11 Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia

Mengenal Laut

Tahukah anda jika sebagian besar wilayah dari Bumi kita tercinta merupakan wilayah perairan? Ya, laut memenuhi sebagian besar dari permukaan bumi. Tidak kurang dari 71 persen permukaan bumi merupakan perairan. Bahkan sekitar 80 persen kehidupan di bumi ada di bawah permukaan laut. Aneh memang bumi kita yang sebagian besar wilayahnya merupakan laut ini disebut planet bumi bukan planet laut.

manfaat lautIstilah ‘laut’ mengacu pada badan air asin yang menutupi sebagian besar dari permukaan bumi. Tanpa adanya laut yang melingkupi sebagian besar bumi kita, kehidupan di bumi akan sangat mustahil keberadaannya. Di Indonesia sendiri memiliki wilayah laut yang sangat luas. Bahkan Indonesia pun dijuluki sebagai negara maritime karena wilayah lautnya yang lebih luas dibandingkan wilayah darat. Laut Indonesia pun menjadi sumber tumpuan hidup bagi banyak masyarakat Indonesia.

Dan tahukah anda jika kehidupan di bumi berawal dari laut? Sebagai contoh, melalui proses tertentu, berbagai partikel dari laut yaitu asam amino meleleh secara bersamaan yang merupakan proses awal pembentukan bebatuan yang menyusun bumi kita hingga sekarang ini. Percaya atau tidak, asam amino merupakan unsur yang sampai saat ini dapat kita temukan baik pada hewan, tumbuhan hingga kita, manusia.

Fakta tentang Laut

Laut yang wilayahnya jauh lebih luas dibandingkan wilayah daratan terkadang menjadi kekhawatiran tersendiri bagi bagi para ahli maupun bagi kita masyarakat awan. Apalagi saat ini fenomena pemanasan global semakin parah dan berdampak meningkatkan tinggi permukaan air laut. Yuk cari tahu fakta apa saja mengenai laut yang mungkin belum kita ketahui.

  • Luas permukaan laut secara keseluruhan adalah 361 juta kilometer persegi.
  • Rata – rata dari kedalaman laut secara keseluruhan adalah 3.720 meter atau sekitar 12.200 kaki.
  • Volume laut secara keseluruhan adalah sekitar 1,347 milyar kilometer kubik.
  • Titik terdalam yang ada di dalam laut adalah 11.033 meter atau sekitar 36.198 kaki yang berada Mariana Trench, Samudra Pasifik bagian barat.
  • Gunung laut tertinggi adalah Mauna Kea di Hawaii dengan tinggi menjulang di bawah permukaan laut yaitu 10.203 meter atau 33.474 kaki, sedangkan bagian gunung yang menjulang di atas permukaan laut yakni 4.170 meter atau 13.680 kaki.
  • Lebih dari 90 persen kehidupan di dalam laut terdapat di dalam wilayah palung laut.
  • Hanya kurang dari 10 persen wilayah laut yang sudah terjamah oleh manusia.
  • Gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest kalah tinggi dari titik terdalam di dalam lautan.
  • Pegunungan terpanjang di dunia terdapat di dalam laut dengan panjang mencapai 40.000 mil.
  • Monterey Bay Submarine Canyon di dalam laut jauh lebih dalam dan lebih luas dibandingkan Grand Canyon di Amerika.
  • Es berasal dari Antartika yang meleleh dan mencair setiap tahunnya memiliki luas hampir dua kali lebih besar dari wilayah Amerika Serikat.
  • Suhu rata – rata air laut adalah sekitar 2 derajat Celsius.
  • Tekanan air di dalam titik terdalam lautan setara dengan satu orang mengangkat sekitar lima puluh jet berukuran jumbo.
  • Di dalam dunia bawah laut memiliki hampir lebih dari 20 juta ton emas.
  • Warna biru yang ditampilkan permukaan lautan disebabkan oleh fitoplankton.
  • Sekali menelan air laut berarti menelan bakteri dalam jumlah jutaan, seratus ribuan fitoplankton dan juga sepuluh ribuan zooplankton.
  • Migrasi hewan terbesar terjadi di lautan yakni migrasi yang dilakukan oleh paus abu – abu dengan wilayah migrasi sekitar 10 ribu mil setiap tahunnya.

Manfaat Laut Bagi Kehidupan Manusia

Sangat menarik memang mengetahui berbagai fakta unik yang dapat kita temukan di dalam laut. Adanya laut merupakan satu faktor yang sangat penting yang memungkinkan terjadinya kehidupan di muka bumi. Laut, juga memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Bahkan kita sering mendengar lagu dengan lirik, “nenek moyangku seorang pelaut…” Hal ini mengindikasikan betapa laut sudah menjadi tumpuan hidup dan juga sumber daya alam bagi manusia bahkan sejak dahulu kala. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini akan dijelaskan berbagai manfaat dari keberadaan laut di bumi:

  1. Laut Menyerap Karbon Dioksida

Alasan mengapa laut sangat penting bagi kehidupan di bumi salah satunya adalah karena dengan adanya laut memungkinkan terserapnya sekitar 30 hingga 50 persen karbon dioksida dari hasil pembakaran. Karbon dioksida sendiri dihasilkan oleh bahan bakar fosil yang digunakan sebagai sumber energi bagi industri bahkan bagi kendaraan seperti sepeda motor. Namun seiring meningkatnya suhu permukaan laut, berpengaruh pula pada plankton sebagai penyerap karbon dioksida.

  1. Sumber Kehidupan Nelayan

Laut adalah penyedia sumber protein tersebar di dunia. Setiap tahunnya, ada sekitar 70 hingga 75 juta ton ikan yang ditangkap oleh para nelayan di seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 29 persen di antara adalah untuk konsumsi manusia. Saat ini, sudah terjadi penangkapan ikan yang semakin tidak terkendali sehingga mengakibatkan langkanya beberapa jenis ikan seperti tuna dan salmon.

  1. Jalur Transportasi

Selain darat dan udara, jalur laut adalah salah satu jalur alternative lainnya untuk membantu mobilisasi masyarakat. Bahkan di Indonesia yang tidak lain adalah negara kepulauan yang dipisahkan oleh lautan – lautan, menggunakan jalur transportasi laut sangat membantu.

  1. Untuk Tempat Rekreasi

Laut dapat menjadi salah satu alternative tempat untuk rekreasi. Pemandangan di laut yang didominasi warna biru dengan angina semilir bisa menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan penat dari aktifitas keseharian. Apalagi kita di Indonesia, banyak sekali wilayah laut Indonesia yang banyak dijadikan sebagai spot favorit untuk diving atau sekedar snorkeling atau bersantai. Bahkan banyak sekali spot laut Indonesia yang sering dikunjungi oleh turis mancanegara.

  1. Menjadi Sumber Bahan Makanan Sehat

Selain menjadi sumber protein terbesar di dunia, laut juga memiliki berbagai bahan pangan lainnya. Laut menjadi tempat hidup tanaman seperti rumput laut, kerang, ikan dan masih banyak hewan maupun tumbuhan di dalam laut lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan yang lezat dan kaya nutrisi.

  1. Laut Sebagai Pengendali Iklim Dunia

Alasan lainnya mengapa laut memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan di bumi adalah laut menjadi pengendali bagi iklim di dunia. Adanya laut memungkinkan suhu bumi tidak terlalu dingin juga tidak terlau panas bagi kehidupan berbagai jenis mahluk hidup di bumi. Laut berperan penghantar suhu panas dari daerah katulistiwa menuju wilayah yang lebih dingin yakni wilayah kutub. Sehingga pada daerah katulistiwa yang beriklim tropis tidak terlalu panas, dan pada wilayah kutub yang beriklim dingin tidak terlalu dingin yang artinya masih memungkinkan bagi mahluk hidup untuk tinggal di wilayah tersebut.

  1. Objek untuk penelitan

Ada berbagai biota yang hidup dan berkembang di laut. Hal tersebut juga lah yang pastinya mengundang keingintahuan dari berbagai pihak. Tak jarang, laut juga digunakan sebagai objek riset sebuah penelitian. Selain biota laut, hal lainnya yang biasa diteliti adalah aliran air, ombak, hingga tingkat salinitas air laut.

  1. Sebagai Sumber Mineral

Laut adalah penyedia atau sumber mineral terbesar di dunia. Beragam jenis mineral terkandung di dalam laut. Bahkan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yaitu iodium, dapat didapat dari laut. Garam adalah produk dari air laut yang dapat menjadi sumber iodium bagi manusia. Kekurangan iodium dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

  1. Sumber Minyak Bumi

Banyak perusahaan minyak yang membangun kilang minyak di lautan lepas. Ini karena di dalam laut terdapat banyak sumber minyak bumi, maupun gas alam yang sangat berguna bagi kehidupan dan kemaslahatan umat manusia. Para ahli juga memperkirakan jika kandungan minyak bumi dan gas alam di bawah laut jauh lebih besar dibandingkan yang ada di daratan.

  1. Sumber Air Tawar yang Melimpah

Tahukah anda jika air laut bisa menjadi air minum? Ya, air laut bisa kita konsumsi sebagai air minum asalkan terlebih dahulu melalui proses yang dinamakan proses desalinasi. Bahkan, proses desalinasi ini sudah banyak dipraktekan oleh berbagai negara di dunia, khusunya negara – negara yang memiliki sedikit sumber air tawar.

  1. Sumber Pembangkit Listrik

Secara alami laut mengalami pergerakan. Hal tersebut terjadi setiap harinya, pergerakan air laut yang kita ketahui yakni ombak maupun pergerakan pasang surut air laut dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yakni dengan cara memanfaatkan pergerakan air laut tersebut sebagai penggerak turbin.

Berbagai Cara untuk Menjaga Kelestarian Laut

Seiring perkembangan dan kemajuan jaman, laut pun semakin kotor dan semakin terekploitasi. Dampaknya sudah dapat kita rasakan mulai dari perubahan suhu, naiknya permukaan laut hingga semakin langkanya biota laut yang biasa kita manfaat sebagai sumber kehidupan kita. Menjaga laut tetap lestari merupakan hal yang sangat penting. Selain sebagai tempat hidup berbagai jenis ikan maupun karang, laut juga adalah yang memungkinkan adanya kehidupan di muka bumi. Tentu tidak terbayang bagaimana jadinya jika laut sudah mengalami kerusakan total.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu menjaga kelestarian laut. Satu hal yang terpenting, anda dapat memulainya dari diri anda sendiri. Berikut untuk lebih jelasnya:

  • Kurangi penggunaan energi

Dari hal kecil, ternyata bisa membantu kelestarian laut. Anda bahkan bisa melakukannya setiap hari. Contohnya, lebih memilih untuk berjalan kaki jika menuju tempat – tempat yang tidak terlalu jauh. Menghindari penggunaan kendaraan bermotor bisa menjadi salah satu ciri bahwa anda termasuk orang yang sadar akan pentingnya menjaga lingkungan. Untuk penerangan di rumah, usahakan menggunakan lampu hemat energi, dan perbanyak jendela. Sering – seringlah menggunakan tangga dari pada lift. Hal – hal tersebut memang terkesan sepele, namun akan terasa manfaatnya jika setiap orang sadar akan pentingnya laut bagi kehidupan.

  • Menurunkan konsumsi makanan laut

Bagi penyuka makanan laut atau seafood, harap diingat jika semakin sering ikan ditangkap maka akan semakin menyusut pula populasi ikan. Sehingga, bijak – bijaklah dalam mengkonsumsi produk seafood, sehingga membantu pula menurunkan permintaan terhadap produk laut tersebut. Ini berarti kita sudah membantu menjaga populasi biota laut yang dijadikan produk makanan agar tidak mengalami kepunahan.

  • Kurangi pemakaian produk berbahan plastik

Plastik banyak ditemukan di lautan sebagai sampai yang mengapung. Selain mengotori laut, plastik juga dapat memiliki andil dalam perusakan ekosistem laut.

  • Membantu merawat kebersihan laut dan pantai

Bagaimana pun juga kebersihan dan kelestarian laut dan pantai menjadi tanggung jawab kita semua. Jika kita sehabis bermain di pantai, pastikan tidak meninggalkan sampah yang dapat mengotori pantai. Jika berekreasi di laut seperti dengan melakukan diving atau snorkeling, jangan memindahkan apalagi mengambil koral, karang atau apa pun yang menjadi bagian dari ekosistem laut.

Masih banyak hal lainnya yang bisa anda lakukan untuk berkontribusi bagi kelestarian laut. Ikut serta dalam sebuah komunitas pecinta laut juga bisa menjadi hal yang bagus guna membantu mempertahankan keindahan, keasrian, kebersihan dan kelestarian laut yang memiliki peran penting tidak hanya bagi kehidupan manusia, melainkan juga bagi kehidupan biota laut, dan bumi secara keseluruhan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 08th, June 2015 / 03:11 Oleh :
Kategori : Alam