untuk program pencegahan kanker sejak dini. Penyuka rambutan akan senang dengan kabar ini sebab buah rambutan yang manis dan murah ini bisa mencegah berkembangnya sel kanker sehingga menurunkan resiko kanker di masa yang akan datang. Kandungan yang dipercaya dapat mencegah kanker dalam rambutan disebut flavonoid yang bersifat anti kanker serta antiinflamasi.

Demikian sepuluh manfaat besar mengonsumsi buah rambutan. Buah manis ini tergolong sebagai buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tidak hanya kesehatan organ dalam buah rambutan juga baik untuk merawat kulit. Selain buahnya bagian lain dari rambutan juga dapat dimanfaatkan pada bidang kecantikan contohnya yaitu biji rambutan yang dapat digunakan sebagai masker wajah serta air rebusan biji rambutan dapat digunakan sebagai obat kencing manis. Cara lain memanfaatkan buah rambutan selain dimakan yaitu bagian daging buah dijadikan sebagai masker rambut.

 

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan