6 Manfaat Mempelajari Atmosfer Bumi

Bumi memiliki lapisan pelindung yang bernama atmosfer. Ada beberapa lapis atmosfer yang dimiliki oleh bumi. Atmosfer memiliki peran yang sangat penting untuk planet bumi. Manfaat ini bahkan memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan. Disekolah, fungsi atmosfer diajarkan pada murid. Berikut ini adalah manfaat dari mempelajari atmosfer:

Baca Juga:

  1. Mengenal atmosfer

Atmosfer adalah lapisan udara. Lapisan ini berada diluar dan bertugas dalam untuk menyelimuti bumi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, berat lapisan atmosfer dapat mencapai 6 miliar ton. Ketebalan atmosfer diperkirakan hingga 1000 kilometer. Atmosfer memiliki lima lapisan, yaitu troposfer, statosfer, mesosfer, termosfer dan eksosfer. ( artikel terkait : manfaat atmosfer , Manfaat Taman Nasional )

  1. Mengetahui strukturnya

Troposfer menjadi tempat hidup dari makhluk yang tinggal di bumi. Lapisan ini adalah akumulasi dari nitrogen, karbon dioksida dan oksigen. Karbon dioksida serta uap air dalam lapisan ini menjaga keseimbangan dari panas di permukaan bumi. Statosfer bagian bawah memiliki bahan berupa sulfat yang dapat berpengaruh pada hujan sedangkan statosfer bagian atas ada lapisan ozon terbesar. Mesosfer mempunyai suhu sangat dingin bahkan dapat mencapai -100 derajat celcius. Lapisan ini dapat mengubah benda angkasa yang panas menjadi batuan kecil yang tidak membahayakan bagi bumi. Termosfer dikenal juga sebagai ionosfer. Lapisan ini merupakan tempat terjadinya ionisasi gas sehingga sinyal radio dapat dipantulkan lagi ke bumi dan terjadilah proses komunikasi. Eksosfer mengandung nitrogen sebagai gas utama. Lapisan ini biasanya menjadi tempat bagi satelit buatan.

Baca Juga:

  1. Mengetahui fungsinya

Ada banyak sekali fungsi dari atmosfer salah satunya melindungi bumi dan mencegah bumi bertabrakan dengan benda angkasa. Jika saja atmosfer tidak ada maka benda angkasa seperti meteor dan komet akan mudah merusak permukaan bumi. Ketiadaan atmosfer juga bisa membuat bumi memiliki suhu yang sangat ekstrim di pagi dan malam hari. Atmosfer dapat melindungi bumi dari berbagai benda asing yang jatuh dari angkasa seperti komet, meteor dan sebagainya. Atmosfer juga menjaga temperatur udara yang berada di permukaan bumi agar makhluk hidup dapat bertahan hidup disana. Menjaga stabilitas suhu, memantulkan gelombang radio sehingga bisa terjadi komunikasi serta menyerap ultraviolet dan radiasi yang dapat berbahaya bagi makhluk hidup di bumi adalah tugas dari atmosfer. Disamping itu lapisan atmosfer juga menjadi sarana proses pembakaran. Cuaca dan musim juga banyak dipengaruhi adanya atmosfer. Atmosfer juga menyimpan gas-gas yang memiliki fungsinya sendiri. (Baca Juga: Manfaat Bulan Purnama , Manfaat Bersepeda Pagi)

  1. Bijak dalam merawat lingkungan

Lapisan atmosfer memiliki fungsi yang sangat krusial bagi kehidupan manusia. Mengetahui pentingnya atmosfer, maka manfaat mempelajari atmosfer adalah untuk menjaga dan merawatnya. Kerusakan atmosfer juga dapat beresiko pada lingkungan tempat manusia tinggal, sehingga sangat penting ada upaya dalam menjaga dan merawat atmosfer. Lapisan ozon adalah salah satu lapisan yang menjadi bagian dari atmosfer. Kerusakan lapisan ozon merupakan isu yang telah lama diperbincangkan. Kerusakan lapisan ozon akan memiliki dampak bagi lingkungan sehingga kegiatan untuk menjaga alam dan atmosfer harus dilakukan sebagai bagian manfaat mempelajari atmosfer. (baca juga : manfaat lingkungan bersihmanfaat lingkungan buatan)

  1. Mengenal gejala alam

Banyak gejala alam yang terjadi di atmosfer. Gejala alam di atmosfer ini secara umum adalah gejala yang berkaitan dengan iklim dan cuaca. Gejala-gejala tersebut diantaranya pelangi, aurora, kilat, halo dan fatamorgana. Masing-masing gejala tersebut memiliki proses terjadi yang berbeda. Gejala tersebut juga dipengaruhi oleh hal-hal yang berbeda. Pelangi contohnya terjadi karena adanya pertemuan uap air dengan sinar matahari. (Baca Juga: Manfaat Sinar Matahari Pagi , Manfaat Matahari untuk Petani)

  1. Mengenal berbagai gas di atmosfer

Ada banyak gas yang terkandung dalam atmosfer yaitu oksigen, karbon dioksida, nitrogen dan sebagainya. Oksigen adalah zat yang dapat mengubah makanan menjadi energi. Oksigen mampu bergabung dengan unsur kimia lainnya seperti karbon atau bahan bakar lain. Ini diperlukan dalam proses pembakaran. Karbon dioksida merupakan hasil dari pernafasan hewan dan manusia. Pembakaran bahan bakar juga dapat menghasilkan karbon dioksida. Gas karbon dioksida sangat dibutuhkan oleh tanaman. Konsentrasi karbon dioksida yang meningkat dalam atmosfer bisa memberi dampak. Salah satu dampaknya adalah suhu permukaan bumi yang meningkat. Jumlah gas nitrogen adalah yang paling banyak. Komposisi gas ini mencapai 78 bagian. Nitrogen adalah bagian dari senyawa organik. Disamping ketiga gas tesebut, lapisan atmosfer juga mengandung gas mulia, helium, ozon dan uap air. (Baca juga: Manfaat Terapi Ozon , Manfaat Lapisan Ozon)

Itulah beragam manfaat mempelajari atmosfer yang bisa didapatkan. Mengetahui atmosfer akan mendorong kita untuk lebih mengenal dan dapat merawat serta menjaganya. (baca juga : manfaat menuntut ilmumanfaat belajar sejarahmanfaat mempelajari bahasa asing)