9 Manfaat Buah Delima Untuk Kesuburan Wanita dan Kehamilan

Buah adalah salah satu sumber vitamin yang menyehatkan. Selain vitamin buah biasanya memiliki kandungan serat yang tinggi dan baik untuk pencernaan. Karena hal itulah buah menjadi salah satu asupan penting bagi manusia.

Salah satu buah yang diperkaya berbagai vitamin adalah buah delima. Buah ini sudah sering kali terdengar bahkan di lagu anak-anak. Buah ini ternyata dapat menyehatkan tubuh karena berbagai kandungannya, yaitu :

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B1
  3. Vitamin B2
  4. Vitamin B3
  5. Vitamin B6
  6. Vitamin C
  7. Vitamin E
  8. Folat
  9. Fosfor
  10. Kalium
  11. Magnesium
  12. Besi
  13. Gula
  14. Serat
  15. Seng
  16. Lemak
  17. Karbohidrat
  18. Energi
  19. Asam Pantotenat

Itulah kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah delima. Buah delima atau yang disebut juga sebagai pomegranate ini punya kandungan yang cukup lengkap. Maka dari itulah delima punya banyak manfaat bagi tubuh. Baca juga: Manfaat Delima Merah, Manfaat Buah Delima Merah.

Kesehatan menjadi salah satu poin penting untuk kehidupan. Maka dari itu semua orang berinvestasi pada kesehatan. Apalagi yang ingin bisa hidup sampai umur panjang. Kesehatan akan menjadi prioritas utama.

Manfaat Buah Delima

Faktanya buah delima bisa membantu menyehatkan. Tak hanya menyehatkan, delima bisa membantu meningkatkan kesuburan dan membantu saat kehamilan. Delima diperkaya vitamin yang dibutuhkan untuk meningkatkan kesuburan. Baca juga: Manfaat Delima putih

Manfaat apa saja yang bisa diambil dari buah delima yang mempengaruhi kesehatan? Simak berbagai manfaat buah delima untuk kesuburan dan kehamilan berikut ini:

1. Meningkatkan Aliran Darah ke Rahim

Delima dikenal sebagai buah yang kaya antioksidan. Kandungan antioksidan ini dipercaya sangat mempengaruhi tingkat kesuburan baik wanita ataupun pria. Namun, bagi wanita kandungan antioksidan ini melancarkan aliran darah ke rahim. Hasil menunjukkan bahwa seorang wanita yang mengonsumsi delima bisa meningkatkan presentase kehamilan.

2. Menguatkan Dinding Rahim

Masa kehamilan salah satu yang terpenting adalah kondisi kesiapan ibu. Salah satunya adalah kondisi dinding rahim yang harus siap diisi selama 9 bulan ke depan. Dengan mengonsumsi delima, dinding rahim ibu menjadi lebih kuat. Hal ini menurunkan kemungkinan keguguran. Baca juga: Manfaat Daun Inai Untuk Rahim

3. Mencegah Kerusakan Otak pada Janin

Janin memiliki perkembangan yang rentan dan harus diperhatikan perkembangannya. Dalam masa perkembangannya itu dibutuhkan berbagai nutrisi yang baik untuk perkembangan otak janin. Salah satunya adalah folat. Folat adalah adalah satu nutrisi wajib ibu hamil yang membantu perkembangan syaraf pada otak janin. Delima, ternyata punya kandungan folat ini sehingga baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Baca juga: Manfaat Sari Kedelai.

4. Meningkatkan Produksi Eritrosit

Eritrosit atau yang dikenal juga dengan sel darah merah adalah bagian tubuh yang penting. Bagi perkembangan janin, eritrosit sangatlah penting untuk pertumbuhan sumsum tulang belakang. Janin yang berkembang dengan eritrosit yang baik ini akan mengurangi kemungkinan adanya kelainan. Dalam buah delima ada kandungan yang bisa meningkatkan eritrosit.

5. Mencegah Depresi

Ibu hamil harus senantiasa terjaga suasana hatinya. Hal ini karena berbagai perubahan dalam suasana hati ibu mempengaruhi perkembangan janin. Seringkali ibu hamil harus dimanjakan dan dibuat senang. Namun, terkadang karena perubahan saat kehamilan yang signifikan ibu hamil menjadi stres bahkan depresi. Mengonsumsi delima bisa menghindarkan dari depresi saat hamil. Hal ini karena kandungan asam folat yang bisa menenangkan bagi ibu. Baca juga: Manfaat Ginkgo Biloba, Manfaat Asam Folat.

6. Membantu Perkembangan Jaringan Tubuh

Saat masa perkembangan janin, butuh banyak asupan untuk membentuk semua organ yang ada dalam tubuh. Dalam bagian tubuh janin terdiri dari berbagai jaringan yang membentuk bagian tubuh. Dalam buah delima ada kandungan yang bisa membantu perkembangan jaringan janin. Dengan mengomsumsi delima akan mempercepat perkembangan jaringan pada janin.

7. Mencegah Penyakit Jantung

Ibu hamil yang rentan cemas bisa berpotensi terkena penyakit jantung. Apalagi karena kekurangan asam folat yang membuat ibu hamil kekurangan nutrisi penting. Dalam delima kandungan asam folat yang baik bisa berpengaruh pada ibu dan juga janin. Baca juga: Manfaat Biji Buah Delima.

8. Mengandung Energi

Ibu hamil seringkali mudah lelah. Karena perubahan fisik yang membuat ibu hamil membawa beban lebih pada tubuhnya. Tak jarang ibu hamil perlu menyisakan waktu lebih untuk memulihkan tenaganya. Padahal, dalam buah delima ada kandungan energi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu ibu hamil lebih mudah beraktivitas.

9. Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Dengan berbagai kandungan vitamin pada delima, kebutuhan vitamin bagi ibu pun tercukupi. Ibu hamil bisa terjaga dari serangan berbagai penyakit yang ringan maupun berat. Dalam delima ada vitamin yang bisa meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil. Apalagi ibu hamil seringkali punya pantangan untuk mengonsumsi obat. Lebih baik jika diatasi secara herbal yaitu dengan buah delima. Baca juga: Manfaat Terong Ungu untuk Wanita.

Itulah beberapa manfaat buah delima untuk kesuburan dan bagi yang sedang menjalankan program hamil. Sungguh banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah delima.

Cara Mengolah Buah Delima

Sebelumnya sudah dijelaskan berbagai manfaat buah delima bagi kesuburan wanita dan kehamilan. Sekarang Anda pasti ingin tahu bagaimana cara memanfaatkan buah delima yang benar untuk kesehatan. Berikut ini adalah cara yang baik untuk mengonsumsi buah delima. Simak tahapan untuk membuatnya:

  1. Siapkan air dingin atau air mineral beberapa gelas sesuai keinginan
  2. Siapkan es serut atau es batu
  3. Siapkan saringan
  4. Siapkan blender
  5. Siapkan 2 buah delima yang sudah matang
  6. Siapkan 80 ml air gula
  7. Kupas buah delima dan pisahkan isi dengan kulit buah
  8. Masukkan buah delima yang sudah siap ke dalam blender
  9. Tambahkan es serut ke dalam blender
  10. Masukkan air dingin dan air mineral sesuai keinginan yang sebelumnya disiapkan
  11. Blender semua bahan sampai terasa halus
  12. Setelah dirasa cukup, pisahkan antara serat dan air dengan menggunakan saringan sambil dituangkan ke gelas
  13. Selagi segar, jus buah delima baik untuk dikonsumsi segera

Nah, itulah cara mengonsumsi buah delima yang baik dan mudah bagi wanita. Dalam mengonsumsi buah delima ada hal yang harus diperhatikan. Karena jika terlalu banyak mengonsumsi buah delima malah akan berakibat buruk pada janin.

Baca juga :

Memang segala yang terlalu berlebihan akan berdampak tidak baik. Terlalu banyak mengonsumsi delima bisa memicu keguguran. Meski tidak langsung, tapi karena terlalu banyak sehingga dosis nutrisi yang dibutuhkan terlalu tinggi. Akibatnya bisa memicu keguguran.

Gejala keguguran setelah terlalu banyak mengonsumsi buah delima adalah kram dibagian rahim saat hamil. Jika sudah mulai terasa seperti ini ada baiknya memeriksakan diri ke dokter. Selain itu jangan hanya berpaku pada buah delima, harus ada asupan lain untuk membuat tubuh wanita lebih sehat.

Baca juga :

Jangan lupa pola hidup dan pola pikir ibu hamil sangat berpengaruh pada kondisi janin. Untuk itu, jika ada masalah sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para wanita.