11 Manfaat Senter LED Bagi Kehidupan Sehari-Hari

Ketika listrik mati di malam hari, maka kedaan akan menjadi gelap. Apakah yang akan kita lakukan setelahnya? Pasti kebanyakan diantara kita akan bersegera mengambil senter untuk menerangi sekeliling kita. Namun, apakah hanya itu manfaat dari senter? Yuk cari tahu manfaat yang lain dari senter. Baca juga: Manfaat Mempelajari Psikologi, Manfaat Gelombang Radio)

Senter menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI) merupakan alat untuk menerangi, berupa tabung dengan bola lampu kecil di ujungnya, yang tertutup kaca dan baterai untuk menyalakannya. Dari sumber lain menyatakan bahwa senter merupakan alat listrik portable sebagai sumber cahaya yang berfungsi sebagai penerang yang dioperasikan sebagai sebuah baterai.

Baca juga:

Adapun model dan teknologi senter mengalami perkembangan sangat pesat berdasarkan kebutuhan dari konsumen. Mulai dari ukuran yang dirancang sedemikian rupa hingga sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, mulai dari skala kecil atau mini hingga senter sekala besar. Posisi pemakaian senter juga bermacam-macam, ada yang ditenteng sebagaimana senter pada umumnya, dan ada yang lebih inovatif lagi yaitu dikenakan di kepala dengan model seperti topi. Dari segi hargapun akhirnya bervariasi bergantung dari jenis senter yang dibutuhkan atau diinginkan. (Baca juga:  Manfaat Daun Alifuru)

Manfaat senter adalah sebagai berikut:

1. Sebagai Sumber Cahaya

Senter dapat dijadikan sebagai sumber cahaya, karena senter mampu menghasilkan cahaya sendiri dari susunan komponen di dalamnya. Baik dengan menggunakan baterai sebagai sumber energinya maupun yang terbaru dengan menyimpan energy listrik melalui proses pengisian daya listrik (atau yang biasa kita sebut dengan proses charger). Adapun sumber cahaya bisa dari bola lamppu pijar kecil maupun lampu pedar yang biasa disebut dengan lampu LED. (Baca juga: Manfaat Tanah Aluvial)

2. Lebih Tahan Lama dan Hemat Energi

Senter yang menggunakan lampu LED sebagai sumber cahayanya, maka umur senter akan menjadi lebih tahan lama dan hemat energy. Karena, secara umum konstruksi sumber cahaya ini menggunakan material plastic, alumunium, atau besi. (Baca juga: Manfaat Young Living Oil)

3. Efisien

dengan menggunakan senter kita akan menghemat waktu dibandingkan dengan menggunakan obor, lampu minyak maupun lilin. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan oleh senter menggunakan sumber energy dari baterai yang bisa diisi uang atau di charger. (Baca juga: Manfaat Batang Jagung, Manfaat Gandum)

4. Mudah dalam Penggunaan

Senter biasanya dilengkapi dengan tombol on atau off. Tombol on untuk menyalakan senter dan off untuk mematikan senter. Sehingga dengan adanya tombol ini akan memudahkan dalam pemakaiannya. Bahkan anak kecilpun bisa dengan mudak menggunakan senter. Saat ini juga berkembang senter yang diikatkan atau dipakai di kepala, sama halnya dengan sejenis topi yang dilengkapi dnegan senter, hal ini akan sangat memudahkan bagi para pekerja di pertambangan, pendaki gunung, pekerja di pembangunan proyek. Sehingga para pekerja tidak lagi bingung untuk memegangi sener si satu sisi, dan disisi lain juga haus fokus pada pekerjaannya yang kemungkinan memerlukan dua tangan untuk melakukannya. (Baca juga: Manfaat Minyak Biawak)

5. Sebagai Tanda Bahaya

terutama jika berada dalam kondisi darurat atau bahaya, senter mampu menjadi alternative solusi untuk menyampaikan sandi tanda bahaya. Sehingga tim penolong bisa menemukan orang-orang yang mengalami bahaya di daerah terpencil. Karena di dalam senter terkadang juga terdapat fitur lampu berkelap-kelip, yang mana ketika orang lain melihatnya akan segera tanggap dan langsung menuju sumber cahaya dan dapat melakukan pertolongan dengan cepat dan sigap. (Baca juga: Manfaat Limbah Tekstil Padat)

6. Mudah Memperbarui Sumber Energi

Karena senter sumber energinya menggunakan baterai, sehingga untuk perjalanan jauh yang memerlukan senter, kita cukup membawa baterai cadangan sesuai dengan jumlah yang kita butuhkan sebagai pengganti baterai yang telah habis. Sehingga hal ini akan memudahkan kita dalam penggunannya ketika berada di tempat terpencil maupun daerah pedalaman yang sulit mendapatkan sumber energy listrik ataupun baterai. (Baca juga: Manfaat Minyak Biji Rami)

7. Jarak Tembak Cahaya Jauh

Jarak tembak cahaya yang bisa dijangkau mencapai 500 meter. Hal ini dipengaruhi oleh spesifikasi yang diberikan tiap-tiap produk. Semakin tinggi teknologi yang digunakan maka kualitas jarak tembak cahaya yang dihasilkan juga semakin jauh. (Baca juga: Manfaat Bunga Anggrek, Manfaat Bio Oil)

8. Kemudahan Pengaturan Tingkat Pencahayaan

Sudah banyak beredah di pasaran saat ini produk senter dengan fitur pengaturann tingkat pencahayaan. Hal ini memudahkan pengguna yang ingin mengatur tingkat pencahayaan sesuai dengan yang dibutuhkan. Sehingga kita bisa memilih cahaya senter normal atau cahaya senter paling terang. (Baca juga: Manfaat Ilmu Astronomi Dalam Kehidupan)

9. Membantu Melihat Sasaran Lebih Jelas

Adanya fitur zoom in atau zoom out memudahkan para pengguna senter dalam mengatur kebutuhan cahaya, apakan menginginkan lebih fokus pada satu titik ataukan melebar, sehingga sangat membantu pengguna untuk melihat dengan jelas sasaran yang ingin dilihat. (Baca juga: Manfaat Melati Jepang, Manfaat Bunga Sedap Malam)

10. Cahaya Cadangan

Ketika listrik di rumah tiba-tiba padam, maka alternative yang bisa menjadi pertolongan pertama adalah dengan menggunakan center. Sehingga senter menjadi salah satu alat yang harus disediakan di dalam rumah, kantor, asrama, dan lain sebagainya.  (Baca Juga: Manfaat Cumi Cumi Bakar)

11. Multi Fungsi

Dengan perkembangan teknologi yang digunakan maka keberadaan senter memiliki manfaat lainnya yang diperlukan dalam kehidupan lainnya. Seperti pada aktivitas-aktivitas pekerjaan manusia berikut ini. (Baca juga: Manfaat Air Mawar)

  1. Mendukung aktivitas pertambangan ataupun pekerjaan di proyek.
  2. Mendukung hobi di alam seperti berburu, camping atau berkemah, menelusuri hutan, dan kegiatan alam lainnya. (Baca juga: Manfaat Kopi Hijau Bagi Tubuh)
  3. Bermanfaat untuk keperluan medis, seperti senter untuk melihat lubang telinga, senter untuk melihat rongga gigi, senter untuk mengoperasi pasien, dan lain sebagainya. (Baca juga: Manfaat Activia Yoghurt)
  4. Bermanfaat untuk alat penunjuk saat presentasi di kantor atau sekolah.
  5. Yang terbaru adalah penggunaan senter sebagai alat terapi dengan bio cakra. Alat ini berkhasiat untuk menjadikan tubuh yang lelah menjadi kembali segar dan bugar. (Baca juga: Manfaat Teh Asam Untuk Kesehatan)

Wah, ternyata banyak sekali manfaat dari senter selain sekedar untuk mengeluarkan cahaya saja. Nah, untuk menambah wawasan kita terkait benda-benda yang ada di sekeliling kita, yuk baca artikel-ertikel yang ada di web ini, seperti artikel manfaat sabun kopi untuk kecantikan kulit, manfaat minum air garam untuk kesehatanmanfaat gula merah untuk diet sehat dan alami dan masih banyak lagi artikel yang bisa kamu temukan di web ini. Happy Reading!

, , ,
Oleh :
Kategori : Peralatan