4 Manfaat Earphone Bluetooth dan Cara Menggunakannya

Seiring dengan kemajuan zaman, muncul beragam inovasi dimana salah satunya adalah earphone bluetooth. Keberadaan earphone bluetooth, membuat headset kini banyak ditinggalkan. Headset sendiri memiliki banyak kegunaan seperti untuk mendengarkan lagu atau bahkan sebagai alat bantu percakapan. Meski banyak guna, namun keberadaan earphone bluetooth dirasa lebih praktis. Terutama bagi anda yang memiliki tingkat mobilitas tinggi dan selalu membutuhkan handphone sebagai media berkomunikasi, maka keberadaan earphone bluetooth harus dipertimbangkan.

Bluetooth merupakan teknologi nirkabel dengan begitu banyak manfaat yang  luar biasa. Keberadaan bluetooth mampu menyatukan beberapa gadget dalam waktu bersamaan. Bluetooth memungkinkan anda untuk bertukar file dalam bentuk file yang beragam secara bebas. Berikut ini sejumlah manfaat earphone bluetooth yang banyak digunakan :

1. Tingkat Keamanan yang Lebih Baik

Terutama saat anda tengah bepergian, keberadaan earphone bluetooth dapat meningkatkan keamanan anda saat berkendara. Ketika anda mengendarai entah motor atau mobil, konsentrasi akan terbagi antara menyetir atau mengangkat handphone untuk menerima panggilan. Penggunaan earphone bluetooth membantu anda mengangkat panggilan tanpa perlu memegang handphone setiap saat. Terutama pada pemotor, mengangkat telepon akan memancing perhatian serta meningkatkan resiko terjadinya penjambretan.

2. Lebih Mudah dan Praktis Digunakan

Penggunaan earphone bluetooth memungkinkan anda mengangkat telepon atau bahkan mendengarkan musik tanpa perlu ribet membawa ponsel anda di tangan. Penggunaannya mampu membuat anda lebih leluasa bergerak sembari menelepon atau mendengarkan musik. Earphone bluetooth tidak menggunakan kabel panjang dalam penggunaan sehingga lebih praktis untuk digunakan.

3. Kesehatan

Bisakah anda membayangkan betapa telinga anda menjadi panas akibat penggunaan ponsel yang berlebihan? Tidak hanya menyebabkan telinga menjadi panas melainkan juga bisa menyebabkan rasa pusing dan pening. Bagaimana jika kebiasaan tersebut dilakuan setiap hari dan bahkan bertahun-tahun? Jika demikian, maka efek radiasi dari ponsel akan menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan. Bahkan penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya kanker otak. Penggunaan earphone bluetooth dapat mengurangi resiko terkena radiasi dari ponsel.

4. Produktif dimana saja

Tahukah anda jika penggunaan earphone bluetooth bisa membuat anda menjadi lebih produktif? Bagaimana bisa? Saat menerima panggilan, anda akan mengangkat telepon menggunakan satu tangan sementara tangan lainnya akan anda gunakan untuk bekerja. Bekerja menggunakan satu tangan, akan membuat hasil yang anda dapatkan tidak maksimal. Berbeda dengan menggunakan earphone bluetooth, anda bisa menggunakan kedua tangan anda untuk bekerja secara maksimal.

Tips Membeli Earphone Bluetooth

Sebelum anda memutuskan untuk membeli earphone bluetooth. Cek dulu tips yang berikut ini :

  • Periksa terlebih dahulu model serta spesifikasi ponsel anda. Apakah ponsel yang anda gunakan dapat dioperasikan menggunakan earphone bluetooth atau tidak.
  • Alasan pengunaan earphone bluetooth adalah untuk membuat anda lebih mudah saat menerima atau saat ingin menelepon. Dalam hal ini sebaiknya anda mencari earphone bluetooth yang bisa digunakan dengan cepat saat mengaktifkan serta menonaktifkannya.
  • Bentuk earphone bluetooth juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Anda perlu mencari bentuk earphone bluetooth yang mudah untuk dipasang serta dilepaskan setelah tidak lagi digunakan. Hal ini akan membuat anda semakin mudah menerima telepon ketika ada panggilan masuk.
  • Memeriksa spesifikasi earphone bluetooth yang akan anda beli merupakan yang penting dan harus diperhatikan. Anda bisa memilih versi earphone bluetooth yang anda inginkan.
  • Volume menjadi hal yang perlu diperhatikan lainnya. Terutama dalam keadaan bising, tentu anda diharuskan memilih earphone bluetooth yang dapat menghasilkan suara baik dalam keadaan apapun.

Cara Menggunakan Earphone Bluetooth

  • Langkah pertama adalah dengan mengaktifkan earphone bluetooth dengan cara menekan tombol power hingga lampu LED muncul dengan wana biru yang berkelip.
  • Jika ponsel serta earphone bluetooth belum tersambung maka anda bisa menekan tombol power sedikit lebih lama hingga tampil lampu LED dengan warna merah dan biru yang berkelip.
  • Jika masih belum juga tersambung anda bisa mematikan terlebih dahulu dengan cara menekan tombol power hingga lampu LED muncul dengan warna merah berkelip, jika sudah, ulangi lagi dengan menekan tombol power lebih lama hingga muncul lampu LED dengan warna merah dan biru secara bergantian.
  • Jika sudah, maka anda bisa menghidupkan earphone bluetooth pada ponsel dan pindai perangkat bluetooth baru hingga perangkat earphone bluetooth ditemukan. Setelah ketemu, anda bisa menghubungkannya lalu isi nomor 0000 jika ditanya mengenai pin number. Jika sudah terhubung secara otomatis, maka 0000 telah siap untuk digunakan.
  • Jika ingin mengulangi proses penyambungan, anda cukup menghidupkan kembali earphone bluetooth anda hingga tampil lampu LED dengan warna biru. Jika sudah, maka manfaat earphone bluetooth pada ponsel telah bisa digunakan.

Hampir semua earphone bluetooth memiliki cara penggunaan yang sama mulai dari menghidupkan sampai menghubungkan juga PIN yang sama. Bahkan warna lampu LEDnya pun biasa menggunakan warna merah dan biru. Bukan hanya karena fakktor praktisnya melainkan juga faktor kamanan yang lebih baik, maka penggunaan earphone bluetooth lebih banyak digunakan.

Sejumlah manfaat teknologi lainnya :