12 Manfaat Asparagus untuk Diet Termudah Menurunkan Berat Badan

Dewasa ini, jumlah kuliner semakin meningkat baik dari dalam negeri maupun mancanegara, dan membuat masyarakat tertarik untuk mencoba berbagai menu masakan yang semakin beraneka ragam. Terlebih, hadirnya media sosial juga mendorong daya tarik masyarakat karena hidangan diabadikan dalam bentuk foto yang sangat indah dan menarik, membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya.

Salah satu tantangan bagi mereka pecinta kuliner adalah sulitnya menahan nafsu makan. Tidak sedikit yang pada akhirnya harus melaksanakan diet karena kelebihan berat badan dan kesulitan untuk kembali pada berat semula. Semakin banyak orang yang bertanya-tanya, kira-kira apa ya bahan herbal yang dapat membantu diet menjadi lebih lancar?

Siapa yang tidak kenal dengan asparagus? Tanaman semak yang bernama ilmiah Asparagus officinalis ini biasanya tumbuh subur di daerah pegunungan Indonesia. Selain diolah untuk berbagai jenis masakan, asparagus ternyata baik dikonsumsi untuk diet karena banyaknya manfaat yang tidak diketahui oleh orang banyak lho! Anda dapat melihat ulasan dan tips-tips berikut agar dapat memanfaatkan asparagus dengan sebagaimana mestinya. Berikut manfaat asparagus untuk diet yang tidak kalah dari manfaat air kelapa untuk diet dan manfaat air jahe untuk diet:

1. Mengandung Inulin

Inulin merupakan salah satu jenis dari senyawa karbohidrat yang termasuk ke dalam prebiotik. Prebiotik merupakan perangsan keberadaan bakteri baik di dalam usus sehingga memperbaiki saluran pencernaan dan mencegah infeksi pada usus. Tingkat penyerapan nutrisi makanan pun dapat menjadi lebih tinggi, maka asparagus dapat menekan nafsu makan agar asupan kalori lebih sedikit.

2. Mengandung Vitamin B kompleks

Vitamin yang terkandung di asparagus diantaranya adalah vitamin B1, B2, B3, dan B6 dimana sangat baik untuk manfaat antioksidan dan proses metabolisme tubuh salah satunya adalah mengontrol gula darah dalam tubuh. Manfaat vitamin B ini dapat mencegah diabetes dan pastinya akan membantu diet Anda menjadi lebih maksimal.

3. Mengandung Alkaloid

Salah satu senyawa yang terkandung dalam asparagus bernama asparagin, dimana berupa alkaloid yang berperan penting untuk menjaga kesetimbangan asam amino dan juga menjaga kesehatan sel-sel saraf. Alkaloid jenis ini juga mendorong sifat diuretik yang akan dibahas pada poin berikutnya. Asparagin sangat baik untuk penopang fungsi tubuh dalan diet namun tentu dalam porsi yang sesuai.

4. Mengandung Serat yang Tinggi

Kandungan manfaat serat yang tinggi akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Hal ini dapat memaksimalkan penyerapan sari-sari makanan. Selain membuat tubuh menjadi lebih kenyang, serat juga menyehatkan kinerja organ dalam lainnya agar lebih teratur.


5. Rendah Kalori

Asparagus memiliki kadar kalori yang sangat rendah sehingga tidak akan menggemukan badan dan dapat digunakan sebagai menu diet yang sangat menarik.

6. Bersifat Diuretik

Dengan bersifat diuretik, asparagus dapat membantu melancarkan sistem ekskresi dan meningkatkan fungsi pembuangan endapan garam, sisa obat-obatan, maupun racun yang ada di dalan tubuh. Hal ini ditujukan membuang zat-zat sisa yang tidak diperlukan oleh tubuh, sehingga sangat penting dikonsumsi saat diet.

7. Dapat Membantu Menurunkan Kadar Lemak

Asparagus mengandung zat yang mampu meluruhkan jumlah lemak di dalam tubuh walaupun tidak dalam waktu yang singkat, karena dibutuhkan faktor pendukung lain seperti halnya rajin berolahraga yang lebih mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh.

Tips Manfaat Asparagus untuk Diet

1. Olah Sebagai Jus

Agar lebih menarik, Anda dapat mengolah asparagus menjadi jus asparagus sebagai menu diet Anda. Hanya dengan modal blender dan air putih saja, Anda sudah bisa membuatnya. Namun, apabila Anda tidak terlalu menyukai rasanya, Anda bisa mencampurkannya dengan bahan herbal alami lain seperti halnya madu agar terasa lebih manis, dan manfaat madu juga baik untuk kesehatan tubuh lainnya.

2. Olah Sebagai Sup

Jika Anda ingin menggunakannya sebagai makanan, umumnya asparagus menjadi campuran dalam sup. Namun, perhatikan untuk mengurangi kadar garam dan juga daging karena kandungannya dapat menghambat diet khususnya lemak. Lebih baik campurkan dengan sayuran yang bergizi lainnya. 


3. Konsumsi Sebelum Makan

Konsumsi jus asparagus sebelum makan, agar Anda dapat merasa lebih kenyang dan memang berfungsi untuk menekan nafsu makan seperti yang telah disebutkan, sehingga menekan jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh agar diet lebih lancar.

4. Imbangi Air Putih

Anda tidak bisa mengandalkan asparagus saja untuk diet. Anda harus mengimbangi dengan konsumsi air putih karena manfaat air putih benar-benar luar biasa, kemudian pola makan yang teratur sesuai dengan arahan jenis diet yang Anda lakukan, serta melaksanakan olahraga setiap hari. Asparagus hanya bersifat sebagai pendukung, jika Anda tidak mempertimbangkan faktor lainnya maka diet akan sangat sulit berhasil.

5, Jangan Berlebihan!

Jangan mengonsumsi asparagus berlebihan karena akan menimbulkan efek samping lain bagi tubuh Anda. Asparagus mengandung kalsium oksalat dan purin, sehingga sangat berbahaya apabila kadarnya terlalu banyak di dalam tubuh karena dapat menyebabkan pembentukan kristalisasi batu ginjal dan juga penumpukan asam urat.

Ternyata manfaat asparagus untuk diet benar-benar menggiurkan ya! Anda dapat mencobanya sendiri untuk membuktikan khasiatnya tersebut. Semoga berhasil!

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran