4 Manfaat Ilmu Astronomi Dalam Kehidupan

Ilmu astronomi merupakan salah satu cabang ilmu tertua. Disebut cabang ilmu tertua karena atronomi telah dilakukan sejak dahulu kala zaman mesir kuno. Ilmu astronomi merupakan suatu ilmu yang mempelajari pengertian dari benda luar angkasa termasuk bentuk, pengertian dan juga hal lainnya yang berada diluar astmofer bumi. Mempelajari ilmu astronomi menjadi magnet tersendiri karena penelitian yang dilakukan berada hampir 80% di luar bumi dan hanya sepersekian saja yang diteliti dibumi. Kalau kamu tertarik dengan benda-benda luar angkasa maka ilmu astronomi bisa menjadi pilihanmu.

Pada awal perkembangan ilmu astronomi hanya mengamati pergerakan benda-benda langit menggunakan mata telanjang saja. Dan pengamatan ini dilakukan ditempat-tempat tinggi agar terlihat lebih jelas. Meskipun begitu pengamatan in tidak begitu akurat karena memerlukan penglihatan yang fokus dan lama. Namun setelah penemuan teleskop baru kemudian memanfaatkan teleskop sebagai alat untuk melihat pergerakan benda-benda di langit. Jadi menggunakan teleskop pergerakan lintasan langit lebih akurat. Akibat dari perkembangan ilmu astronomi yang semakin lama semalkin maju ditandai dengan mendaratnya orang pertama di bulan yaitu neil amstrong. Berita pendaratan neil amstrong pertama kali di bulan menjadi topik heboh di seluruh belahan dunia. Dan merupakan langkah awal bagi dunia astronomi untuk terus berbenah.

Artikel terkait :

Adapun dalam pemanfaatan ilmu astronomi sendiri dalam kehidupan sehari -hari sangat banyak terutama membantu untuk :

1.Menentukan tanggal

Setiap tahun tanggal selalu ditentukan dan mengalami pergantian baik untuk tahun masehi maupun tahun islam. Tahun islam biasanya ditandai dengan 1 muharam yang mengamati dari pergerakan bulan sebagai patokannya. Dalam islam bulan menjadi patokan untuk pergantian tahun. Termasuk juga untuk mematok bulan puasa dan hari raya sesudahnya. Jadi manfaat ilmu astronomi dalam kehidupan juga berguna untuk menentukan tanggal.

2. Memperhatikan cuaca

Manfaat dari ilmu astronomi berikutnya adalah untuk memperhatikan cuaca alam. Pergantian cuaca bisa diamati dari pergerakan perbintangan dilangit atau juga bulan. Saat malam hari jika terang bulan tandanya cuaca cerah dan aman jika hendak melakukan perjalanan. Sedangkan jika keberadaan bulan tak tampak berikut juga bintang-bintang dilangit yang tidak tampak maka hendaknya tetap waspada karena bisa jadi pertanda cuaca yang sedang mendung. Memperhatikan cuaca dalam keseharian penting terutama untuk Anda yang biasa melakukan perjalanan jauh menggunakan transportasi apapun. Terlebih jika menggunakan kapal harus waspada karena takutnya bertemu dengan ombak pasang secara tiba-tiba.

Artikel terkait :

3. Arah mata angin

Manfaat selanjutnya bagi setiap orang khususnya yang memperdalami ilmu astronomi adalah sebagai petunjuk mata angin. Mata angin sendiri secara garis besar terdiri dari timur, barat, selatan utara. Dan yang menjadi patokan umum bahwa matahari terbit pada bagian timur dan terbenam pada bagian barat. Menunjuk arah mata angin juga memerlukan cabang ilmu astronomi. Arah mata angin bermanfaat bagi para pendaki gunung untuk mencari jalan keluar. Selain itu arah mata angin juga bisa ditentukan menggunakan alat bernama kompas. Jadi menggunakan kompas bisa menentukan arah mata angin dan melanjutkan perjalanan dengan selamat.

Artikel terkait :

4. Ramalan

Manfaat dari ilmu astronomi yang paling banyak dicari bagi para pemuda adalah ramalan. Berbagai macam ramalan yang kuar setiap harinya memanfaatkan cabang ilmu astronomi. Ramalan seperti tentang percintaan dan karir lebih banyak dicari oleh para pemuda yang sedang mengalami masa pencarian kekasih sejati. Sedangkan para orang dewasa lebih tertarik tentang ramalan kehidupan dan aktifitas sehari – hari. Ramalan atau feng shui china juga penting diperhatikan untuk melihat sisi keberuntungan. Sebenarnya setiap sudut punya keberuntungan sendiri hanya saja akan lebih baik jika ada posisi – posisi yang diatur seperti feng shui china. Jadi banyak juga orang-orang yang telah membuktikan bahwa ramalan yang ada ternyata tidak sepenuhnya palsu.

Itulah beberapa manfaat dari ilmu astronomi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan ilmu atronomi ini mencakup seluruh aspek hidup.