Manfaat Daun Seledri Untuk Diet dan Resep Mengolahnya

Daun seledri merupakan tanaman sejenis peterseli yang memiliki daun kecil-kecil dan biasanya merupakan sayuran pelengkap pada masakan. Makanan seperti bakso, sup dan lainnya mungkin anda sering melihat daun seledri yang sudah diiris kecil-kecil di atas makanan tersebut. Namun siapa sangka bahwa selain sebagai pelengkap makanan ternyata daun seledri ini juga sangat baik untuk kecantikan lho dan untuk membantu menurunkan berat badan.

Wah, meskipun ukuran daun seledri cukup kecil namun memiliki kemampuan untuk mengurangi berat badan bagi anda yang merasa besar. Memiliki tubuh yang langsing dan ideal memang menjadi kebutuhan tersendiri untuk menjaga penampilan. Selain itu menjaga berat badan ideal juga penting karena jika berlebihan berat badan atau obesitas bisa membuat resiko terkena berbagai jenis penyakit lebih besar.

artikel terkait:

Manfaat daun seledri

95 persen kandungan di dalam daun seledri adalah air. Hal ini membuat daun seledri sangat mudah dicerna sehingga tidak menjadikan penumpukan makanan di dalam perut yang bisa membuat lemak. Selain itu khasiat daun seledri lainnya adalah untuk meluruhkan racun dan kotoran sehingga anda akan bisa menjadi lebih sehat. apa saja manfaat daun seledri ini? berikut ini adalah daftarnya:

  • Daun seledri mengandung beberapa jenis minyak esensial seperti asparigin, limonene dan selenium yang memiliki fungsi sebagai pembersih tubuh secara alami.
  • Dengan memakan daun seledri ternyata bisa membuat efek mengenyangkan sehingga tidak mudah lapar dan diet anda akan berhasil
  • Daun seledri memiliki sifat antibakteri yang mampu mengatasi infeksi dan radang karena bakteri dan kuman.
  • Mampu membantu meningkatkan kinerja organ ginjal.
  • Bagus untuk perawatan kulit, mata dan rambut karena mengandung beberapa jenis mineral seperti natrium dan kalium serta beberapa jenis vitamin B seperti vitamin B1, B2 dan B6.
  • Melancarkan sirkulasi darah dan mencegah penumpukan kolesterol
  • Melancarkan pencernaa dan membantu menghilangkan gas sehingga perut tidak begah.

artikel terkait: manfaat kembang kolmanfaat peterselimanfaat binahong merah

Diet menggunakan daun seledri

Mungkin saat ini anda masih bertanya-tanya apakah mungkin daun seledri bisa digunakan sebagai bahan untuk diet? Namun hal itu tidaklah mustahil mengingat kandungan di dalam daun seledri ini sangat baik untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat dan airnya cukup tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan. Dengan lancarnya pencernaan maka tidak akan terjadi penumpukan makanan dalam usus yang berpotensi menjadi lemak. Selain itu seledri juga akan memberikan efek mengenyangkan lebih lama sehingga anda tidak akan mudah lapar. Lalu bagaimana cara mengolah daun seledri untuk diet selain digunakan sebagai pelengkap makanan? Berikut ini adalah beberapa resep daun seledri yang bisa anda gunakan sebagai bahan diet.

1. Jus seledri sebelum sarapan

Cara pertama yang bisa anda lakukan dengan daun seledri untuk diet adalah dengan membuatnya menjadi jus dan mengonsumsinya sebelum sarapan. Mengapa sebelum sarapan? Karena dengan itu kandungan yang ada di dalam daun seledri akan lebih mudah dicerna dan dapat bertahan lebih lama sampai waktu makan siang.

Bahan:

2-3 batang daun seledri, 2 irisan nanas sesuai selera, setengah mentimun ukuran sedang dan juga 1 sendok makan gandum utuh atau oat.

Cara membuat:

Langkah membuatnya adalah dengan memasukan semua bahan ke dalam blender. Jangan lupa untuk bahan yang besar dipotong kecil terlebih dahulu. Setelah itu masukan air secukupnya dan blender sampai halus. Usahakan tidak menggunakan gula karena sudah mendapatkan manis dari buah nanas. Namun anda bisa menambahkan madu jika perlu.

artikel terkait: manfaat jus manggamanfaat jus wortelmanfaat jus raspberry

2. Makan siang dengan sup seledri

Pada siang hari anda bisa mengonsumsi sup seledri sebagai pembakar lemak yang efektif. Selain itu sup seledri ini juga memiliki efek mengenyangkan pada tubuh.

Bahan:

6 batang daun seledri, 1 sendok makan minyak zaitun, 1 siung bawang merah, lada secukupnya, 1 sendok teh tepung jagung, kaldu daging, 1 liter air, I lembar daun salam.

Cara membuat:

Pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan memotong kecil-kecil seledri dan bawang merah. Kemudian panaskan minyak dan goreng bawang merah hingga harum. Setelah itu masukan air dan juga kaldu daging. Kemudian masukan daun seledri dan juga daun salam.

Setelah air mulai mendidih, masukan tepung jagung dan juga tambahkan lada secukupnya sesuai dengan selera anda. Jangan lupa untuk memberinya garam. Setelah matang sup seledri siap dihidangkan dan dimakan sebagai makan siang sehat menu diet anda.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk dietmanfaat tidur siangmanfaat lari siang hari

3. Smoothie seledri sebelum makan malam

Mengonsumsi smoothie pada malam hari sangatlah baik karena memiliki efek mengenyangkan sehingga anda tidak perlu banyak makan pada malam hari.

Bahan:

2 buah kiwi, 3 batang daun seledri, 1 tangkai daun peterseli, 2 buah jeruk.

Cara membuat:

Pertama anda harus mengupas kiwi dan kemudian memotongnya kecil-kecil. Irislah kecil peterseli dan juga daun seledri. Peras jeruknya juga. Setelah siap masukan semua bahan ke dalam blender dengan sedikit air. Setelah jadi anda bisa mengonsumsinya sebelum makan.

artikel terkait: 22 manfaat olahraga hari sebelum tidurmanfaat bunga sedap malammanfaat memakai handbody sebelum tidur malam

Demikian informasi mengenai manfaat daun seledri untuk diet. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Tuesday 26th, July 2016 / 04:32 Oleh :
Kategori : Herbal