9 Manfaat Call Center Bagi Perusahaan dan Customer

Call Center merupakan jenis pekerjaan yang menjadi garda depan suatu perusahaan dalam hal pelayanan pelanggan atau customer demi kelancaran bisnis perusahaan tersebut. Menjadi salah satu posisi krusial di perusahaan, seorang call center diharuskan memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan diharapkan mampu menjaga nama baik perusahaan di mata customer agar customer merasa puas dan akan terus menggunakan produk/jasa dari perusahaan tersebut.c(Baca juga : Manfaat riset pasar , Manfaat riset pemasaran)

Banyak perusahaan yang menjadikan kepuasan dan pelayanan kepada customer sebagai visi misi mereka. Hal ini tentu berkaitan dengan kelangsungan dan kesuksesan bisnis yang mereka bangun. oleh karena itu dibuatlah divisi call center untuk memudahkan mereka berhubungan langsung dengan customer. Berikut adalah beberapa manfaat call center untuk perusahaan dan customer : (Baca Juga: Manfaat Sumber Daya Air , Manfaat Email)

Perusahaan

1. Memberi pelayanan informasi terkait produk barang/jasa perusahaan yang dibutuhkan oleh customer

Seorang call center perusahaan harus menguasai produk baik barang ataupun jasa yang ditawarkan perusahaan kepada customer atau biasa disebut Product Knowledge. Hal ini berkaitan dengan kesesuaian informasi yang diberikan call center kepada customer. (Baca Juga: Manfaat booklet , Manfaat negosiasi dalam bisnis)

2. Sebagai perpanjangan tangan dari perusahaan untuk memberi pelayanan kepada customer

Dalam upaya untuk menjadi perusahaan yang dikenal baik oleh customer, maka call center mampu memberi manfaat yang cukup besar bagi perusahaan. Selain memberi informasi, call center juga dapat memberi pelayanan berupa menanggapi komplain atau menerima kritik dan saran dari customer. (Baca Juga: Manfaat Mempelajari Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)

3. Mendengarkan dan mengatasi keluhan atau masalah yang dialami customer setelah menggunakan produk perusahaan

Salah satu pelayanan customer yang berikan perusahaan adalah dengan mengatasi setiap masalah atau keluhan yang disampaikan customer. Kegiatan after sales ini membutuhkan call center untuk dapat menjadi penengah dan pemberi solusi bagi para pelanggan. Dengan harapan customer akan terus menggunakan produk dari perusahaan tersebut. (Baca juga: Manfaat laporan laba rugi , Manfaat Vaseline)

4. Meningkatkan penjualan produk

Beberapa perusahaan menggunakan call center dalam kegiatan telesales atau telemarketing. Posisi ini berfungsi untuk menghubungi calon-calon customer dan mengenalkan dan menawarkan produk perusahaan dengan tujuan meningkatkan angka penjualan produk. (Baca Juga: Manfaat biaya peluang bagi bisnis , Manfaat mempelajari kewirausahaan)

5. Memungkinkan perusahaan untuk menjangkau customer dalam jumlah banyak

Persebaran lokasi customer yang menggunakan produk dari suatu perusahaan bisa mencapai seluruh wilayah di Indonesia atau bahkandi luar negeri. Dengan keberadaan call center ini memudahkan perusahaan untuk dapat tetap memberi palayanan terbaik bagi customernya. (Baca Juga: Manfaat distribusi , Manfaat pemasaran global)

6. Menjadi efisiensi bagi perusahaan dalam melayani customer

Terkadang perusahaan atau instansi menggunakan call center dalam bentuk suatu sistem dan tanpa merekrut staf. Sistem tersebut di design sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen terkait produk perusahaan. Sehingga jumlah tenaga kerja dapat diminimalisir dan difokuskan pada pengembangan bisnis perusahaan. (Baca Juga: Manfaat mempelajari bisnis internasional , Manfaat sensus ekonomi)

Customer

1. Mendapat informasi yang jelas terkait produk barang/jasa dari perusahaan

Sebelum atau sesudah melakukan pembelian suatu produk, terkadang customer masih merasa bingung dengan cara penggunaan atau fungsi suatu bagan dari produk yang dibelinya. Maka disinilah manfaat call center yaitu memberi informasi dan memberi penjelasan secara detail sesuai yang dibutuhkan oleh customer. (Baca Juga: Manfaat pembangunan ekonomi , Manfaat bunga bank)

2. Menyampaikan pertanyaan, keluhan, kritik dan saran kepada perusahaan

Call center berguna bagi konsumen yang akan memberikan kritikan atau saran kepada perusahaan terkait produk. Misal untuk produk bank, ketika mengalamai masalah terkait transaksi kartu kredit atau masalah lainnya maka pihak bank akan memberikan arahan kepada kita untuk tindakan apa saja yang harus dilakukan. (Baca Juga: Manfaat menabung di Bank syariah , Manfaat menabung di bank)

3. Melakukan transaksi dengan lebih efektif dan efisien

Beberapa unit usaha atau perusahaan menggunakan call center untuk melayani proses penjualan atau pemesanan produk barang/jasa oleh customer dengan sistem delivery order, misal : restoran cepat saji, jasa pelayanan otomotif, jasa pelayanan teknologi/service center alat elektronik dll.

Baca juga :

Adapun pelayanan call center di Indonesia yang berbasis pada instansi pemerintah dan pelayanan publik. Misalnya call center 108 yang berguna bagi kita untuk mendapatkan informasi seputar nomor telepon berbagai unit usaha, instansi, perusahaan dll. Layanan publik lain yang juga menggunakan call center sebagai penyedia informasi atau keluhan masyarakat seperti PLN, Kantor polisi, pemadam kebakaran, dll.