8 Manfaat Angin Bagi Manusia – Tumbuhan – Sumber Tenaga

Angin merupakan sekumpulan udara yang bergerak akibat dari adanya perbedaan tekanan udara dan rotasi bumi. Angin bergerak dari suhu rendah menuju suhu tinggi atau bergerak dari tekanan tinggi menuju tekanan rendah. Angin memberikan manfaat yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Asalkan manusia mengerti cara memanfaatkannya dengan benar. Sebelum membahas apa saja manfaat angin bagi kehidupan, ada baiknya mengetahui jenis angin agar lebih memahami. Adapun jenis-jenis angin diantaranya :


Angin Darat dan Angin Laut

manfaat angin

  • Angin Laut

Angin laut adalah angin yang bertiup dari arah laut menuju ke daratan. Terjadinya angin laut karena perbedaan tekanan yang berlawanan dimana tekanan udara di atas daratan menjadi lebih rendah, sedangkan di laut tekanan udara lebih tinggi. Angin laut terjadi pada siang hari dimulai sejak pukul 09.00 sampai dengan pukul 16.00. Oleh nelayan, angin laut dimanfaatkan untuk mengarahkan jalan pulang dari menangkap ikan.

  • Angin Darat

Angin darat adalah angin yang bertiup dari arah darat menuju ke lautan. Angin darat terjadi ketika tekanan udara di atas daratan lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan udara di lautan. Angin darat terjadi pada malam hari, mulai dari jam 20.00 sampai dengan jam 06.00. Angin darat dimanfaatkan untuk berangkat menangkap ikan di laut.


Angin Lembah dan Angin Gunung

  • Angin Lembah

Angin lembah ini memiliki aliran angin yang bergerak dari arah lembah ke puncak gunung. Angin lembah ini terjadi pada siang hari saja. Jika Anda pernah berada di gunung di siang hari, maka sangat berpotensi mendapati angin lembag ini berhembus.

  • Angin Gunung

Angin ini adalah kebalikan dari angin lembah, dimana angin gunung adalah aliran angin yang bergerak dari puncak gunung menuju lembah, Jika angin lembah terjadi pada siang hari maka angin gunung ini terjadinya pada malam  hari.


Angin Muson

Di Indonesia terdapat angin musim barat (angin muson barat) dan angin musim timur (angin muson timur). Diantara kedua angin musim tersebut, terdapat angin musim pancaroba. Musim pancaroba ini adalah musim peraliahn antara musim penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Ciri-ciri musim pancaroba diantaranya terjadinya hujan mendadak dalam waktu singkat dan lebat, udara panas dan arah angin tidak teratur.

  • Angin Musim Barat

Berlangsung antara bulan oktober sampai dengan April dan berpotensi hujan. Angin musim barat berhembus dari Benua Asia ke Benua Australia. Angin ini mengandung curah hujan sehingga di Indonsia mengalami musim hujan.

  • Angin Musim Timur

Berlangsung pada bulan Juni, Juli, Agustus, maksimal sampai pada bulan Juli. Angin ini berhembus dari Benua Australia ke Benua Asia. Angin musim timur adalah angin kering dan menyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau.


Lalu apa manfaat angin bagi kehidupan kita? Itulah topik utama yang akan kita jawab. Setelah kita mengetahui berbagai jenis angin yang ada di kehidupan kita, yang mana angin-angin tersebut memiliki sifat hembusan masing-masing. Paling khas adalah, arah hembusan dan waktu angin tersebut di hembuskan. Angin dengan kapasitas sedang dan tidak berlebihan akan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat angin yang banyak kita rasakan antara lain :

1. Memberikan kesejukan

Salah satu faktor kenapa gunung dan pantai merupakan tempat yang sangat nyaman adalah karena udaranya yang alami. Hebusan angin di pantai dan di gunung memberikan kesejukan di tubuh kita. Angin segar tersebut mampu menghalau rasa gerah karena panas udara pada tubuh kita.

2. Menerbangkan pesawat

Pesawat bisa bergerak karena sifat angin yang membantu mekanisme pesawat terbang dalam melakukan take off dan landing pada landasan pacu. Manfaat angin sebagai sumber tenaga penggerak yang memiliki tekanan yang jika di kombinasikan dengan sayap pesawat. Maka angin tersebut akan memberikan daya angkat ke atas, dan juga tekanan ke bawah.

3. Penggerak perahu nelayan

Angin di gunakan untuk membantu mengarahkan perahu nelayan. Sejak jaman nenek moyang, sebelum ditemukan mesin penggerak, anginlah yang digunakan sebagai penggerak perahu-perahu layar.

4. Sumber energi listrik

Manfaat angin bagi manusia mampu menghasilkan tenaga listrik yang dapat menggantikan bahan bakar diesel dan batubara. Dibandingkan sumber bahan bakar yang lain, angin merupakan sumber energi yang paling ramah lingkungan.

5. Penyerbukan tanaman

Angin selain bermanfaat bagi manusia dan hewan juga bermanfaat bagi tumbuhan. Manfaat angin bagi tumbuhan membantu terjadinya proses penyerbukan bunga-bungan pada tumbuhan. Dengan bantuan angin maka benang sari bisa melakukan penyerbukan kepada putik bunga.

6. Terjadinya Hujan di  daratan

Hujan adalah salah satu anugerah tuhan yang memiliki manfaat bagi manusia. Hujan sangat penting dalam menjaga sumber air yang bisa dikonsumsi manusia. Hujan juga dibutuhkan oleh tanaman, dan tanaman yang segar akan mampu menghasilkan oksigen yang baik untuk dihirup oleh manusia. Sedangkan hujan sendiri tidak akan bisa turun tepat di daratan yang di huni manusia tanpa peranan angin.

Anginlah yang mebantu uap air laut bergerak ke daratan yang di huni manusia, sehingga hujan bisa turun di permukaan kehidupan manusia.

7. Penggerak pompa irigrasi

Angin memiliki tenaga yang bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan mesin. Angin oleh dunia pertanian juga dimanfaatkan untuk menggerakkan pompa-pompa air dalam sistem irigrasi. Selain untuk menyirami tanaman. Manfaat energi angin bisa juga digunakan untuk menggerakkan pompa yang di fungsikan untuk mendapatkan air tawar bagi hewan ternak.

8. Penggilingan padi

Menggiling padi untuk mendapatkan beras bisa menggunakan mesin dengan sumber energi penggeraknya adalah angin. Ini bisa menjadi mesin yang murah dan ramah lingkungan karena menggiling padi tidak perlu menggunakan mesin dengan bahan bakar solar atau bensin yang semakin langka.

Angin yang Bersifat Merugikan

Manfaat angin yang dapat membantu manusia, juga dapat merugikan dan menimbulkan masalah bagi kehidupan ketika melebihi kecepatan dan kekuatan normal. Beberapa angin yang dapat merugikan diantaranya:

  • Angin Putting Beliung

Merupakan angin dengan kecepatan antara 3 sampai dengan 5 menti, terjadi di daratan dengan radius sekitar 5 – 10 km. Angin puting beliung dapat merusak infrastrukstur seperti bangunan, jembatan dan juga dapat merusak lingkungan seperti menumbangkan pohon dan bahkan menerbangkannya ke udara.

  • Angin Topan

Daya rusak angin topan mencapai ribuan kilometer dan mengalami peningkatan kecepatan melebihi 37 km/jam. Periodenya berlangsung lama sekitar 3-7 hari lamanya. Angin topan membuat gelombang air laut hingga melebihi 2,5 m. Hujan lebat dan angin kencang yang menyertai angin topan ini terjadi hingga radius 1000 km dari pusat badai.

Hal yang membedakan angin baik dan angin yang sifatnya merusak adalah kecepatan dan daya hembusnya. Untuk dapat bersahabat dengan angin, kita juga wajib bersahabat dengan lingkungan kita. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

Memaksimalkan penanaman pohon – Dimana manfaatnya adalah untuk mengatasi kecepatan angin dan mengarahkan alirannya supaya lebih lunak. Namun upaya ini harus disertai dengan pemeliharaan. Dengan memotong dahan pada waktunya dan memeriksa umur pohon agar tidak terlalu tua dan mudah tercerabut dari tanah.

Memperkuat struktur atap, sehingga dapat meminimalisasi kerugian seandainya terjadi angin topan – Walaupun angin terkadang dapat membawa kerugian bagi manusia, namun seperti dijelaskan diatas masih banyak hal yang bermanfaat dari angin. Yang paling penting angin sangat bermanfaat terutama bagi kesuburan alam dengan membawa air hujan untuk menyirami tanaman dan pepohonan yang merupakan sumber pangan bagi manusia.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 05th, June 2015 / 08:02 Oleh :
Kategori : Alam