6 Manfaat Telegram Untuk Kehidupan

Perkembangan teknologi yang semakin pesat mengharuskan kita untuk lebih peduli dan mengikuti trend perubahan yang terjadi. Hal ini berkaitan dengan pola perkembangan dunia yang juga sangat membutuhkan peran serta teknologi baik dari aspek ekonomi, politik, sosial, budaya hingga dunia hiburan.

Baca juga : macam macam alat komunikasi dan manfaatnya

Pada awalnya saat mendengar kata “telegram” tentu yang ada dibenak kita adalah jenis sarana komunikasi zaman dulu yang sempat populer pada tahun 1920-an. Pertama kali ditemukan oleh Samuel F.B Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain pada tahun 1837, sebagai media komunikasi berupa pengiriman berita singkat secara tertulis yang ditransmisikan ke dalam bentuk sandi-sandi morse.

Telegram yang berasal dari kata “tele” yang berarti jarak dan “gram” yang berarti tulisan telah menjadi pilihan terbaik dalam penyampaian informasi pada saat itu. Terutama karena pesan yang dikirim melalui telegram ini tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai ke penerima pesan, bahkan lebih cepat dibandingkan surat dan lebih efisien dari telepon karena pada saat itu belum banyak orang ataupun instansi yang memiliki pesawat telepon. Biaya yang dibutuhkan pun lebih murah dibanding biaya pengiriman surat ataupun telepon karena dihitung berdasarkan banyaknya karakter yang digunakan terdiri dari jumlah huruf dan tanda baca di dalam telegram tersebut.

Manfaat telegram diantaranya yaitu :

1.Informasi yang disampaikan lebih cepat sampai kepada penerima/alamat yang dituju

Dengan demikian telegram biasa digunakan untuk mengirim pesan-pesan yang bersifat sangat penting dan mendesak untuk segera di beri respon.

Baca juga : Manfaat Internet – Manfaat Menggunakan Telepon – Manfaat Televisi

2. Mempermudah untuk pengiriman pesan jarak jauh

Seperti pada umumnya alat komunikasi canggih masa kini yang memiliki keunggulan dalam luasnya jangkauan komunikasi. Dahulu kala telegram juga telah mengusung kelebihan ini. Jangkauan pengiriman pesannya dapat tidak hanya di wilayah lokal tapi juga internasional. Di Indonesia sendiri telegraf sudah banyak digunakan sejak 1855 oleh Pemerintah Hindia Belanda. Mereka menggunakannya untuk berkirim pesan dengan jangkauan yang luas, bahkan hingga Singapura dan Australia.

Baca juga : Manfaat Gelombang Radio – Manfaat Gelombang Elektromagnetik

3. Mampu mengirim pesan penting dengan keamanan yang terjamin

Pada masa peperangan komunikasi menggunakan telegram cukup popular karena pesan-pesan penting yang dikirimkan lebih terjaga keamanannya karena dengan penggunaan kombinasi sandi –sandi morse yang cukup sulit untuk diterjemahkan dan ditransimisikan dalam bentuk signal signal elektromagnetik yang dikirim dengan menggunakan telegraf sehingga kemungkinan pesan tersebut untuk bocor ke pihak lawan dapat diminimalisir.

4. Memberi kemudahan untuk instansi pemerintah dalam mengirim surat penting

Meski penggunaan surat juga masih sering dilakukan, namun keberadaan telegram ini menjadi alternative bagi lembaga-lembaga pemerintahan dan kantor departemen dalam berkirim pesan penting. Telegram yang digunakan pihak pemerintah ini dibedakan dengan telegram yang dikirim oleh pihak swasta atau masyarakat umum terutama dalam hal waktu pengiriman dan jenis blangko yang digunakan.


5. Telegram memiliki desain yang unik 

Telegram jenis ini disebut telegram indah, teleram ini sering dilakukan terutama untuk berkirim pesan di hari raya. (Baca juga : Manfaat Komunikasi dalam Keluarga – Manfaat Mempelajari Bahasa Arab)

6. Mampu mendokumentasi pesan yang dikirim

Telegram banyak digunakan oleh para pelaku bisnis untuk mengirim dokumen-dokumen resmi dalam perjanjian bisnis . (Baca juga : manfaat email)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 09th, May 2017 / 04:23 Oleh :
Kategori : Teknologi