8 Manfaat Gelombang Radar Dalam Kehidupan

Manfaat radar salah satunya adalah untuk mendeteksi ketinggian pesawat terbang. Radar memiliki peran yang sangat penting dalam sistem penerbangan, pelayaran, transformasi darat dan lain lain. Radar adalah singkatan dari Radio Detection and Ranging, suatu gelombang radio yang dipancarkan dan memantul dari suatu benda akan ditangkap oleh radar karena radar sendiri memiliki artian mendeteksi dan menangkap radar. Setelah menganalisis sinyal yang memantul tersebut maka lokasinya dapat ditentukan dengan analisis lebih lanjut dan mampu ditentukan jenis sinyalnya. Terkadang sinyal yang diterima bisa relatif lemah akan tetai radio sinyal dapat dideteksi oleh sistem penerima radar. Karena panjang gelombang yang dipancarkan oleh radar sangat bervariasi mulai dari yang besar yakni meter hingga milimeter.

Gelombang radar memiliki tiga sistem dalam komponennya yaitu yaitu antena, pemancar sinyal dan penerima sinyal . Antena adalah suatu antena reflektor berbentuk piring parabola dan mampu menyebarkan energi elektromagnetik  yang berasal dari titi fokus dan dapat dipantulkan melalui permukaan yang memiliki bentuk seperti parabola. Sinyal yang diterima akan tertangkap antena kemudian diteruskan ke pusat sistem radar. Antena radar memiliki dua kutub. Proses input sinyal dilakukan secara bertahap/ bertingkat. Yang kedua adalah pemancar sinyal (Transmitter) yang berfungsi guna memancarkan gelombang elektromagnetik melalui antena.  Memiliki bandwitch yang berkapasitas besar. Pemancaran gelombang elektromagnetik ini dilakukan untuk mengenali sinyal objek dalam tangkapan radar. Yang ketiga adalah receiver atau penerima sinyal memiliki dungsi menerima pantulan gelombang elektromagnetik sinyal objek yang tertangkap oleh radar yang melewati reflektor antena. Memiliki kemampuan menyaring sinyal agar sesuai dengan tujuan pendeteksian sinyal sesuai dengan apa yang diharapkan. Receiver mampu memperkuat sinyal objek yang lemah dan dapat meneruskan serta memproses data dan menampilkanny apada layar monitor. Perlu diketahui juga bahwa gelombang radar memiliki tiga fungsi pendukung lain yaitu Duplexer, merupakan tempat pertukaran dan peralihan antara antena dan penerima atau pemancar sinyal ketika antena digunakan dalam kedua situasi, Software adalah suatu bagian elektronik yang memiliki fungsi mengontrol kerja seluruh perangkat dan antena ketika melakukan tugasnya. Waveguide, memiliki fungsi sebagai penghubung antara antena dan transmitter.

Berbagai manfaat gelombang radar dapat digunakan dalam kehidupan, diantaranya adalah :

1. Memprediksi Cuaca

Gelombang radar dapat digunakan untuk mendeteksi dan memperkirakan cuaca. Wind Profiler berguna untuk mencatat kecepatan dan arah angin yang dideteksi melalui gelombang suara (sodar) sedangkan weather radar digunakan untuk mendeteksi cuaca seperti badai dan curah hujan di suatu tempat.

2. Bermanfaat Dalam Bidang Penelitian

Manfaat Gelombang radar dapat digunakan oleh peneliti biologi untuk menemukan pola migrasi hewan yang digunakan untuk suatu penelitian tertentu.

3. Berguna dalam Sistem Penerbangan

Gelombang radar sangat penting dalam sistem penerbangan. Dengan gelombang radar yang didapatkan dari deteksi PSR yang diperoleh dari radar SSR  yang merupakan radardeteksi aktif dengan pesawat terpasang transponder, informasi yang dapat diperoleh adalah kecepatan pesawat, ketinggian, kode, posisi, jarak sehingga menghindari pesawat untuk bertabrakan karena sudah memiliki rute penerbangan sendiri.

4. Mendeteksi Kapal dalam Sistem Pelayaran

Selain manfaat gelombang elektromagnetik Pendeteksian gelombang radar pada bidang pelayaran mampu membuat kapal beroperasi sesuai dengan jalurnya masing-masing dan tidak bertabrakan meskipun dalam cuaca buruk sekalipun.

5. Mendeteksi Objek Luar Angkasa

ALTAIR Radar merupakan salah satu jenis radar yang digunakan untuk mendeteksi objek diluar angkasa. Manfaat gelombang radio juga dapat digunakan dalam astronomi. Semua objek lain juga dapat diteliti dan lihat dengan memanfaatkan gelombang radar.

6. Melacak Kecepatan Kendaraan 

Dapat digunakan untuk kepolisian untuk melacak para pengendara yang mengendarai kendaraan dengan kecepatan diatas standar atau mengemudi dalam keadaan mabuk.

7. Penggunaan Radar dalam Militer

Penggunaan radar dalam militer sangat penting hal ini juga berpengaruh pada sistem keamanan dan pertahanan suatu negara salah satunya yang ada pada pesawat tempur.

8. Sistem Komunikasi

Alat komunikasi kita saat ini sangat bergantung dengan gelombang radar yakni penggunaan ponsel, internet dan lain lain. Selain manfaat gelombang mikro dalam komunikasi. Alat yang digunakan ialah wifi radar dimana aplikasi ini akan memberitahukan dengan notifikasi suara jika gelombang wifi ditangkap oleh ponsel sangat bermanfaat sebagai alat komunikasi jarak jauh.

Manfaat gelombang radar sangat penting dalam kehidupan akan tetapi paparan gelombang yang berlebihan pun sangat tidak baik bagi kesehatan. Berbaga resiko dapat dialami jika hal tersebut terjadi yakni menyerang sel dalam tubuh manusia yakni sel somatik dan sel genetik. Seperti manfaat sinar ultraviolet dan bahayanya yang  secara berkelanjutan dapat menyebabkan penyakit serius seperti katarak dan kanker. Semoga bermanfaat.