7 Manfaat Yakult Untuk Diet Sehat

Pastinya anda pernah mendengar istilah Yakult kan? Iklan dari produk ini sering muncul di televisi dengan sarannya yang selalu meminta kita untuk meminumnya sebanyak dua botol setiap harinya. Produk yang berasal dari negeri matahari terbit ini merupakan minuman hasil olahan fermentasi susu skim dan gula. Untuk membuatnya diperlukan bantuan bakteri Lactobacillus casei. Produk yang terkenal dengan slogan “Sayangi ususmu, minum Yakult tiap hari” ini merupakan minuman probiotik yang mirip dengan yogurt. Istilah probiotik ini menunjukkan bahwa Yakult adalah produk yang mengandung bakteri atau mikroorganisme hidup di dalamnya. Mikroorganisme ini akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan organisme lain yang menjadi inangnya. Dalam hal ini, inangnya adalah manusia yang mengkonsumsi Yakult.

Baca juga:

Yakult dalam bahasa Jepang artinya adalah yogurt. Tetapi, Yakult bukanlah yogurt. Yakult memiliki tekstur yang lebih encer daripada yogurt dan bakteri yang digunakan untuk fermentasi pun juga berbeda. Yakult yang beredar telah dikemas dalam botol berisi 65 ml. Setiap produk makanan pastinya memiliki informasi nilai gizi pada kemasannya. begitu juga dengan Yakult. Adapun informasi nilai gizinya seperti ditunjukka di bawah ini :

Informasi Nilai Gizi

Takaran saji 1 botol (65 ml)

Jumlah sajian per kemasan 5

Jumlah Per Sajian

Energi total 50 Kkal

Energi dari lemak 0 Kkal

%AKG*

Lemak Total

Lamak Jenuh

Lemak Trans

0g

0g

0g

0%

0%

Kolesterol 0mg 0%
Natrium/Sodium 25mg 1%
Karbohidrat Total

Serat Pangan

Gula

12g

0g

11g

4%

0%

Protein 1g 2%
Vitamin A 0%
Vitamin C 0%
Kalsium 30%
Zat Besi 0%
*Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2000 Kkal. Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah

Adapun untuk komposisi minuman Yakult sendiri adalah air, sukrosa, susu bubuk skim, glukosa, lactobacillus casei shirota strain, dan perisa Yakult.

Baca juga:

Berdasarkan informasi di atas, Yakult dapat dimanfaatkan untuk membantu diet anda. Diet adalah mengatur jumlah asupan tubuh kita sehari-hari. Namun, di Indonesia arti diet adalah menurunkan berat badan. Jadi sepakat ya, diet yang dibahas disini adalah menurunkan berat badan. Lalu apa hubungannya Yakult dengan diet? Berikut ulasannya:

1. Rendah Lemak

Pada tabel nutrisi di atas, Yakult memiiki kandungan lemak yang rendah bahkan 0%. Seseorang yang sedang melakukan diet diwajibkan makan-makanan yang rendah lemak. Mengapa? Karena lemaklah yang membuat tubuh nampak gemuk. Dengan mengkonsumsi Yakult, anda tidak perlu khawatir dengan penambahan jumlah lemak di dalam tubuh. Walaupun demikian, bukan berarti ketika sedang diet anda tidak boleh mengkonsumsi lemak sama sekali. Karena bagaimanapun juga lemak juga sangat penting untuk tubuh anda. Hanya saja, kurangilah jumlah asupan lemak anda.


Baca juga:

2. Rendah Kolesterol

Jika kadar kolesterol di dalam tubuh tinggi maka akan memicu munculnya berbagai penyakit. Penyakit yang dapat dipicu oleh kolesterol seperti penyakit jantung, stroke, penyempitan pembuluh darah atau arterisklerosis, dan lain sebagainya. Tentunya anda tidak menginginkan diet anda berhasil tetapi tubuh anda sakit-sakitan kan? Oleh karena itu, Yakult akan membantu anda melakukan diet secara sehat.

Baca juga:

3. Rendah Kalori

Jumlah total kalori Yakult dalam satu botol kemasan adalah 50 Kkal. Angka ini sangat jauh dengan kebutuhan kalori anda setiap hari yaitu sekitar 2000 Kkal (bisa kurang atau lebih tergantung dari usia, jenis kelamin, dan aktifitas). Dengan demikian Yakult dapat membantu anda dalam berdiet karena jika anda sedang berdiet maka anda juga harus mengurangi jumlah asupan kalori.

Baca juga:

4. Tinggi Serat

Walaupun pada tabel nutrisi jumlah serat yang ditunjukkan oleh Yakult adalah 0 gram. Banyak sumber yang mengatakan bahwa produk ini mengandung serat yang tinggi. Serat dipercaya mampu mengikat lemak sehingga dapat mecegah penumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu, serat juga membantu memberikan efek mengenyangkan lebih lama sehingga menekan nafsu makan berlebihan.

Baca juga:

5. Rendah Natrium

Dilansir dari amazine.co lebih baik diet rendah natrium daripada diet tinggi natrium. Hal ini dikarenakan diet tinggi natrium dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti hipertensi, penyakit jantung, dan gagal ginjal. Jumlah kebutuhan natrium tubuh dalam satu hari sekitar 200 – 500 miligram. Sedangkan pada Yakult sebesar 25 mg. Rendahnya jumlah natrium ini menunjukkan Yakult baik untuk diet. Bagi seseorang yang diet rendah natrium biasanya membatasi konsumsi garam. Diet ini biasa disebut dengan diet mayo.

Baca juga:

6. Tinggi Kalsium

Seseorang yang sedang melakukan diet tentunya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga berkurang. Jika jumlah kalsium yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat mencukupi kebutuhan sehari-hari maka tubuh secara otomatis akan mengambil kalsium dari tulang. Hal ini dapat menyebabkan tulang menjadi keropos atau terjadi osteoporosis. Yakult terbuat dari fermentasi susu sapi yang pastinya jumlah kalsium di dalamnya juga tinggi. Oleh karena itulah mengkonsumsi produk ini saat anda sedang berdiet sangatlah baik.

Baca juga:

7. Terdapat Mikroorganisme Baik

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa di dalam Yakult terdapat mikroorganisme baik yang disebut dengan Lactobacillus casei. Mengapa bakteri ini disebut bakteri baik? Hal ini dikarenakan bakteri ini tidak mengganggu kesehatan tubuh manusia melainkan ia justru membantu meningkatkan kesehatan. Bakteri ini membantu memperlancar proses pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Pencernaan yang lancar adalah salah satu parameter bagi seseorang yang sedang melakukan diet. Mengapa? Karena pencernaan yang tidak lancar sama halnya dengan menambah kebuncitan pada perut.

Baca juga:

Nah, sudah yakin kan bahwa Yakult baik untuk diet? Semoga anda bisa mendapatkan hasil diet yang anda inginkan dengan mengkonsumsi produk ini. Walaupun demikian, mengkonsumsi Yakult saja tidaklah cukup. Agar diet anda berhasil, anda juga harus melakukan olah raga teratur dan banyak mengkonsumsi air putih. Selain itu imbangi juga dengan mengkonsumsi buah dan sayur serta istirahat yang cukup. Good Luck for your diet!

Baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 26th, June 2017 / 23:58 Oleh :
Kategori : Minuman