5 Manfaat Anggur Untuk Diet Sehat

Obesitas adalah akumulasi lemak berlebihan yang disebabkan adanya ketidak seimbangan besar kalori yang dikonsumsi dan kalori yang digunakan oleh tubuh. Orang yang menderita obesitas beresiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit seperti kardiovaskular, diabetes, kerusakan organ, dan kanker. Diet sehat yang seimbang dan olahraga yang teratur merupakan langkah utama dalam mengurangi dan mencegah obesitas. Diet yang seimbang yang disarankan yaitu dengan meningkatkan konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan gandum utuh. Salah satu buah yang bermanfaat untuk diet adalah anggur.

Artikel terkait:

Anggur merupakan jenis buah yang banyak memiliki kandungan air. Buah dengan kandungan air yang tinggi kaya akan nutrisi esensial namun memiliki sedikit kalori. Sebagai contoh secangkir anggur hijau mengandung 104 kalori,  1.09 gram protein, 0.24 gram lemak, 1.4 gram serat, 4.8 mg Vit C, 10 µg Vit A, 288 mg besi dan 3 µg asam folat. Ada beberapa macam jenis anggur, masing masing memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan. Pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang manfaat anggur, manfaat anggur hijau, dan manfaat anggur hitam. Pembahasan kali ini akan mengulas manfaat anggur untuk diet.

Artikel terkait:

  1. Meningkatkan Jumlah Bakteri Baik

Didalam usus terdapat bakteri Akkermansia muciniphila yang jumlah normalnya sekitar 3-5% dari jumlah seluruh bakteri di usus. Fungsi bakteri ini adalah membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme yang ada dalam usus. Pada penderita obesitas, jumlah bakteri ini menurun dari jumlah normalnya. Konsumsi anggur setiap hari dapat meningkatkan jumlah A. muciniphila  didalam usus. Peningkatan bakteri ini dapat meningkatkan ketebalan lender usus sehingga materi seperti lemak akan diserap dalam jumlah yang lebih sedikit. Akibatnya penumpukan lemak semakin berkurang.

(Baca juga : manfaat vitamin A untuk kulit – manfaat vitamin A untuk kesehatan)

  1. Menurunkan Jumlah Bakteri Jahat

Desulfovibrio merupakan salah satu bakteri yang dapat ditemukan didalam usus. Bakteri ini dapat mengubah sulfat menjadi sulfida. Hidrogen sulfida dalam usus sangat berbahaya karena dapat menyebabkan peradangan pada dinding usus. Akibatnya proses penyerapan dan detoksifikasi dalam usus juga terganggu. Kondisi ini dapat diperbaiki dengan konsumsi anggur secara teratur setiap hari. anggur mengandung flavonoid sebagai antioksidan yang berfungsi sebagai anti-flamasi, sehingga peradangan usus dapat dicegah.

  1. Menurunkan Sintesis Asam Lemak Dalam Jaringan Adiposa

Anggur mengandung ellagic acid, senyawa aktif yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel lemak. Bukan hanya itu konsumsi anggur secara teratur dapat menurunkan sintesis asam lemak dalam jaringan adiposa. Akibatnya akumulasi lemak dalam tubuh semakin berkurang.

(Baca juga : manfaat pepaya mengkal – manfaat jambu biji ungu)

  1. Melancarkan Pencernaan

Anggur memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi. Kandungan serat dapat memperlambat proses pencernaan sehingga makanan dapat dicerna dengan baik. Serat juga membantu membentuk feses sehingga mudah dikeluarkan dari tubuh.

(Baca juga : manfaat serat – manfaat air kelapa tua)


  1. Membantu Pencernaan Lemak dan Gula

Selain melancarkan pencernaam makanan, anggur juga meningkatkan kadar protein yang bertanggung jawab dalam metabolisme gula dan lemak. Konsumsi anggur secara teratur dapat membuat lemak dalam tubuh lebih cepat dibakar. Akibatnya berat badan akan cepat turun.

(Baca juga : manfaat timun rebus – manfaat alpukat mentega)

Cara konsumsi anggur untuk diet yang paling baik adalah dengan menyantap anggur langsung tanpa diproses atau diblender untuk dibuat jus anggur tanpa perlu ditambahkan air dan gula lagi. Penambahan gula akan menambah jumlah kalori yang ada sehingga kurang baik untuk rencana diet sehat. Demikian penjelasan singkat tentang manfaat anggur untuk diet, semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 20th, October 2016 / 05:38 Oleh :
Kategori : Buah Buahan