23 Manfaat Lampu Pijar Untuk Kebutuhan Sehari Hari

Lampu pijar merupakan salah satu sumber cahaya buatan yang diperoleh dengan cara menyalurkan aliran listrik lewat filamen dan nantinya akan berubah menjadi panas dan dihasilkan cahaya. Lapisan kaca yang menyelimuti filamen panas ini akan menghalangi udara agar tidak langsung bersentuhan sehingga membuat filamen tidak akan mengalami kerusakan yang diakibatkan oksidasi.

Lampu pijar yang beredar di pasaran saat ini sudah bervariasi dalam segi bentuk dan juga tegangan beragam seperti contohnya 1.25 volt sampai dengan 300 volt. Sedangkan energi yang dibutuhkan supaya lampu pijar bisa menghasilkan cahaya terang maka membutuhkan energi listrik yang besar juga jika dibandingkan dengan jenis cahaya buatan lainnya.

Artikel terkait:

Jenis Lampu Pijar

  • Lampu pijar benang arang : Ini merupakan lampu pijar pertama yang diciptakan Thomas Alpha Edison tahun 1879 dan Swan yang berasa dari Inggris juga melakukan penemuan yang serupa di tahun yang sama juga. Lampu ini menggunakan benang arang sebagai alat pemijarnya dengan suhu 2000 derajat celcius yang menghasilkan cahaya berwarna kemerahan dengan flux cahaya 3 lumen atau watt serta mempunyai koefisien suhu yang negatif sebab menggunakan benang arang.
  • Lampu pijar vakum kawat wolfarm : Ini merupakan jenis lampu hasil dari perkembangan lampu pijar benang arang yang dihasilakn Coolidge Coil seorang penemu asal Amerika Serikat yang sudah berhasil menambahkan kawat lampu pijar dari wolfarm. Lampu ini menyala pada temperatur sekitar 2300 derajat celcius serta memiliki output cahaya berwarna lebih putih jika dibandingkan dengan lampu pijar benagng arang yang berwarna kemerahan. Spesifikasi cahayanya adalah 8 lumen atau watt dan lampu ini dikosongkan dari gas sehingga dinamakan lampu vakum.
  • Lampu isi gas : Lampu isi gas ini adalah perkembangan lanjutan dari lampu pijar vakum yang pada bola lampunya diisi dengan gas argon atau nitrogen sehingga memiliki suhu 2700 derajat celcius dengan spesifikasi output cahaya sekitar 12 lumen atau watt. Lampu jenis ini berisi tekanan gas sekitar 1 atm yang akan mendinginkan kawat pijar sebab memakai kawat pijar spiral yang diciptakan oleh Langmuir asal Amerika Serikat.
  • Lampu pijar Bi Arlita : Ini merupakan pengembangan dari lampu pijar isi gas yang memiliki kawat pijar spiral ganda yang membuat panas tidak terbuang percuma dan output cahaya menjadi lebih tinggi. Lampu ini diciptakan oleh Dr.W.Geiss Philips dengan output cahaya sekitar 1 4 lumen atau watt dengan suhu antara 2400 derajat celcius hingga 2700 derajat celcius dan agar tidak terlalu silau maka lampu ini dibuat agak buram.
  • Lampu halogen : Lampu pijar yang berisi unsur halogen seperti iodida dan pada kaca lampu menggunakan kaca keras yang bisa menahan temperatur sampai 250 derajat celcius sehingga membuat lampu ini bisa diisi dengan tekanan gas yang tinggi. Lampu pijar halogen ini bisa bertahan hingga 2000 sampai 4000 jam.

Artikel terkait:

Komponen Lampu Pijar

  • Bola lampu pijar terbuat dari kaca yang menjadi selubung gelas yang menutup filamen.
  • Filamen ini terbuat dari wolfram
  • Gas pengisi, gas bertekanan rendah seperti argon, neon, nitrogen.
  • Kawat penghubung ke kaki tengah
  • Kawat penghubung ke ulir
  • Kawat penyangga
  • Kaca penyangga
  • Kontak listrik yang di ulir
  • Sekrup ulir
  • Isolator
  • Kontak listrik yang berada di kaki tengah

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan lampu pijar dan akan kami jelaskan secara lengkap berikut ini.

Artikel terkait:

Manfaat Lampu Pijar

  1. Memiliki nilai color rendering index 100 persen sehingga cahaya yang dihasilkan tidak akan merubah warna asli dari objek yang mendapatkan penerangan lampu pijar.
  2. Bentuk fisik lampu sangat sederhana serta bentuk menarik yang cukup bervariasi serta praktis dan mudah dalam proses pemasangan.
  3. Harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis lampu lain serta bisa ditemukan dengan mudah di berbagai toko lampu.
  4. Instalasi lampu pijar cukup murah dan juga tidak membutuhkan perlengkapan tambahan.
  5. Lampu pijar bisa langsung menyala dengan baik.
  6. Untuk urusan terang atau redup lampu pijar bisa diatur dengan menggunakan timer.
  7. Cahaya yang dihasilkan dari lampu pijar bisa dibuat fokus pada beberapa titik.
  8. Pada lampu pijar biasa saat filamen berubah menjadi panas walfarm maka akan memijar dan menghasilkan cahaya 10 sampai 18 lumen atau waat dan agar filamen tidak terbakar maka udara harus dikosongkan. Filamen juga tidak boleh terlampu panas sebab walfarm akan segera menguap dan membuat permukaan kaca menjadi hitam.
  9. Pada lampu pijar halogen, memiliki cahaya yang jauh lebih terang dari lampu pijar biasa sebab filamennya lebih panas sehingga panas walfarm akan lebih cepat.
  10. Penerangan ruangan pada interior rumah.
  11. Lampu pijat bisa bertahan hingga 15 ribu jam sehingga lebih tahan lama.
  12. Sebagai penerangan aktivitas dalam ruangan seperti lampu belajar atau lampu kerja sebab intensitas cahaya tidak terlalu terang sehingga aman untuk mata.
  13. Bisa digunakan sebagai dekorasi yang akan memberikan aksen menyesuaikan dengan tema ruangan dengan variasi dari bentuk lampu pijar yang beragam.
  14. Lampu bohlam bekas bisa digunakan sebagai kerajinan tangan.
  15. Sebagai bahan baku penerangan pada senter.
  16. Untuk penerangan pada lampu pinggir jalan.
  17. Lampu pijar merupakan warna yang paling mendekati warna matahari dengan rendering warna yang baik.
  18. Untuk lampu jauh pada kendaraan yang akan menghasilkan pantulan sinar sejajar.
  19. Untuk lampu dekat pada kendaraan yang akan menghasilkan cahaya sejajar pada bagian atas dan bawah.
  20. Untuk memanaskan kandang ayam sehingga membantu proses penetasan telur ayam lebih baik dan juga proses produksi ayam
  21. Untuk penerangan kandang puyuh supaya bisa menambah bobot tubuh, memperpanjang tulang tibia atau tulang kering puyuh, membentuk daging puyuh lebih cepat..
  22. Sebagai pemanas infra merah pada proses pemanasan dalam bidang industri.
  23. Menjauhkan predator seperti tikus dan lainnya pada ruangan peternakan breeding burung kenari.

Artikel terkait:

, , , ,
Oleh :
Kategori : Peralatan