5 Manfaat Arus Laut Dalam Kehidupan Sehari Hari

Lautan yang luas dan lepas sangat indah untuk di pandang mata. Banyak mata yan terpukau karena keindahan dari lautan. Tapi di lautan juga terdapat arus laut yang memiliki banyak fungsi bagi kehidupan manusia. Arus laut selalu ada hampir di setiap lautan yang bergerak baik secara vertikal maupun horizontal. Pergerakan arus laut ini banyak di sebabkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu tempat sekitar laut berada. Dizaman yang modern seperti sekarang manfaat laut bagi kehidupan manusia dan arus laut banyak di manfaatkan di berbagai bidang seperti :

1. Perikanan

Manfaat arus laut banyak digunakan di bidang perikanan oleh para nelayan yang akan melaut untuk menangkap ikan. Pergerakan arus laut biasanya berbanding lurus dengan keberadaan plankton sebagai santapan ika. Dimana hal ini berarti dimana terdapat banyak plankton maka akan banyak ikan disana sehingga para nelayan bisa pulang dengan membawa banyak ikan.

Baca juga :

2. Pertanian

Dalam pertanian khusus untuk para petani yang menjadikan laut sebagai lahan budidayanya seperti budidaya rumput laut dan kerang maka arus laut sangat penting bagi para petani untuk menentukan pasang surut air agar budidaya mereka tidak hanyut di bawa oleh arus laut. Dalam sektor pertanian arus laut sangat menentukan bagi hasil budidaya para petani, disini para petani di haruskan waspada agar tidak mengalami kerugian akibat arus laut yang tidak di ketahui sebelumnya.

Baca juga :

3. Pariwisata

Untuk pariwisata arus laut juga memiliki fungsi untuk menentukan tempat yang cocok  di jadikan tujuan wisata. Banyak orang yang melakukan wisata untuk melihat tempat yang bisa melakukan diving, selancar dan olah raga laut lainnya. Jadi arus laut di bidang pariwisata bermanfaat untuk menarik perhatian pengunjung. Bagi para olahragawan arus laut selalu menjadi intaian mereka untuk menikmati alunan ombak saat akan berselancar. Saat berselancar di lau tentu menjadi momen yang menyenangkan jika termasuk bagian dari hobi mereka. Baca juga : (Manfaat keberagaman budaya)

4. Pelayaran

Saat akan berlayar para nahkoda pasti akan mempelajari arus laut terlebih dahulu. Baik untuk nahkoda yang membawa kapal kecil maupun kapal yang besar. Para nahkoda tentu tidak ingin dalam perjalanan pelayarannya terbentur dengan ombak dan arus laut.

5. Energi

Banyak juga negara – negara di luar seperti negara Belanda yang memanfaatkan arus laut sebagai sumber energi. Negara ini menjadikan arus luar sebagai sumber pembangkit tenaga listrik. Sedangkan di Indonesia sendiri masih dalam tahap percobaan. (Baca juga : Manfaat energi listrik)

6. Iklim

Arus laut juga memepengaruhi iklim di suatu negara seperti negara jepang dan dataran eropa yang terkena dampak dari arus laut tersebut. (Baca juga : Manfaat bmkg)

Faktor Arus Laut

Ada beberapa faktor  yang mempengaruhi arus laut yang terjadi di suatu tempat yaitu :

1. Angin

Angin merupakan peristiwa yang menjadi faktor terjadi arus laut yang mana arus laut terjadi berbeda – beda tergantung jenis anginnya. Angin muson biasa terjasi di perairan Indonesia yang selalu berganti arah setiap enam bulan sekali. Angin pasat justru tetap sehingga arus laut juga tetap banyak terjadi di Samudra Hindia, Pasifik dan Atlantik. Untuk Angin barat arus menjadi bergerak ke arah barat tapi dalam keadaan yang tetap.

Baca juga :

2. Kepadatan air laut

Arus vertikal dapat terjadi jika kepadatan permukaan laut tidak sama dengan bagian bawah laut. Ini bisa terjadi saat kepadatan air laut di pengaruhi oleh cuaca dan iklim yang terjadi.

3. Kadar garam

Selanjutnya adalah kadar garam juga mempengaruhi faktor arus laut. Untuk perbedaan kadar garam ini maka arus atas terjadi karena gerakan air dari laut kadar garam rendah ke kadar garam tinggi. Sedangkan arus bawah terjadi karena sebaliknya yaitu air dari laut kadar garam tinggi ke kadar garam rendah.

Baca juga :

4. Pasang surut

Pasang surut air laut yang terjadi juga dapat mempengaruhi arus laut. Biasanya pasang surut berganti dari siang dan malam hari pada suatu tempat.

5. Suhu

Perbedaan suhu juga dapat terjadi karena arus dingin. Arus dingin ini terjadi karena garis lintang ke arah yang lebih rendah. Sedangkan untuk arus panas menuju garis lintang yang lebih tinggi biasanya terjadi di arus teluk dan arus kurosyiwo.

Persebaran Arus Laut

 Arus laut yang tersebar di seluruh belahan dunia terjadi di berbagai pesebaran samudra. Adapun pesebaran arus laut di berbagai samudera adalah sebagai berikut :

1. Samudera Pasifik

Samudera fasifik merupakna samudera yang dekat dengan negara Indonesia, di samudera ini juga terdapat beberapa macam arus yang terjadi antara lain adalah :

  • Arus panas menuju arah barat dengan khatulistiwa yang disebabkan oleh angin pasat dari timur laut disebut juga dengan arus khatulistiwa utara.
  • Arus kuroshio adalah lanjutan dari arus khatulistiwa utara yang berdekatan dengan negara Filipina menuju arah utara.
  • Arus California terjadi di pesisir bagian barat Amerika Utara ke arah selatan ke arah khatulistiwa.
  • Arus Oyashio adalah arus dingin yang disebabkan oleh angin timur yang menuju selat Bering dan berakhir di sebelah timur dari pulau jepang.

2. Samudera Atlantik

Samudra antlantik sendiri terkenal dengan sebutan samudera yang tenang namun di balik ketenangannya samudera ini merupakan samudera yang cukup berbahaya karena arus dan ombaknya. Berikut ini macam – macam arus yang terjadi si samudera atlantik :

  • Arus panas yang di dorong oleh dorongan angin besar dan arus ini biasa di sebut dengan arus teluk yang keluar dari teluk meksiko.
  • Arus tanah hijau timur merupakan arus yang mengalir dari laut kutub utara ke selatan, arus tanah hijau ini merupakan arus dingin.
  • Arus labrador merupakan arus yang disebabkan karena dorongan angin timur dan juga arus dingin yang biasanya membawa gunung es yang ikut hanyut bersamaan. Arus ini berasalah dari laut kutub utara.
  • Arus canari termasuk arus dingin dan merupakan arus lanjutan dari arus teluk yang mengubah pengaruh dataran spanyol ke pantai barat Afrika Utara.

3. Samudera Hindia

Di samudera Hindia terdapat dua macam arus yang biasanya terjadi yaitu :

  • Arus barat daya yang merupakan arus panas yang menuju ke arah timur menuju laut arab dan terus ke teluk benguela. Arus ini berjalan perlahan karena terdapat hambatan dari gerakan angin pasat timur laut.
  • Arus timur laut ini adalah arus panas yang menuju ke arah barat sampai ke teluk bengeula dan laut arab. Arus ini disebabkan karena angin musim timur laut.

Dari tiga buah samudera yang masing – masing memiliki nama arus yang sesuai dengan tempat pergerakan arus laut terjadi.  Ketiga samudera yang ada di dunia mengalami pasang arus yang juga kadang di manfaatkan dalam berbagai sektor untuk keberlangsungan hidup manusia.