Manfaat Diet Air Putih Untuk Kesehatan

Tubuh manusia 70% terdiri dari cairan. Kekurangan cairan dapat mengakibatkan kerja organ dan metabolisme tubuh menjadi terganggu. Kekurangan cairan tubuh dapat membuat wajah menjadi kusam dan tidak bercahaya. Badan juga terasa lemas karena metabolisme tubuh tidak berjalan lancar. Lalu apakah ada manfaatnya apabila kita mengonsumsi air setiap hari? Tentu saja ada. Selain menjaga kebutuhan cairan, konsumsi air ternyata juga dapat menurunkan berat badan lho.

Baca juga:

Diet Air Putih

Salah satu manfaat air putih adalah dapat menurunkan berat badan apabila dilakukan dengan benar. Beberapa cara melakukan diet air putih ini adalah sebagai berikut:

1. Minum Air Sebelum Makan
Penelitian membuktikan bahwa minum air putih sebanyak 600 ml atau sekitar 2 gelas belimbing dapat membantu menekan rasa lapar. Sehingga porsi makan dapat berkurang. Cara ini merupakan cara efektif dan aman untuk dilakukan.

2. Perbanyak Konsumsi Air dalam Sehari

Volume air yang dianjurkan untuk diminum setiap harinya adalah 8 liter. Namun kebutuhan tubuh setiap orang berbeda beda sehingga jumlah ini dapat berbeda juga. Selain membantu metabolisme agar pembakaran lemak dapat terjadi dengan mudah, air putih juga berfungsi mendetox racun.

3. Redakan Lapar dengan Air
Seperti yang telah diuraikan diatas, konsumsi air dapat menekan nafsu makan. Jadi saat anda lapar cobalah minum air putih. Ini sangat bagus untuk mengatasi hasrat jajan makanan berlemak dan mengandung kolesterol tinggi.

4. Pilih Minum Air Putih

Saat makan atau jajan diluar, usahakan memilih air putih dibandingkan dengan minuman lain seperti teh, kopi, susu, atau minuman manis lain. Selain tidak memiliki kandungan yang berbahaya, air putih juga tidak ada kandungan tambahan gula yang notabenenya penyebab utama masalah kegemukan.

5. Detox
Selain menjaga berat badan, konsumsi air secara teratur dapat menyehatkan badan dengan cara mendetox racun dari dalam tubuh. Detox racun ini dapat melalui keringat atau urine.

6. Kombinasi dengan Sayur atau Buah
Jangan hanya mengkonsumsi air putih saja. Air putih tidak memiliki kandungan mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Diet bukan berarti tidak mengonsumsi apa apa. Diet yang baik dilakukan dengan mengurangi porsi makan berlemak namun tidak mengurangi kandungan mineral dan vitamin yang harusnya didapatkan tubuh.


7 Minum Air Sebelum, Saat, dan Setelah Olahraga
Olahraga adalah kegiatan fisik yang tidak boleh ditinggalkan apabila ingin berat badan turun. Imbangi dengan mengkonsumsi air selama berolahraga untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui keringat.

8. Air Hangat
Beberapa penelitian menyebutkan konsumsi air hangat dapat mempercepat metabolisme tubuh. Maka ada baiknya kamu mengonsumsi air hangat untuk membantu menurunkan berat badan. Metabolisme yang cepat dapat membantu tubuh membakar lemak dengan cepat.

9. Air Putih di Pagi Hari
Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih di pagi hari. Cairan tubuh tetap hilang walau saat beristirahat. Sehingga konsumsi air putih saat bangun tidur sangat dianjurkan bagi tubuh.

Demikian uraian manfaat diet air putih untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 05th, December 2016 / 03:46 Oleh :
Kategori : Minuman