16 Manfaat Gelombang Dalam Kehidupan Manusia

Gelombang merupakan getaran yang merambat serta memiliki bentuk idealnya adalah mengikuti gerak sinusoid. Gelombang yang ada di atmosfer bumi ini bisa memantulkan pancaran sinarnya kembali ke bumi. Selain itu, gelombang juga mempunyai banyak kegunaan untuk kehidupan manusia sehari-hari seperti untuk berkomunikasi. Banyak dari kita yang belum mengerti dengan baik apa kegunaan dari gelombang ini dan gelombang sendiri juga memiliki tingkatan yang berbeda. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat gelombang dalam kehidupan kita sehari-hari, kami memiliki ulasan selengkapnya untuk anda.

Artikel terkait:

  1. Satelit Buatan

Satelit buatan merupakan alat elektronik yang berada pada orbit tertentu di luar angkasa. Satelit buatan ini bergerak mengelilingi bumi seperti satelit alami bumi yakni bulan. Satelit ini berguna untuk kehidupan sehari-hari seperti meteorologi serta telekomunikasi. Dalam telekomunikasi, satelit ini digunakan untuk menyiarkan gelombang televisi sehingga informasi bisa tersebar secara meluas pada saat itu juga.

  1. Sel Surya

Sel surya dipakai manusia untuk menampung gelombang dari sinar matahari yang membuat kita mendapatkan energi baru. Beberapa penggunaan energi baru dari matahari ini diantaranya adalah pembangkit listrik, mobil tenaga surya, pesawat tenaga surya dan sebagainya.

Artikel terkait:

  1. Eksplorasi Gas dan Minyak Bumi

Ahli geofisika membuat sebuah penelitian pada perut bumi dengan cara memberikan gelombang mekanik pada bumi dan gelombang ini disebar ke seluruh bumi. Apabila gelombang terbentur dengan bebatuan yang memiliki sifat elastisitas berbeda, maka gelombang akan dipantulkan lalu diteruskan kembali.

Gelombang tersebut kemudian diterima reciever dan waktu penyebaran tersebut dicatat dan data tersebut digunakan untuk memperkirakan letak sumber mineral, gas atau minyak bumi.

  1. Sonar

Wilayah Indonesia terdiri dari area laut yang cukup luas sehingga sangat banyak menghasilkan ikan. Agar penangkapan ikan bisa berjalan lebih optimal, maka kapal laut dilengkapi dengan sonar untuk menemukan area laut yang banyak terdapat ikan. Kerja sonar ini menggunakan konsep pemantulan gelombang, dari permukaan gelombang bunyi akan disebar ke dalam laut dan sebelum menyentuh dasar laut, maka gelombang suara ini juga akan mengenai ikan yang sebagian gelombang suaranya akan dipantulkan kembali ke permukaan. Gelombang ini lalu diterima dan digambarkan pada monitor sehingga para nelayan bisa melihat kumpulan ikan yang ada di bawah kapal tersebut.


Artikel terkait:

  1. HT

HT merupakan alat komunikasi jarak dekat yang umumnya berfungsi sampai beberapa kilometer. HT ini memakai gelombang yang dipancarkan dan diterima sebagai sarana berkomunikasi. Dengan menggunakan HT ini, kita bisa berkomunikasi tanpa perlu membayar jasa sebab hanya menggunakan gelombang. Gelombang ini akan mengirim pesan berupa suara dan HT yang satu akan menerima suara yang sudah terkirim tersebut. Supaya gelombang bisa bekerja dengan baik, maka keluar masuk gelombang akan diatur oleh sebuah tombol dan saat menerima pesan maka tombol yang ditekan akan mengirimkan gelombang yang sudah terekam. Saat sedang menggunakan HT, maka pengguna lain yang juga memakai frekuensi sama juga akan menerima pesan yang dikirimkan tersebut.

  1. Radio

Kegunaan gelombang berikutnya adalah supaya radio bisa bekerja dengan baik. Cara kerja radio ini hampir serupa dengan HT, akan tetapi area jangkauannya jauh lebih luas. Kita bisa mendengarkan berbagai siaran radio hanya dengan mengatur frekuensinya saja. Gelombang ini sangat penting agar kinerja radio bisa bekerja dengan baik, pada radio hanya terjadi 1 arah komunikasi saja sehingga berbeda dengan HT yang menggunakan komunikasi 2 arah. Radio tidak dilengkapi dengan perangkat untuk mengirim pesan suara lewat gelombang penyiar.

Artikel terkait:

  1. Speaker

Gelombang bunyi digunakan untuk membuat speaker atau audio system. Dalam bunyi audiosonik mempunyai frekuensi 20 Hz hingga 20.000 Hz untuk kita dengar. Penggunaan audiosonik ini juga digunakan pada pengeras suara perangkat lainnya seperti radio, televisi, DVD dan lain sebagainya.

  1. Bidang Kedokteran

Dalam bidang kedokteran khususnya penggunaan sinar X digunakan untuk merekam gambar letak tulang didalam badan saat terjadi keretakan atau patah tulang. Penggunaan sinar X ini harus dilakukan para ahli dan secara hati-hati, sebab jaringan sel pada manusia juga bisa rusak karena pemakaian sinar X dengan durasi yang terlampau lama.

Artikel terkait:

  1. Infra Merah

Gelombang juga bermanfaat untuk infra merah dalam bidang kesehatan. Ini dipakai untuk mendiagnosa serta menyelidiki pacaran dari infra merah di dalam tubuh. Foto infra merah yang disebut dengan termogram ini dipakai untuk memeriksa masalah pada sirkulasi darah, radang pada sendi dan juga kanker. Selain itu, infra merah juga dipakai pada alarm sehingga pencuri yang tanpa sadar menghalangi infra merah akan langsung berbunyi. Selain itu, infra merah juga berguna untuk remote TV yang dihasilkan dari LED sehingga kita bisa menyalakan TV dari jarak jauh dengan memakai remote control tersebut.

  1. Baik Untuk Tanaman

Sinar ultraviolet yang sangat dibutuhkan tanaman untuk proses asimilasi dalam tanaman tersebut sehingga kuman yang ada pada tanaman tersebut akan mati. Akan tetapi, jika tanaman terlalu banyak mendapatkan sinar ultraviolet maka juga akan terjadi kerusakan sel dan timbul bercak berwarna hitam pada daun.

Artikel terkait:

  1. Radio Energi

Radio energi merupakan level dari energi elektromagnetik terendah dengan panjang gelombang sekitar ribuan kilometer sampai 1/2 meter. Pemakaian radio energi ini biasanya digunakan pada alat komunikasi seperti sistem radar, pola cuaca, membuat peta 3D permukaan bumi, mengukur curah hujan, badai dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Serat Optik Kedokteran

Radiasi elektromagnetik yang kita ketahui untuk mendefinisikan sebagai salah satu bagian dari spektrum gelombang elektromagnetik sehingga bisa dilihat oleh mata. Panjang gelombang nervariasi bergantung dari warna seperti panjang gelombang sekitar 4 x 10-7 m untuk cahaya ungu atau violet sampai 7 x 10-7 m untuk cahaya merah. Cahaya ini sering digunakan pada laser serta serat optik di bidang telekomunikasi dan juga kedokteran.

Artikel Terkait:

  1. Membunuh Sel Kanker

Gelombang khususnya sinar gamma memiliki energi tertinggi mencapai frekuensi 1020 -1025 Hz dan sinar gamma ini dipakai untuk membunuh sel kanker, membuat steril peralatan medis dan juga memeriksa cacat yan g terjadi pada logam.

  1. Gelombang Mikro

Gelombang mikro juga memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan sehari-hari seperti sebagai pemanas dalam microwave, menganalisa struktur atomik dan juga molekul, mengukur kedalaman laut, mendeteksi sebuah objek, menentukan arah posisi yang tepat dan masih banyak lagi.


Artikel terkait:

  1. Bidang Industri

Dalam bidang industri, salah satu jenis gelombang yaitu infra merah juga dipakai untuk berbagai alat atau mesin seperti memeriksa retak pada struktur plastik dan juga karet, melihat kecacatan dalam hasil produksi, meratakan campuran susu supaya homogen, mensterilkan makanan supaya awet dalam kaleng, membersihkan benda yang sangat halus, menyusun rangkaian pipa serta bidang konkrit lain dan sebagainya.

  1. Kamera Foto

Gelombang cahaya juga berguna untuk kamera foto. Cahaya merupakan partikel yang disebut dengan foton. Paket cahaya yang disebut dengan spektrum lalu dipersepsikan secara visual indra penglihatan sebagai warna dan bidang studi ini dikenal dengan sebutan optika.

Artikel terkait:

Demikian informasi yang bisa kami berikan mengenai manfaat gelombang dalam kehidupan sehari-hari. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

, , , ,
Post Date: Monday 05th, June 2017 / 08:49 Oleh :
Kategori : Teknologi