20 Manfaat Diet Mayo Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Ada begitu banyak jenis diet yang berkembang yang tujuan utamanya sama yaitu menjadikan tubuh sehat dan langsing ideal. Salah satu diantaranya adalah diet mayo yang belakangan mulai dikenal di Indonesia. Apalagi setelah diet jenis ini dicoba dan sukses menurunkan berat badan salah seorang publik figur di Indonesia, diet mayo semakin dikenal dan semakin banyak yang penasaran ingin mencobanya. Tidak tanggung-tanggung hanya dengan program diet selama 13 hari berat badan dapat turun hingga sekitar 7 kilogram.

Baca juga: 16 manfaat diet bagi kesehatan fisik dan mental

Diet mayo bisa dibilang sangat sederhana karena pada diet jenis ini anda hanya dilarang mengonsumsi garam, karbohidrat, dan es. Larangan konsumsi garam karena bahan makanan satu ini akan mengikat air yang ada di dalam tubuh. Dengan meniadakan konsumsi garam otomatis tidak ada lagi pengikat air di dalam tubuh sehingga menghindari terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh yang turut memberi sumbangsih pada kenaikan berat badan. Jadi jangan heran jika anda sering buang air kecil ketika melakukan diet mayo.

Penghentian konsumsi karbohidrat untuk sementara dimaksudkan agar tubuh mengambil sumber energi dari cadangan lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Jika biasanya tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi, ketika cadangan karbohidrat habis makan cadangan lemaklah yang digunakan. Sementara larangan konsumsi es lebih karena kebanyakan orang mengonsumsi es bersama minuman manis yang tentu saja mengandung gula yang tinggi yang tentu saja tidak baik bagi keberhasilan program diet.

Lantas apa saja manfaat melakukan diet mayo ini? Berikut beberapa manfaat diet mayo yang bisa didapatkan:

1. Menurunkan berat badan

Manfaat pertama tentu saja penurunan berat badan. Seperti yang telah dijelaskan di atas dengan melakukan diet mayo cadangan lemak sedikit demi sedikit dikurangi dengan membatasi asupan karbohidrat dan penumpukan cairan dikurangi dengan menghentikan konsumsi garam sehingga berat badan dapat turun dengan cepat.

Baca juga: manfaat daun salam untuk diet – manfaat sereh untuk diet

2. Mencegah hipertensi

Dengan mengurangi atau menghentikan sementara asupan garam ketika melakukan diet mayo akan membantu mencegah hipertensi. Bagaimana bisa? Garam memang diperlukan oleh tubuh dalam kadar tertentu untuk mengikat cairan di dalam tubuh. Namun ketika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah di pembuluh darah meningkat karena garam yang dikonsumsi akan diolah di dalam ginjal dan mengikat lebih banyak cairan sehingga pembuluh darah harus bekerja ekstra keras karena kadar cairan yang melewatinya juga meningkat.

3. Mencegah penyakit ginjal

Diet mayo tanpa garam juga bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit ginjal. Dengan melakukan diet mayo maka secara otomatis kadar garam dalam tubuh akan jauh berkurang sehingga ginjal tidak perlu dipaksa bekerja terlalu keras. Naikknya tekanan darah akibat konsumsi garam yang berlebihan dapat menambah beban ginjal sehingga kesehatan ginjal kurang terpelihara dan rentan terserang penyakit.

Baca juga: manfaat daun seledri untuk ginjal – manfaat daun kelor untuk ginjal

4. Menjaga kesehatan jantung

Dengan melakukan diet mayo dimana memperbanyak asupan buah dan sayur serta menghentikan asupan garam juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Tubuh anda akan terhindar dari tekanan darah yang tidak normal sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

5. Mencegah aritmia

Aritmia atau gangguan pada irama jantung yang tidak teratur, bisa terlalu cepat atau terlalu lambat, juga dapat dicegah dengan melakukan diet mayo sehingga irama jantung anda tetap normal.

Baca juga: manfaat omega 3 6 9 – manfaat magnesium


6. Mencegah jantung koroner

Penyakit lain yang juga bisa dicegah dengan melakukan diet mayo adalah jantung koroner. Dengan membatasi asupan garam membuat tubuh terhindar dari hipertensi sehingga meminimalisir risiko terkena penyakit jantung koroner.

7. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang berlebihan dituding merupakan penyebab berbagai penyakit berbahaya. Meskipun diperlukan namun kadar kolesterol dalam tubuh juga perlu dijaga salah satunya dengan melakukan diet mayo.

Baca juga: manfaat daun binahong untuk kolesterol – manfaat daun sirsak untuk kolesterol

8. Membantu mengontrol kadar gula darah

Tidak hanya garam, konsumsi gula berlebih juga dibatasi ketika anda melakukan diet mayo sehingga diet ini tidak hanya membuat tubuh anda langsing ideal namun juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Dengan satu langkah ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

9. Mencegah diabetes

Kadar gula darah yang stabil dan tidak berlebihan dapat mencegah anda terserang penyakit diabetes atau kencing manis. Setelah selesai melakukan diet mayo diharapkan berbagai kebiasaan baik pada diet mayo tetap dipertahankan sehinggg tubuh sehat dan terhindar dari berbagai penyakit seperti diabetes.

Baca juga: manfaat daun ceri untuk diabetes – manfaat daun sambiloto untuk diabetes

10. Mencegah kanker lambung

Ingin lambung sehat dan terhindar dari kanker? Diet mayo dapat menjadi pilihan tepat untuk mencapainya. Tidak hanya tubung langsing yang didapatkan namun kesehatan lambung juga terjaga.

11. Mencegah komplikasi penyakit

Meskipun tubuh kita membutuhkan garam namun mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. Pembatasan konsumsi garam pada diet mayo dapat membantu mencegah tubuh terkena komplikasi berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan lain-lain.

Baca juga: manfaat vitamin e – manfaat mendol

12. Menstabilkan hormon

Ada berbagai jenis hormon di dalam tubuh yang diperlukan untuk berbagai tugas tertentu. Namun kondisi hormon yang tidak stabil tentu dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Salah satu cara menjaga kestabilan hormon adalah dengan melakukan diet seperti diet mayo ini.

13. Memperbaiki metabolisme

Kebiasaan tidak makan sayur dan buah serta banyak mengonsumsi garam dapat mengganggu metabolisme tubuh. Dengan melakukan diet mayo dan meninggalkan berbagai kebiasaan buruk ini dapat membantu memperbaiki metabolisme sehingga nutrisi pada makanan yang dimakan dapat diserap dan dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh.

Baca juga: manfaat serat – manfaat olahraga

14. Melancarkan pencernaan

Menu-menu diet mayo kebanyakan memasukkan unsur buah dan sayuran yang kaya serat sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Makanan dapat diserap dengan baik dan sisanya juga dapat dibuang dengan baik dan lancar.

15. Menetralkan tubuh dari mineral beracun yang terkandung pada garam

Garam yang kita konsumsi bisa saja mengandung mineral beracun. Meskipun dalam jumlah sedikit namun konsumsi secara terus-menerus dapat membuat mineral beracun ini menumpuk di dalam tubuh dan membahayakan kesehatan. Dengan menghentikan konsumsi garam pada diet mayo dapat membantu menetralkan tubuh dari berbagai mineral beracun.

Baca juga: manfaat komatsuna merah – manfaat wine

16. Mencegah makan berlebihan

Kebanyakan orang mengalami kelebihan berat badan karena konsumsi makanan secara berlebihan. Diet mayo yang mengandalkan penghentian konsumsi garam dapat membantu mencegah kita makan secara berlebihan karena makanan yang dimakan tidak mengandung garam yang tentu saja membuat kita kurang berselera makan apalagi bagi yang terbiasa makan makanan asin.

17. Membiasakan diri rajin minum air putih

Orang yang sedang melakukan diet mayo sangat dianjurkan untuk rajin minum air putih (paling sedikit 8 gelas sehari). Ini disebabkan kurangnya kadar garam dalam tubuh yang biasanya bertugas mengikat air sehingga air yang dikonsumsi cepat luruh bersama urin. Setelah melakukan hal ini selama 2 minggu berturut-turut anda akan mulai terbiasa mengonsumsi air putih dan lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan.

Baca juga: manfaat air putih – manfaat minum air putih yang banyak


18. Membantu membuang zat-zat racun yang berbahaya dari dalam tubuh

Dengan sering buang air kecil tubuh pelaku diet mayo akan bersih dari berbagai zat racun berbahaya karena zat-zat ini sedikit demi sedikit sudah dikeluarkan melalui urin.

Baca juga: manfaat detoksifikasi – manfaat daun inggu

19. Menghilangkan kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol

Pelaku diet mayo juga dilarang untuk mengonsumsi minuman beralkohol selama program diet. Dengan belajar melakukan hal ini selama 13 hari berturut-turut diharapkan dapat membentuk kebiasaan baik sehingga anda dapat mulai berhenti mengonsumsi minuman beralkohol.

20. Tidur lebih nyenyak

Diet mayo tidak hanya berkonsentrasi pada pembatasan dan penghentian konsumsi garam namun juga anjuran untuk hidup sehat dan rajin berolahraga. Dengan melakukan semua kebiasaan baik ini dapat membantu menjadikan tidur anda lebih nyenyak sehingga esok harinya dapat beraktivitas dengan baik.

Baca juga: manfaat tidur – manfaat tidur tanpa bantal

Itulah diantara manfaat melakukan diet mayo. Tubuh langsing ideal dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun sebelum mulai melakukan diet ini ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah tubuh anda aman melakukan diet ini atau tidak karena diet ini cukup ekstrim dimana garam sama sekali tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi dan karbohidrat sangat dibatasi.

,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan